Analisis Peran Kinerja Room Attendant Terhadap Tingkat Kepuasan Tamu di Agas Internasional Hotel Surakarta
Keywords:
Peran Kinerja Room Attendant, Tingkat Kepuasan TamuAbstract
Penelitian ini dilakukan di Agas Internasional Hotel Surakarta dengan analisis deskriptif kualitatif ditunjang dengan studi pustaka. Metode atau teknik pengumpulan data menggunakan populasi dan sampel, teknik pengumpulan data, sumber data, dan teknik analisis data. Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui sejauh mana faktor kedisiplinan kerja berpengaruh terhadap tingkat kepuasan tamu di Agas Internasional Hotel Surakarta, (2) untuk mengetahui sejauh mana faktor kecepatan kerja berpengaruh terhadap tingkat kepuasan tamu di Agas Internasional Hotel Surakarta, (3) untuk mengetahui sejauh mana faktor ketepatan kerja berpengaruh terhadap tingkat kepuasan tamu di Agas Internasional Hotel Surakarta, dan (4) untuk mengetahui sejauh mana faktor tanggung jawab berpengaruh terhadap tingkat kepuasan tamu di Agas Internasional Hotel Surakarta. Hasil penelitian yang penulis lakukan dapat disimpulkan bahwa: kinerja room attendant berpengaruh terhadap tingkat kepuasan tamu di Housekeeping Department Agas International Surakarta melalui kedisiplinan kerja, kecepatan kerja, ketepatan kerja dan tanggung jawab. Berdasarkan kuesioner penelitian, sebanyak 38% responden menjawab ya tentang pengaruh kedisiplinan kerja terhadap kepuasan tamu, 29% responden menjawab ya tentang pengaruh kecepatan kerja terhadap kepuasan tamu, 45% responden menjawab ya tentang pengaruh ketepatan kerja terhadap kepuasan tamu, dan 33% responden menjawab ya tentang pengaruh tanggung jawab terhadap kepuasan tamu.
Downloads
References
Anwar Prabu Mangkunegara, 2000. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Yogyakarta: Graha Ilmu
Azis Alimul, 2003. Metode Penelitian. Publishing PT. Salemba Medika.All rights reserved
Bary Cushway, 2012.Human Resources Management.Jakarta: PT. Elex Media Komputindo
Kottler, 1988.Marketing Management. Jakarta: Primadeia Puastaka
Lawson, 1927.Hotel Management. Jakarta; Gramedia Pustaka Utama
Nitisemito, 1984.Manajemen Personalia.Jakarta: Published Ghalia Indonesia
Oliver, 1997.Customer Satisfaction.Jakarta: PT. Spektrum Mitra Utama
Oxford Pocket Dictionary, 2005.Numerical Potential Field Path Planning Tutorial.Jakarta:PT. Gramedia Pustaka Utama
Reigeluth dan Merril, 1979.Performance Efficiency. Jakarta: Balai Pustaka
Ronald, 1995.Production Operation.Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
Siswanto, 1989.Management Tenaga Kerja.Yogyakarta: Pustaka Pelajar