Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Konsumen Dalam Memilih Hotel Sebagai Sarana Akomodasi di Kota Solo
Keywords:
Konsumen, akomodasiAbstract
Latar belakang dari permasalahan ini adalah faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen memilih hotel sebagai sarana akomodasi di kota Solo. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan faktor utama yang mempengaruhi konsumen memilih hotel sebagai sarana akomodasi di kota Solo. Lokasi penelitian dilakukan penulis di Hotel Grand Orchid Solo. Data diperoleh dari penelitian kuantitatif, pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner, kemudian data yang diperoleh diolah dengan menggunakan analisis faktor. Dari analisis faktor diperoleh tiga faktor utama yang mempengaruhi konsumen dalam memilih hotel sebagai sarana akomodasi yaitu faktor keunggulan, faktor harga dan fasilitas umum, dan faktor internal hotel. Faktor unggulan memiliki eigenvalues sebesar 5,030 dengan presentase varians yang dapat dijelaskan sebesar 41,92 %, faktor harga dan fasilitas tambahan memiliki eigenvalues sebesar 2,031 dengan presentase varians yang dapat dijelaskan sebesar 16,93 % dan faktor internal hotel memiliki eigenvalues sebesar 1,148 dengan presentase varians yang dapat dijelaskan sebesar 9,57%. Dari ketiga faktor yang terbentuk, secara bersama-sama dapat menjelaskan sekitar 68,41% varians dari keduabelas variabel. Berdasarkan faktor yang terbentuk maka hotel perlu terus melakukan pengembangan terhadap faktor utama tersebut. Hal ini dapat dilakukan dengan jalan terus memperbaiki dan menyempurnakan variabel-variabel yang menjadi bagian dari faktor utama.
Downloads
References
Kotler, Philip, 1997. Manajemen Pemasaran, Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Kontrol. Jilid I. Prenhalindo Jakarta
Santoso, Singgih, 2012. Aplikasi SPSS pada Statistik Multivariat. Elex Media Komputindo Jakarta
Santoso, Singgih, 2000. Buku Latihan SPSS Statistik Parametrik. Elex Media Komputindo Jakarta
Sarwono, Jonathan, 2006. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Graha Ilmu Yogyakarta
Sarwono, Jonathan, 2012. Metode Riset Skripsi Pendekatan Kuantitatif. Elex Media Komputindo Jakarta
Sihite, Richard, 2000. Hotel Management. SIC Surabaya
Sihite, Richard, 2000. Sales Marketing. SIC Surabaya
Sugiarto dkk, 2001, Teknik Sampling. Gramedia Jakarta
Surachman,Winarno.1985.Pengantar Penelitian Ilmiah: Dasar-Dasar Metode dan Teknik. Transito Bandung
Wasito, Hermawan, 1990. Pengantar Metodologi Penelitian. APTIK Jakarta
Yoeti, Oka A, 2001. Strategi Pemasaran Hotel. Gramedia Pustaka Utama Jakarta
www.google.com.diakses pada 29 Juni 2011 pukul 07.23 WIB
www.google.com. anonim,file pdf,diakses pada 29 Juni 2011 pukul 07:23:47 WIB
www.google.com.anonim.diaksespada 15 September 2010 pukul 02.14 WIB