Pengaruh Customer Satisfaction Pada Komunikasi Word Of Mouth

Studi Pada Biro Perjalanan Miki Tour Solo

Authors

  • Suharto Suharto Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Surakarta

Keywords:

Customer Satisfaction, Word Of Mouth

Abstract

Customer satisfaction menjadi materi yang sangat penting untuk diketahui secara detail oleh  para marketer. Karena, customer satisfaction mempunyai dampak yang signifikan bagi kemajuan  perusahaan. Yang dimaksud dengan customer satisfaction adalah kepuasan yang diterima konsumen  ketika mengkonsumsi jasa pelayanan atas terpenuhinya kebutuhan dan keinginan dalam dimensi  reability, tangibility, responsiveness, assurance, dan empathy. Sedangkan word of mouth merupakan  kemampuan konsumen untuk ikut memberikan referensi pada teman, keluarga atau kenalannya  terhadap jasa pelayanan yang telah dikonsumsinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  sumbangan customer satisfaction pada komunikasi word of mouth. Disamping itu juga ingin  mengetahui hubungan antara ciri ciri demografi dengan customer satisfaction. Ini merupakan studi  kasus yang mengambil lokasi di Solo. Data dalam penelitian ini merupakan pengakuan kepuasan para  konsumen setelah mengkonsumsi jasa layanan di Miki Tour. Setelah data terkumpul kemudian  dianalisa menggunakan uji chi square dan analisis regresi. Setelah dilakukan analisis diperoleh  kesimpulan bahwa terhadap karakteristik demografi pendidikan dan pendapatan ada hubungan  dengan customer satisfaction. Disamping itu juga diketahui bahwa ada sumbangan customer  satisfaction pada komunikasi word of mouth sebesar 33 %. Sedangkan sumangan customer  satisfaction pada isi word of mouth sebesar 71,6 %.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Assael, Henry. 1998. Consumer Behaviour and Marketing Action. Ohio: Sotus – Western College Publishing.

Batra, Rajeev, John G. Myeres, David A. 1996. Advertising Management. New Jersey: Prentice Hall. Inc.

Berkowitz, Eric N., Roger A. Kerin, Steven W. Hartley, Willim Rudelius.2000. Marketing. Boston: Irwin Mc Graw-Hill.

Blackwell, Roger D., Paul W. Miniard, James F. Engel.2001. Consumer Behaviour. Ohio: South-Western.

Cafferly, Michael.2003.Website Overview. http:/www.geocities.co (12-03-2003)

Chris Ryan. 1995. Researching Tourist Satisfaction. New Jersey: Routledge.

Clow, Kenneth E., Donald Baack., 2002, Integrated Advertising, Promotion & Marketing Communications. New Jersey. Prentice Hall.

Chew, Patricia. Jochen Wirtz. 2001. The Effects of incentives, Deal proneness, Satisfaction and Tie Strength on Word of-Mouth Behaviour. Singapore : University of Singapore

Dedy N.Hidayat. 2001. Metodologi Penelitian Sosial I-V. Jakarta : Prog. Pasca Sarjana Fak. Ilmu Sosial dan Politik, UI.

Freddy Rangkuti. 2000. Measuring Customer Satisfaction. Jakarta: PT. Gramedia.

Gerson, Richard F. 2002. Mengukur kepuasaan pelanggan. Penerjemahan: Hesti Widyaningrum. Jakarta : PPM.

Handi Irawan D.2003. Indonesian Customer Satisfaction. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Hawkins Del I, Roger J. Best, Kenneth A. Coney. 2001. Consumer behaviour. New York: Irwin Mc Graw-Hill.

Holder, BobJ. 2003. Improving Customer Service Through Effective Communication.Http:/www.refresher.com./! holder3. Htm. (02-06-2003)

Johansson, Johny K., Ikujiro Nonaka. 1998. The Japanese Way of Marketing ; terjemahan bahasa Indonesia. Jakarta. PT. Gramedia Pustaka Utama.

Journal of Human Resources in Hospitality Tourism, vol 1, 2002, The Haworth Press Inc.

Kotler, Philip. 2000. Marketing Management. New Jersey: Prentice Hall International Inc.

LoveLock, Christopeer H., & Laurer Wright. 1999.Principles of Service Marketing and Management. New Jersey: Prentice Hall

Laws, Eric. 2000. Services Quality in Tourism Research: Journal of Quality Assurance in Hospitality & Tourism. Vol 1.2000:31. New York: The Haworth Press Inc.

Imisner, Ivan R. Virginia Devina. 1999. The World’s Best-Known Marketing Secret: building your bussines with word-of mouth marketing. Texas: Band Press.

Malhotra, Naresh K. 1999. Marketing research. New Jersey: Prentice Hall International, Inc.

Morrison, Alastair M.1998. Hospitality and Travel Marketing. New York : Dekmar Publisher Inc.

Powers, Thomas F. 1997. Marketing Hospitality. New York : John Wiley & Sons. Inc.

Rhenald Kasali. 2001. Membidik Pasar Indonesia. Jakarta: PT Gramedia.

Roger D, Black Well: Paul W. Miniard: James F. Angel. 2001. Consumer Behaviour. Ohio: South-Western.

Rosen, Emanuel. 2000. The Anatomy of Buzz: how to create word-of-mouth marketing. New York: Doubleday.

Ruben, Brent D. Lea P. Steward. Communication and Human Behaviour. Needham Heights : Allyn & Bacon.

Semenik, Rchard J. 2002. Promotion and Integrated Marketing Communication. Ohio : South-west Thomson Learning.

Shimp, Terence A. 2000. Advertising Promotion. Orlando : Harcourt, Inc.

Silverman, George. 2001. The Secret of Word of Mouth Marketing: how to trigger exponencial sales Through runaway word of mouth. New York: American Management Association.

Silverman, George, 2003. The Secrets of word of-mouth marketing. http:/www.amanet.com. (12-02-2003).

Singapore. Airline, 2000, Sales & Marketing Fundamentals, Singapore airline.

Singgih Santoso dan Fandy Tjiptono. 2002. Riset Pemasaran : konsep dan aplikasi dengan SPSS. Jakarta : PT. Gramedia.

Slamet. Y. 1993. Analisis Kuantitatif. Solom : Dabara Publisher.

Slamet. Y, 2001. Teknik pengambilan sampel. Surakarta : PT. Pabelan.

Smith PR.1993. Marketing Communication. Dover : Kogan Page.

Supranto. 2001. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan. Jakarta : Rineka Cipta.

Terence A. Shimp. 2000. Advertising Promotion. California : University of South California.

Verdeber Rudolph F. & Kathleen S. 1998. Inter Act. Wadsworth Publishing Company.

Yazid.2001. Pemasaran Jasa. Yogyakarta : Ekonisia.

Published

2018-01-01

How to Cite

Suharto , S. (2018). Pengaruh Customer Satisfaction Pada Komunikasi Word Of Mouth: Studi Pada Biro Perjalanan Miki Tour Solo . Jurnal Pariwisata Indonesia, 13(2), 44–64. Retrieved from http://jurnal.stpsahidsurakarta.ac.id/index.php/JPI/article/view/213