Peningkatan Kualitas Dan Akuntabilitas Tridarma Perguruan Tinggi di Era Globalisasi

Authors

  • Marimin Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Surakarta

Keywords:

mutu, standar, quality assurance

Abstract

Perguruan tinggi berkewajiban menyelenggarakan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Ketiga tugas tersebut selama ini dikenal dengan istilah Tridarma Perguruan Tinggi. Tujuan pendidikan tinggi adalah untuk menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik dan/atau profesional yang dapat menerapkan, mengembangkan dan/atau memperkaya khasanah ilmu pengetahuan, teknologi dan/atau kesenian; serta mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan/atau kesenian serta mengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat dan memperkaya kebudayaan nasional. Dalam dunia pendidikan, pengertian mutu dapat digunakan konsep relatif. Pertama, sebuah pendidikan (proses, produk atau lembaga) dapat dikatakan bermutu manakala memenuhi standar. Standar ini dapat berupa ujian kelulusan, seleksi masuk perguruan tinggi, standar kompetensi, standar nasional maupun internasional. Kedua,mutu dapat dilihat dari kepuasan customers. Perguruan tinggi sebenarnya tidak boleh hanya menawarkan jasa transfer of knowledge dan atau bukan pabrik ijazah, harus bisa memberikan quality assurance (jaminan mutu) terhadap produknya, dan benar-benar dapat dipertanggungjawaban atas produk yang dihasilkan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Caldwell and Spinks. 1993. Leading The Self-Managing School. London: The Falmer Press.

Depdiknas. 2001. Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah: Buku 1 Konsep dan Pelaksanaan. Jakarta: Dirjen Dikdasmen.

Dedi Supriadi. 1997. Isu dan Agenda Pendidikan Tinggi di Indonesia. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Fraizer, A. 1997. A Road Map for Quality Transformation in Education. Boca raton, Florida: St. Lucie Press.

John, Morphet and Alexander. 1983. The Economic and Financing Of Education. New Jersey: Prentice.

Kerr, Clark. 1982. The Uses of the University. Cambridge, Massachusetts: Harvard University Press.

Murgatroyed, S. and Morgan, C. 1994. Total Quality Management and the School. Philadelphia: Open University Press.

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 1999 tentang Pendidikan Tinggi.

Perkins, J.A. 1966. The University in Transition. Princeton: Princeton University Press.

Sallis, E. 1993. Total Quality Management in Education. London: Kogan.

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasi¬onal. Jakarta: Depdiknas.

Published

2008-06-01

How to Cite

Marimin. (2008). Peningkatan Kualitas Dan Akuntabilitas Tridarma Perguruan Tinggi di Era Globalisasi. Jurnal Pariwisata Indonesia, 4(1), 45–52. Retrieved from http://jurnal.stpsahidsurakarta.ac.id/index.php/JPI/article/view/51

Most read articles by the same author(s)