Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Konsumen Dalam Memilih Hotel Sebagai Sarana Akomodasi di Kota Solo

Authors

  • Agus Solikhin Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Surakarta
  • I Sudjarwo Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Surakarta
  • F.X.A Siswanto Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Surakarta

Keywords:

Konsumen, akomodasi

Abstract

Latar belakang dari permasalahan ini adalah faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen memilih hotel sebagai sarana akomodasi di kota Solo. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan faktor utama yang mempengaruhi konsumen memilih hotel sebagai sarana akomodasi di kota Solo. Lokasi penelitian dilakukan penulis di Hotel Grand Orchid Solo. Data diperoleh dari penelitian kuantitatif, pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner, kemudian data yang diperoleh diolah dengan menggunakan analisis faktor. Dari analisis faktor diperoleh tiga faktor utama yang mempengaruhi konsumen dalam memilih hotel sebagai sarana akomodasi yaitu faktor keunggulan, faktor harga dan fasilitas umum, dan faktor internal hotel. Faktor unggulan memiliki eigenvalues sebesar 5,030 dengan presentase varians yang dapat dijelaskan sebesar 41,92 %, faktor harga dan fasilitas tambahan memiliki eigenvalues sebesar 2,031 dengan presentase varians yang dapat dijelaskan sebesar 16,93 % dan faktor internal hotel memiliki eigenvalues sebesar 1,148 dengan presentase varians yang dapat dijelaskan sebesar 9,57%. Dari ketiga faktor yang terbentuk, secara bersama-sama dapat menjelaskan sekitar 68,41% varians dari keduabelas variabel. Berdasarkan faktor yang terbentuk maka hotel perlu terus melakukan pengembangan terhadap faktor utama tersebut. Hal ini dapat dilakukan dengan jalan terus memperbaiki dan menyempurnakan variabel-variabel yang menjadi bagian dari faktor utama.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kotler, Philip, 1997. Manajemen Pemasaran, Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Kontrol. Jilid I. Prenhalindo Jakarta

Santoso, Singgih, 2012. Aplikasi SPSS pada Statistik Multivariat. Elex Media Komputindo Jakarta

Santoso, Singgih, 2000. Buku Latihan SPSS Statistik Parametrik. Elex Media Komputindo Jakarta

Sarwono, Jonathan, 2006. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Graha Ilmu Yogyakarta

Sarwono, Jonathan, 2012. Metode Riset Skripsi Pendekatan Kuantitatif. Elex Media Komputindo Jakarta

Sihite, Richard, 2000. Hotel Management. SIC Surabaya

Sihite, Richard, 2000. Sales Marketing. SIC Surabaya

Sugiarto dkk, 2001, Teknik Sampling. Gramedia Jakarta

Surachman,Winarno.1985.Pengantar Penelitian Ilmiah: Dasar-Dasar Metode dan Teknik. Transito Bandung

Wasito, Hermawan, 1990. Pengantar Metodologi Penelitian. APTIK Jakarta

Yoeti, Oka A, 2001. Strategi Pemasaran Hotel. Gramedia Pustaka Utama Jakarta

www.google.com.diakses pada 29 Juni 2011 pukul 07.23 WIB

www.google.com. anonim,file pdf,diakses pada 29 Juni 2011 pukul 07:23:47 WIB

www.google.com.anonim.diaksespada 15 September 2010 pukul 02.14 WIB

Published

2011-06-01

How to Cite

Solikhin, A. ., Sudjarwo, I., & Siswanto, F. (2011). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Konsumen Dalam Memilih Hotel Sebagai Sarana Akomodasi di Kota Solo. Jurnal Pariwisata Indonesia, 7(1), 1–18. Retrieved from http://jurnal.stpsahidsurakarta.ac.id/index.php/JPI/article/view/93

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>