USAHA PENGEMBANGAN GOA GONG SEBAGAI OBYEK DAYA TARIK WISATA (ODTW) TERHADAP TINGKAT KUNJUNGAN WISATAWAN DI KABUPATEN PACITAN
Keywords:
Usaha Pengembangan, Goa Gong, Kunjungan WisataAbstract
Penelitian ini mengkaji tentang potensi dan pengembangan obyek wisata Goa Gong yang merupakan tujuan wisata yang sangat menarik di wilayah Pacitan khususnya di Desa Bomo Kecamatan Punung Kabupaten Pacitan. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab persoalan yang dipertanyakan dalam penelitian yaitu mengetahui potensi yang dapat di kembangkan,
hambatan yang dihadapi oleh Pemerintah setempat dalam pengembangan obyek wisata Goa Gong, serta upaya pemerintah meningkatkan promosi dan publikasi mengenai obyek wisata Goa Gong. Penelitian ini disajikan secara deskriptif kualitatif untuk memperoleh gambaran informasi yang berhubungan dengan potensi dan pengembangan Goa Gong. Metode yang
digunakan untuk mengumpulkan data adalah dengan studidokumen, wawancara, observasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara kualitatif dengan disajikan deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan Goa Gong mempunyai potensi besar untuk dijadikan sebagai salah satu tujuan wisata alam. Berbagai upaya telah diusahakan oleh
Pemerintah Daerah maupun dari kalangan industri pariwisata untuk mengembangkan kegiatan pariwisata Goa Gong sehingga banyak wisatawan yang berkunjung di Goa Gong meskipun demikian masih ditemukan hambatan-hambatan.
Downloads
References
Fandeli Chofid. 1995. Dasar-dasar Manajemen Kepariwisataan Alam.Yogyakarta: Liberty.
Fredey Rangkuti. 2003. Analisis Swot Tehnik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Gamal Suwantoro, 1997. Dasar-dasar Pariwisata di Indonesia. Jakarta: PT.Agung.
Happy Marpaung, 2002. Ilmu Pariwisata.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ade Putri Priliyan, Marimin, Suharto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.