Analisis Peran Kinerja Room Attendant Terhadap Tingkat Kepuasan Tamu di Agas Internasional Hotel Surakarta

Authors

  • E Sri Purwanti Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Surakarta
  • Sugiman Sugiman Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Surakarta
  • B Teguh Irawan Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Surakarta

Keywords:

Peran Kinerja Room Attendant, Tingkat Kepuasan Tamu

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Agas Internasional Hotel Surakarta dengan analisis deskriptif kualitatif ditunjang dengan studi pustaka. Metode atau teknik pengumpulan data menggunakan populasi dan sampel, teknik pengumpulan data, sumber data, dan teknik analisis data. Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui sejauh mana faktor kedisiplinan kerja berpengaruh terhadap tingkat kepuasan tamu di Agas Internasional Hotel Surakarta, (2) untuk mengetahui sejauh mana faktor kecepatan kerja berpengaruh terhadap tingkat kepuasan tamu di Agas Internasional Hotel Surakarta, (3) untuk mengetahui sejauh mana faktor ketepatan kerja berpengaruh terhadap tingkat kepuasan tamu di Agas Internasional Hotel Surakarta, dan (4) untuk mengetahui sejauh mana faktor tanggung jawab berpengaruh terhadap tingkat kepuasan tamu di Agas Internasional Hotel Surakarta. Hasil penelitian yang penulis lakukan dapat disimpulkan bahwa: kinerja room attendant berpengaruh terhadap tingkat kepuasan tamu di Housekeeping Department Agas International Surakarta melalui kedisiplinan kerja, kecepatan kerja, ketepatan kerja dan tanggung jawab. Berdasarkan kuesioner penelitian, sebanyak 38% responden menjawab ya tentang pengaruh kedisiplinan kerja terhadap kepuasan tamu, 29% responden menjawab ya tentang pengaruh kecepatan kerja terhadap kepuasan tamu, 45% responden menjawab ya tentang pengaruh ketepatan kerja terhadap kepuasan tamu, dan 33% responden menjawab ya tentang pengaruh tanggung jawab terhadap kepuasan tamu.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anwar Prabu Mangkunegara, 2000. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Yogyakarta: Graha Ilmu

Azis Alimul, 2003. Metode Penelitian. Publishing PT. Salemba Medika.All rights reserved

Bary Cushway, 2012.Human Resources Management.Jakarta: PT. Elex Media Komputindo

Kottler, 1988.Marketing Management. Jakarta: Primadeia Puastaka

Lawson, 1927.Hotel Management. Jakarta; Gramedia Pustaka Utama

Nitisemito, 1984.Manajemen Personalia.Jakarta: Published Ghalia Indonesia

Oliver, 1997.Customer Satisfaction.Jakarta: PT. Spektrum Mitra Utama

Oxford Pocket Dictionary, 2005.Numerical Potential Field Path Planning Tutorial.Jakarta:PT. Gramedia Pustaka Utama

Reigeluth dan Merril, 1979.Performance Efficiency. Jakarta: Balai Pustaka

Ronald, 1995.Production Operation.Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Siswanto, 1989.Management Tenaga Kerja.Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Published

2011-01-01

How to Cite

Sri Purwanti, E., Sugiman, S., & Teguh Irawan, B. (2011). Analisis Peran Kinerja Room Attendant Terhadap Tingkat Kepuasan Tamu di Agas Internasional Hotel Surakarta. Jurnal Pariwisata Indonesia, 6(2), 86–102. Retrieved from http://jurnal.stpsahidsurakarta.ac.id/index.php/JPI/article/view/91