Peran Badan Promosi Pariwisata Indonesia Surakarta (BPPIS) Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan di Kota Surakarta
Keywords:
Badan Promosi Pariwisata, Kunjungan Wisatawan, Peran Badan Promosi PariwisataAbstract
Badan Promosi Pariwisata Indonesia Kota Surakarta (BPPIS) merupakan lembaga swasta yang bersifat mandiri yang berdiri di bawah lindungan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surakarta yang bertugas untuk meningkatkan citra kepariwisataan dan kunjungan wisatawan baik domestik maupun internasional. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apa peran, kendala, dan dampak dari kegiatan promosi BPPIS. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data dengan metode observasi, wawancara, dan dokumen.Hasil penelitian ini adalah bahwa peran BPPIS adalah sebagai koordinator kegiatan promosi Dinas Pariwisata dengan strategi promosi yang dilakukan seperti mengikuti roadshow/travelmart, melakukan riset pasar, dan membuat materi promosi.Kendala yang dihadapi BPPIS selama melakukan kegiatan promosinya yaitu masalah pendanaan, kurangnya koordinasi antar anggota, dan masalah sarana dan prasarana pariwisata Kota Surakarta.Dampak dari kegiatan promosi selama ini sudah cukup signifikan, walaupun ada banyak faktor internal maupun eksternal yang mempengaruhi meningkatnya kunjungan wisatawan di Kota Surakarta.Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa strategi promosi BPPIS berpengaruh terhadap meningkatnya kunjungan wisatawan di Kota Surakarta.
Downloads
References
Basu Swastha dan Irawan, (2005).Manajemen Pemasaran Modern. Liberty, Yogyakarta.
Ilyas, Muhammad. 2009. Strategi Pengembangan Pariwisata Kepulauan Togean di Kabupaten Tojo Una-una, Tesis. Program Studi Perencanaan Pengembangan Wilayah. Program Pascasarjana Universitas Hasanudin
Jogiyanto, Hartono, 2005. Analisis & Desain Sistem Informasi Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktek Aplikasi Bisnis. Andi Yogyakarta.
Koen Meyers, 2009, Pengertian Pariwisata, Diakses Juni 2015, dari http://assharrefdino.blogspot.com/2013/11/pengertian-pariwisata menurut-paraahli.html
Kotler, Philip. 2001. Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Implementasi, dan Kontrol. Jakarta: PT. Prehallindo
Kotler, Philip. 2009. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga
Marpaung, Happy. 2002. Pengetahuan Pariwisata. Bandung: Alpabeta
Marpaung, Happy dan Herman Bahar.(2000). Pengantar Pariwisata.Bandung: Penerbit Alfabeta
Purnomo, Budi. 2015. Metode Penelitian Pariwisata. Yogyakarta: K-Media
Rachmat Kriyantono, Teknik Praktis Riset Komunikasi: disertai contoh riset media, public relations, komunikasi pemasaran dan organisasi, Kencana Prenada Media, Jakarta, cetakan ke-2, 2007
Sugiyono, 2010.Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R & D. Bandung: ALFABETA
Yoeti, Oka. 2006. Tours and Travel Marketing. Jakarta: Pradnya Paramita
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Suci Intan Permatasari, I.A. Joko Suyanto, Denny Asmara
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.