Studi Kualitatif Tentang Pengaruh Tingkat Profesionalitas Kerja Terhadap Kualitas Pelayanan di Housekeeping Department Hotel Agas Internasional Surakarta
Keywords:
Optimalisasi Tingkat Profesionalitas Kerja, Kualitas Pelayanan TamuAbstract
Penelitian ini berjudul “Studi Tentang Optimalisasi Tingkat Profesional Kerja Terhadappeningkatan Kualitas Pelayanan Tamu Hotel Agas Internasional Surakarta”2012 Penelitian ini dilakukan di hotel Agas Internasional dengan analisis deskriptif kualitatif ,metode atau teknik pengumpulan data,sumber data,dan teknik analisis data. Berdasarkan variable x dan y dan beberapa teori yang digunakan untuk menyusun hipotesa. Tujuan Penelitian ini adalah ( 1 ) Untuk mengetahui sejauh mana faktor kecepatan kerja berpengaruh terhadap kualitas pelayanan tamu di Agas Internasional. ( 2 ) Untuk Mengetahui sejauh mana faktor Disiplin Kerja berpengaruh terhadap kualitas pelayanan tamu di Agas Internasional. ( 3 ) Untuk Mengetahui sejauh mana faktor Kemampuan Kerja berpengaruh terhadap kualitas pelayanan tamu di Agas Internasional. ( 4 ) Untuk Mengetahui sejauh mana faktor berpengaruh terhadap Hasil Kerja kualitas pelayanan tamu di Agas Internasional.Penelitian ini dilakukan di Agas Internasional dengan analis deskriptif , kualitatif. Hasil penelitian penulis di lakukan dapat disimpulkan bahwa : ( 1 ) Kecepatan Kerja berpengaruh terhadap kualitas pelayanan tamu. ( 2 ) Disiplin Kerja berpengaruh terhadap kualitas pelayanan tamu. ( 3 ) Kemampuan Kerja berpengaruh terhadap kualitas pelayanan tamu. ( 4 ) Hasil Kerja berpengaruh terhadap kualitas pelayanan tamu. Kesimpulan Penelitian ini bahwa Optimalisasi Tingkat Profesionaisl Kerja berpengaruh terhadap Kualitas Pelayanan tamu Agas Internasional, melalui Kecepatan Kerja, Disiplin Kerja , Kemampuan Kerja dan Hasil Kerja.Berdasarkan kuisioner Penelitian sebanyak 38% responden menjawab ya , tentang pengaruh Kecepatan Kerja terhadap Housekeeping Departement , sebanyak 57% responden menjawab ya , tentang pengaruh Disiplin Kerja terhadap Housekeeping Departement,sebanyak 48% responden menjawab ya , tentang pengaruh Kemampuan Kerja 55% responden menjawab ya , tentang Pengaruh Hasil Kerja terhadap Housekeeping Departement.
Downloads
References
Agusnawar. 2002. Tata Graha Hotel (housekeeping operation). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Darsono, Agustinus. 1995. Tata Graha Hotel (housekeeping). Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1994. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Kedua. Jakarta: Balai Pustaka.
Fajri, Emzul dan Senja, Ratu Aprilia. Tanpa Tahun. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Difa Publisher.
Hadi, Sutrisno. 1986. MetodeResearch. Yogyakarta: Fakultas Psikologi UGM.
Hasibuan, Malayu. 1996. Organisasi dan Motivasi Dasar Meningkatkan Produktivitas. Jakarta: Bumikarsa.
Kadarsan, Dandi. 2005. Implikasi Kinerja Houseman Dalam Meningkatkan Citra Hotel Sahid Raya Solo. Surakarta: STP SAHID.
Kanavaugh R. R. and Nineman, J.D. 1995. Human Resources Supervision In The Hospitality Industry . Michigan: AHMA.
Kusmayadi dan Sugiarto, S. 2000. Metodologi Penulisandalam Bidang Kepariwisataan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Mangkuwerdoyo, Sudiarto. 1999. Pengantar Industri AkomodasiRestaurant.
Pendit, S. N. 1994. Ilmu Pariwisata Sebuah Pengantar Perdana. Jakarta: Pradnya Mulya.
Perwani, S.Y. 2001. Housekeeping untuk Akademi Perhotelan Make Up Room. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Poerwadarminta, W.J.S. 1984. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka..
Sumanto. 1990. Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan. Yogyakarta: Andi Offset.