Pengaruh Customer Satisfaction Pada Komunikasi Word Of Mouth
Studi Pada Biro Perjalanan Miki Tour Solo
Keywords:
Customer Satisfaction, Word Of MouthAbstract
Customer satisfaction menjadi materi yang sangat penting untuk diketahui secara detail oleh para marketer. Karena, customer satisfaction mempunyai dampak yang signifikan bagi kemajuan perusahaan. Yang dimaksud dengan customer satisfaction adalah kepuasan yang diterima konsumen ketika mengkonsumsi jasa pelayanan atas terpenuhinya kebutuhan dan keinginan dalam dimensi reability, tangibility, responsiveness, assurance, dan empathy. Sedangkan word of mouth merupakan kemampuan konsumen untuk ikut memberikan referensi pada teman, keluarga atau kenalannya terhadap jasa pelayanan yang telah dikonsumsinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sumbangan customer satisfaction pada komunikasi word of mouth. Disamping itu juga ingin mengetahui hubungan antara ciri ciri demografi dengan customer satisfaction. Ini merupakan studi kasus yang mengambil lokasi di Solo. Data dalam penelitian ini merupakan pengakuan kepuasan para konsumen setelah mengkonsumsi jasa layanan di Miki Tour. Setelah data terkumpul kemudian dianalisa menggunakan uji chi square dan analisis regresi. Setelah dilakukan analisis diperoleh kesimpulan bahwa terhadap karakteristik demografi pendidikan dan pendapatan ada hubungan dengan customer satisfaction. Disamping itu juga diketahui bahwa ada sumbangan customer satisfaction pada komunikasi word of mouth sebesar 33 %. Sedangkan sumangan customer satisfaction pada isi word of mouth sebesar 71,6 %.
Downloads
References
Assael, Henry. 1998. Consumer Behaviour and Marketing Action. Ohio: Sotus – Western College Publishing.
Batra, Rajeev, John G. Myeres, David A. 1996. Advertising Management. New Jersey: Prentice Hall. Inc.
Berkowitz, Eric N., Roger A. Kerin, Steven W. Hartley, Willim Rudelius.2000. Marketing. Boston: Irwin Mc Graw-Hill.
Blackwell, Roger D., Paul W. Miniard, James F. Engel.2001. Consumer Behaviour. Ohio: South-Western.
Cafferly, Michael.2003.Website Overview. http:/www.geocities.co (12-03-2003)
Chris Ryan. 1995. Researching Tourist Satisfaction. New Jersey: Routledge.
Clow, Kenneth E., Donald Baack., 2002, Integrated Advertising, Promotion & Marketing Communications. New Jersey. Prentice Hall.
Chew, Patricia. Jochen Wirtz. 2001. The Effects of incentives, Deal proneness, Satisfaction and Tie Strength on Word of-Mouth Behaviour. Singapore : University of Singapore
Dedy N.Hidayat. 2001. Metodologi Penelitian Sosial I-V. Jakarta : Prog. Pasca Sarjana Fak. Ilmu Sosial dan Politik, UI.
Freddy Rangkuti. 2000. Measuring Customer Satisfaction. Jakarta: PT. Gramedia.
Gerson, Richard F. 2002. Mengukur kepuasaan pelanggan. Penerjemahan: Hesti Widyaningrum. Jakarta : PPM.
Handi Irawan D.2003. Indonesian Customer Satisfaction. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
Hawkins Del I, Roger J. Best, Kenneth A. Coney. 2001. Consumer behaviour. New York: Irwin Mc Graw-Hill.
Holder, BobJ. 2003. Improving Customer Service Through Effective Communication.Http:/www.refresher.com./! holder3. Htm. (02-06-2003)
Johansson, Johny K., Ikujiro Nonaka. 1998. The Japanese Way of Marketing ; terjemahan bahasa Indonesia. Jakarta. PT. Gramedia Pustaka Utama.
Journal of Human Resources in Hospitality Tourism, vol 1, 2002, The Haworth Press Inc.
Kotler, Philip. 2000. Marketing Management. New Jersey: Prentice Hall International Inc.
LoveLock, Christopeer H., & Laurer Wright. 1999.Principles of Service Marketing and Management. New Jersey: Prentice Hall
Laws, Eric. 2000. Services Quality in Tourism Research: Journal of Quality Assurance in Hospitality & Tourism. Vol 1.2000:31. New York: The Haworth Press Inc.
Imisner, Ivan R. Virginia Devina. 1999. The World’s Best-Known Marketing Secret: building your bussines with word-of mouth marketing. Texas: Band Press.
Malhotra, Naresh K. 1999. Marketing research. New Jersey: Prentice Hall International, Inc.
Morrison, Alastair M.1998. Hospitality and Travel Marketing. New York : Dekmar Publisher Inc.
Powers, Thomas F. 1997. Marketing Hospitality. New York : John Wiley & Sons. Inc.
Rhenald Kasali. 2001. Membidik Pasar Indonesia. Jakarta: PT Gramedia.
Roger D, Black Well: Paul W. Miniard: James F. Angel. 2001. Consumer Behaviour. Ohio: South-Western.
Rosen, Emanuel. 2000. The Anatomy of Buzz: how to create word-of-mouth marketing. New York: Doubleday.
Ruben, Brent D. Lea P. Steward. Communication and Human Behaviour. Needham Heights : Allyn & Bacon.
Semenik, Rchard J. 2002. Promotion and Integrated Marketing Communication. Ohio : South-west Thomson Learning.
Shimp, Terence A. 2000. Advertising Promotion. Orlando : Harcourt, Inc.
Silverman, George. 2001. The Secret of Word of Mouth Marketing: how to trigger exponencial sales Through runaway word of mouth. New York: American Management Association.
Silverman, George, 2003. The Secrets of word of-mouth marketing. http:/www.amanet.com. (12-02-2003).
Singapore. Airline, 2000, Sales & Marketing Fundamentals, Singapore airline.
Singgih Santoso dan Fandy Tjiptono. 2002. Riset Pemasaran : konsep dan aplikasi dengan SPSS. Jakarta : PT. Gramedia.
Slamet. Y. 1993. Analisis Kuantitatif. Solom : Dabara Publisher.
Slamet. Y, 2001. Teknik pengambilan sampel. Surakarta : PT. Pabelan.
Smith PR.1993. Marketing Communication. Dover : Kogan Page.
Supranto. 2001. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan. Jakarta : Rineka Cipta.
Terence A. Shimp. 2000. Advertising Promotion. California : University of South California.
Verdeber Rudolph F. & Kathleen S. 1998. Inter Act. Wadsworth Publishing Company.
Yazid.2001. Pemasaran Jasa. Yogyakarta : Ekonisia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Suharto Suharto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.