Analisis Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Kepuasan Tamu di Hotel Pramesthi Kartasura

Authors

  • Sugiman Sugiman Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Surakarta

Keywords:

kecepatan, ketepatan, keramahan, fasilitas, kepuasan tamu

Abstract

Rumusan dalam penelitian adalah seberapa besar pengaruh kecepatan, ketepatan,  keramahan dan fasilitas terhadap kepuasan tamu di Hotel Pramesthi Kartasura. Tujuan penelitian  adalah 1. untuk mengetahui faktor- faktor apa saja yang mempengaruhi tingkat kepuasan tamu 2.  untuk mengetahui faktor- faktor dalam pelayanan prima yang telah diterapkan untuk mengetahui  kepuasan tamu 3. untuk mengetahui kelemahan dan kelebihan Hotel Pramesthi dengan  menggunakan analisis SWOT 4. untuk membuat langkah strategis dalam perbaikan dan  peningkatan pelayanan prima sehingga memperoleh kepuasan tamu berdasarkan hasil penelitian  dan analisis SWOT yang telah dilakukan. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 60 orang  tamu yang menginap di Hotel Pramesthi Kartasura, dipilih dengan metode Convenience Sampling,  teknik yang diambil adalah kuesioner dan analisis SWOT. Hasil dari kuesioner adalah X1= 2,105  dibandingkan dengan t table = 1,960. X2 = 2,482 dibandingkan dengan t table= 1,960. X3= 2,211  dibandingkan dengan t table = 1,960. X4 = 2,302 dibandingkan dengan t table = 1,960. hal ini berarti  X1 ( kecepatan), X2 (ketepatan), X3 ( keramahan ) dan X4 ( fasilitas ) berpengaruh secara signifikan  terhadap kepuasan tamu. Hasil analisis SWOT menunjukan bahwa perlu segera menerapkan  langkah- langkah strategis untuk peningkatan pelayanan dan peningkatan pemasaran agar hasil  yang dicapai dapat seoptimal mungkin.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adi Soenarno, Kamus Istilah Pariwisata dan Perhotelan. ( Bandung : Angkasa, 1993 ) Hal. 25

Agus Darsono, Tata Graha Hotel. ( Jakarta : Grasindo Gramedia, 1995 ), Hal. 21

Agus Sulistiyono, Manajemen Penyelenggaraan Hotel. ( Bandung : Alfabeta, 1999 ) Hal. 9

Agus Suryono, Kiat Menangani Pelanggan Bebas Komplain ( Jakarta : Khilma Pustaka, 2007 ) Hal. 114

Bagozzi, R.P.Gopinath,. Myer,.P.U, The Role of Emotion of Marketing ( Journal Marketing, 1999 ) Hal 184 – 206

Bitner, MJ. Critical Service encounters : The Employees Viewpoint.( Journal of Marketing,1990 ), Hal.58

Bitner, MJ. Evaluating Service Encounters : The Effects of Physical Surroundings and Employee Responses. (Journal of Marketing, 1990) Hal. 54

Bolton, R.N., Drew, J.H. A Longitudinal Analysis: The impact of Service Changes on Customer Attitude. ( Journal of Marketing, 1991 ) Hal. 55

Cronin, JJ, Jr. Taylor, SA. Servperf versus Servqual : Reconciling Performance Based and Perceptions Minus Expectations Measurement of Service Quality. ( Journal of Marketing, 1994 ) Hal. 31

Cronin, JJ, Jr. Taylor, SA. Measuring Service Quality: a re-examination and extension. ( Journal of Marketing, 1992 ) Hal. 55

Dennis L.Foster, Travel dan Tourism (An Introduction) Second Edition, ( Jakarta : Grafindo, 2000 ) Hal.56

Dodi Ahmad Fauzi, S.Sos. Menjadi Perusahaan Sukses Melalui Motivasi Sejati ( Jakarta : Edsa Mahkota, 2007 ) Hal.30

Drs.E Juhana Wijaya, Bekerja Sama Dengan Kolega dan Pelanggan. (CV.Armico. 2004 ) Hal. 75

Endar Sugiarto, Harjadi, Manajemen Kantor Depan Hotel. ( Jakarta : Gramedia, 1997 ) Hal. 65

Kartajaya,.H, Wibowo AS, Elisawati, Bermain dengan Persepsi : 36 Kasus Pemasaran Asli Indonesia ( Jakarta : Gramedia, 1996 ). Hal.25

Kusmayadi, Endar S. Metodologi Penelitian dalam Bidang Kepariwisataan. (Jakarta : Gramedia, 2000 ) Hal.64

Lerbin R. Aritonang. Kepuasan Pelanggan ( Jakarta : Gramedia Pustaka, 2005) Hal. 25

Oliver, RL., Cognitive, Afektif and Attribute based of The Satisfaction Response ( Journal of Customer, 1993 ) Hal. 20

Parasuraman, A. Zeithaml, V.A. Berry, L.L, Servqual : a Multiple Item Scale for Measuring Consumer Perceptions of Service Quality.(Journal of Retailing, 1998 ) Hal. 64

Parasuraman, A. Zeithaml, V.A. Berry, L.L, Reassessment of Expectations as Comparison Standard in Measuring Service Quality. (Journal of Marketing, 1994 ) Hal. 58

Parasuraman, A. Zeithaml, V.A. Berry, L.L, The Behavioural Consequences of Service Quality.(Journal of Retailing, 1996 ) Hal 60

Parasuraman, A. Zeithaml, V.A. Berry, L.L, A Conceptual Model of Service Quality and Implications for Future Research. (Journal of Retailing, 1995 ) Hal. 49

Richard Sihite. Hotel Management. ( Surabaya : SIC 2000 ) Hal. 32

Singh, Understanding the Structure of Consumer Satisfaction Evaluation of Service Delivery. ( Journal of Customer : 1991 ) Hal. 44

Suyeti Spd,Gita Kurniawan,SE Bekerja Sama Dengan Kolega dan Pelanggan. ( Surakarta CV,Yudistira, 2004 ) Hal. 36

Sudjana. Metode Statistika. ( Bandung : Tarsito, 1992 ) Hal. 24

Tjiptono,F. Strategi Pemasaran ( Yogyakarta , 1995 ) Hal.27

Wira Sutedja. Panduan Layanan Konsumen ( Jakarta : PT Grasindo, 2007 ) Hal.20

Published

2018-06-01

How to Cite

Sugiman, S. (2018). Analisis Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Kepuasan Tamu di Hotel Pramesthi Kartasura . Jurnal Pariwisata Indonesia, 14(1), 1–22. Retrieved from http://jurnal.stpsahidsurakarta.ac.id/index.php/JPI/article/view/215