Studi Analisis Tentang Optimalisasi Kinerja Karyawan Terhadap Tingkat Kualitas Kebersihan Kamar Tamu Bagi Room Attendant di Housekeeping Department Lor-In Hotel Surakarta

Authors

  • Nur Cahyono Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Surakarta
  • I.A. Joko Suyanto Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Surakarta
  • Sugiman Sugiman Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Surakarta

Keywords:

tanggung jawab, kerja sama, kemampuan kerja, disiplin

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis sejauh mana kerjasama yang dijalin antar departemen, cara yang digunakan untuk menjaga kualitas kamar, dan kebersihan untuk meningkatkan kerja pada Housekeeping Department.Jenis penelitian yang digunakan oleh penulis dengan menggunakan metode deskriptif, dengan pendekatan studi kasus yang menggunakan bentuk dan strategi deskriptif analisis kualitatif.Adapun teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, studi pustaka dan kuesioner.Hasil penelitian ini membuktikan sudi analisis tentang optimalisasi kinerja karyawan terhadap tingkat kualitas kebersihan kamar tamu bagi Room Attendant di Housekeeping Department Lor-in Hotel Surakarta.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara optimalisasi kinerja karyawan terhadap tingkat kualitas kebersihan kamar tamu bagi Room Attendant di Housekeeping Department di Lor-in Hotel.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anonim, 1992.Housekeeping. Bandung: Alfabeta

Darsono Agustinus, 1922. Tata Graha Hotel. Bandung: Alfabeta

Kamus Besar Bahasa Indonesia, 2001: 480

Pabundu, Tika, 1997: 53 http:// books.kamus_pariwisata_dan_perhotelan.html?.id

Purwoko, 1992.Housekeeping Manajemen. Yogyakarta: Ghalia Indonesia

Peraturan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif No. PM 53/ HM.001/MPEK 2013

Rumekso, SE. Housekeeping Hotel.Yogyakarta: C.V Andi

Sudjana, Nana. 1997. Tuntunan Penyusunan Karya Ilmiah. Bandung:Sinar Baru

SK Menparpostel No.KM.94/ HK. 103 / MPPT-87

Sulastiyono, Agus, Drs. M.Si. 2002. Manajemen Penyelenggaraan Hotel.Jakarta: Pustaka Sinar Harapan

WJS.Poerwadarminta. (Istilamah Laili, 200:8)

Yoeti, Oka A, Drs, H. Mba. 1996. Pengantar Ilmu Pariwisata. Bandung: Angkasa

Young, dikutip oleh Koentjarangningrat, 1991:23. Definisi Operasional Variabel penelitian, defoter.blogspot.com

http://kamusbisnis.com/arti/peralatan/">Peralatan

KBBI, http://bahasa.cs.us.ac.id/kbbi.php?keyword=tingkat& varbidang=all & vardialek=all & varkelas=all&submit = tabe

Published

2015-01-01

How to Cite

Cahyono, N. ., Suyanto, I. J. ., & Sugiman, S. (2015). Studi Analisis Tentang Optimalisasi Kinerja Karyawan Terhadap Tingkat Kualitas Kebersihan Kamar Tamu Bagi Room Attendant di Housekeeping Department Lor-In Hotel Surakarta. Jurnal Pariwisata Indonesia, 10(2), 40–58. Retrieved from http://jurnal.stpsahidsurakarta.ac.id/index.php/JPI/article/view/192