Analisis Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Kepuasan Tamu di Hotel Pramesthi Kartasura
Keywords:
kecepatan, ketepatan, keramahan, fasilitas, kepuasan tamuAbstract
Rumusan dalam penelitian adalah seberapa besar pengaruh kecepatan, ketepatan, keramahan dan fasilitas terhadap kepuasan tamu di Hotel Pramesthi Kartasura. Tujuan penelitian adalah 1. untuk mengetahui faktor- faktor apa saja yang mempengaruhi tingkat kepuasan tamu 2. untuk mengetahui faktor- faktor dalam pelayanan prima yang telah diterapkan untuk mengetahui kepuasan tamu 3. untuk mengetahui kelemahan dan kelebihan Hotel Pramesthi dengan menggunakan analisis SWOT 4. untuk membuat langkah strategis dalam perbaikan dan peningkatan pelayanan prima sehingga memperoleh kepuasan tamu berdasarkan hasil penelitian dan analisis SWOT yang telah dilakukan. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 60 orang tamu yang menginap di Hotel Pramesthi Kartasura, dipilih dengan metode Convenience Sampling, teknik yang diambil adalah kuesioner dan analisis SWOT. Hasil dari kuesioner adalah X1= 2,105 dibandingkan dengan t table = 1,960. X2 = 2,482 dibandingkan dengan t table= 1,960. X3= 2,211 dibandingkan dengan t table = 1,960. X4 = 2,302 dibandingkan dengan t table = 1,960. hal ini berarti X1 ( kecepatan), X2 (ketepatan), X3 ( keramahan ) dan X4 ( fasilitas ) berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan tamu. Hasil analisis SWOT menunjukan bahwa perlu segera menerapkan langkah- langkah strategis untuk peningkatan pelayanan dan peningkatan pemasaran agar hasil yang dicapai dapat seoptimal mungkin.
Downloads
References
Adi Soenarno, Kamus Istilah Pariwisata dan Perhotelan. ( Bandung : Angkasa, 1993 ) Hal. 25
Agus Darsono, Tata Graha Hotel. ( Jakarta : Grasindo Gramedia, 1995 ), Hal. 21
Agus Sulistiyono, Manajemen Penyelenggaraan Hotel. ( Bandung : Alfabeta, 1999 ) Hal. 9
Agus Suryono, Kiat Menangani Pelanggan Bebas Komplain ( Jakarta : Khilma Pustaka, 2007 ) Hal. 114
Bagozzi, R.P.Gopinath,. Myer,.P.U, The Role of Emotion of Marketing ( Journal Marketing, 1999 ) Hal 184 – 206
Bitner, MJ. Critical Service encounters : The Employees Viewpoint.( Journal of Marketing,1990 ), Hal.58
Bitner, MJ. Evaluating Service Encounters : The Effects of Physical Surroundings and Employee Responses. (Journal of Marketing, 1990) Hal. 54
Bolton, R.N., Drew, J.H. A Longitudinal Analysis: The impact of Service Changes on Customer Attitude. ( Journal of Marketing, 1991 ) Hal. 55
Cronin, JJ, Jr. Taylor, SA. Servperf versus Servqual : Reconciling Performance Based and Perceptions Minus Expectations Measurement of Service Quality. ( Journal of Marketing, 1994 ) Hal. 31
Cronin, JJ, Jr. Taylor, SA. Measuring Service Quality: a re-examination and extension. ( Journal of Marketing, 1992 ) Hal. 55
Dennis L.Foster, Travel dan Tourism (An Introduction) Second Edition, ( Jakarta : Grafindo, 2000 ) Hal.56
Dodi Ahmad Fauzi, S.Sos. Menjadi Perusahaan Sukses Melalui Motivasi Sejati ( Jakarta : Edsa Mahkota, 2007 ) Hal.30
Drs.E Juhana Wijaya, Bekerja Sama Dengan Kolega dan Pelanggan. (CV.Armico. 2004 ) Hal. 75
Endar Sugiarto, Harjadi, Manajemen Kantor Depan Hotel. ( Jakarta : Gramedia, 1997 ) Hal. 65
Kartajaya,.H, Wibowo AS, Elisawati, Bermain dengan Persepsi : 36 Kasus Pemasaran Asli Indonesia ( Jakarta : Gramedia, 1996 ). Hal.25
Kusmayadi, Endar S. Metodologi Penelitian dalam Bidang Kepariwisataan. (Jakarta : Gramedia, 2000 ) Hal.64
Lerbin R. Aritonang. Kepuasan Pelanggan ( Jakarta : Gramedia Pustaka, 2005) Hal. 25
Oliver, RL., Cognitive, Afektif and Attribute based of The Satisfaction Response ( Journal of Customer, 1993 ) Hal. 20
Parasuraman, A. Zeithaml, V.A. Berry, L.L, Servqual : a Multiple Item Scale for Measuring Consumer Perceptions of Service Quality.(Journal of Retailing, 1998 ) Hal. 64
Parasuraman, A. Zeithaml, V.A. Berry, L.L, Reassessment of Expectations as Comparison Standard in Measuring Service Quality. (Journal of Marketing, 1994 ) Hal. 58
Parasuraman, A. Zeithaml, V.A. Berry, L.L, The Behavioural Consequences of Service Quality.(Journal of Retailing, 1996 ) Hal 60
Parasuraman, A. Zeithaml, V.A. Berry, L.L, A Conceptual Model of Service Quality and Implications for Future Research. (Journal of Retailing, 1995 ) Hal. 49
Richard Sihite. Hotel Management. ( Surabaya : SIC 2000 ) Hal. 32
Singh, Understanding the Structure of Consumer Satisfaction Evaluation of Service Delivery. ( Journal of Customer : 1991 ) Hal. 44
Suyeti Spd,Gita Kurniawan,SE Bekerja Sama Dengan Kolega dan Pelanggan. ( Surakarta CV,Yudistira, 2004 ) Hal. 36
Sudjana. Metode Statistika. ( Bandung : Tarsito, 1992 ) Hal. 24
Tjiptono,F. Strategi Pemasaran ( Yogyakarta , 1995 ) Hal.27
Wira Sutedja. Panduan Layanan Konsumen ( Jakarta : PT Grasindo, 2007 ) Hal.20
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Sugiman Sugiman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.