Pengaruh Kreativitas Bartender/Bartendress Terhadap Tingkat Penjualan Minuman di Dahana Lounge Bar Novotel Hotel & Suites Surabaya

Authors

  • T Wurdiyana Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Surakarta
  • Agus Solikhin Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Surakarta
  • Denny Asmara Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Surakarta

Keywords:

Pengaruh kreativitas, tingkat penjualan minuman

Abstract

Hotel merupakan salah satu komponen yang sangat penting dalam industri pariwisata yang menyediakan beraneka ragam fasilitas yang dapat menarik minat para tamu untuk berkunjung dan menginap. Salah satu outlet yang menghasilkan pendapatan terbesar dari sektor penjualan minuman adalah bar. Kreatifitas Bartender/Bartendress mempunyai peranan yang sangat penting dalam meningkatkan hasil penjualan minuman, di samping itu cara penyajian minuman merupakan faktor penunjang yang dapat menarik minat tamu untuk berkunjung, serta beberapa atraksi yang ditampilkan oleh para Bartender/Bartendress berpengaruh terhadap tingkat penjualan minuman di suatu bar. Dalam peningkatan sumber pendapatan, peranan Bartender maupun Bartendress sangat diperlukan dalam mengelola dan menciptakan resep minuman baru serta mampu menciptakan daya tarik dalam peningkatan terhadap jumlah minuman yang terjual.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Balley, Kehneth D. Methods of Sosial Second Research Edition. London: Collier macmillan Publimen

Berwandari, E.K. 1998. Pendekatan Kualitatif dalam Psikologi Lembaga Pengembangan Sarana Pengukurandan Pendidikan Psikologi (LPSP3) Fakultas UI. Jakarta

Cooper Donaldr,Emoryc. 1996. Metode Penelitian Bisnis. Jakarta: Erlangga

Jefkins, Frank, 1995. Public Relations Edisi ke empat. Jakarta: Erlangga

Hutagalung, Lusiana A.S. 2003. Pelayanan Bartender dalam Meningkatkan Pelayanan. Fakultas Sastra. Medan

Kosali, Rhenald, 1994.Managemen Public Relations Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Jakarta: PT Temprint

Kotler, P. 2005. Manajemen Pemasaran edisi 11. Jakarta: PT Indeks

Nawawi, H Hadari dan H Martini. 1992. Instrumen Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gajah Mada University Press

Pabundu Trika, Muh. 1997. Metode Penelitian Geografi. Jakarta: PT Sun printing

Pendit, Nyomans, 1994.Ilmu pariwisata Pengantar Perdana. Jakarta: PT Prodrya Paramita

Peter, Paul J dan Jery C. Olson. 2000. Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Jakarta: Erlangga

Rita, Silvia, Fariani dan Aryanto, Widodo. 2009. Panduan Praktis Public Relations. Jakarta: PT Gramedia

Sihite, Richard, 2000. Food Service. Surabaya: SIC

Published

2013-06-01

How to Cite

Wurdiyana, T., Solikhin, A. ., & Asmara, D. (2013). Pengaruh Kreativitas Bartender/Bartendress Terhadap Tingkat Penjualan Minuman di Dahana Lounge Bar Novotel Hotel & Suites Surabaya. Jurnal Pariwisata Indonesia, 8(2), 1–25. Retrieved from http://jurnal.stpsahidsurakarta.ac.id/index.php/JPI/article/view/100

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 > >>