Manfaat Flash Card Bagi Anak Usia Dini Dalam Penguasaan Bahasa Inggris

Authors

  • Titik Akiriningsih Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Surakarta
  • J Aditya Sari Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Surakarta

Keywords:

flash card, anak usia dini

Abstract

Usia dini merupakan masa keemasan (golden age) anak dalam mencapai perkembangannya. Pada masa golden age tersebut, perkembangan otak kanan dan kiri anak dalam kondisi optimal. Dalam hal ini, perkembangan otak kanan dan otak kiri perlu dioptimalkan dengan sering memberikan stimulus. Seiring dengan perkembangan ilmu dan teknologi, penguasaan bahasa Inggris menjadi perhatian dan kebutuhan utama bagi anak usia dini untuk lebih maju dan berkembang. Mengingat bahwa pada usia dini, perkembangan otak anak dalam kondisi optimal, pada usia dini tersebut anak dapat diberi stimulus untuk menguasai bahasa Inggris. Salah satu metode untuk meningkatkan kemampuan anak dalam penguasaan bahasa Inggris adalah menggunakan flash card. Berbagai macam flash card banyak ditemukan di toko buku dengan beragam jenis, warna, dan bentuk. Flash card digunakan untuk pembelajaran dengan aktivitas-aktivitas yang menyenangkan melalui permainan, lagu, gambar, dan aktivitas menyenangkan lainnya. Flash card dapat meningkatkan optimalisasi otak kanan sehingga mempermudah anak untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris: reading, listening, speaking, dan writing.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggani Sudono, Agus F. Tangyong, Etty Sisdiana Vijaya, Fawzia Aswin Hadis, F. Pangemanan, M. Moeslim, Syarifah

Akrab, Sumiarti Padmonodewo. Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Grasindo

Aniath, Sri. 2008. Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Balai Pustaka.

Janu Arseto. 2009. Skripsi: Pengaruh Penggunaan Flash Card terhadap Penguasaan Vocabulary pada Siswa Sekolah

Dasar Kelas V SDN Muarareja 01 dan 02 Tegal Tahun Pelajaean 2008/2009.

Semiawan, Conny. 2008. Belajar dan Pembelajaran Prasekolah dan Sekolah Dasar. Jakarta: PT. Indeks.

Suyanto, Kasihani, K.E. 2007.English for Young Learners. Jakarta: Bumi Aksara.

Suyanto, Kasihani, K.E. 2006.Learning by Doing. Bandung: Grafindo Media Pratama.

Tadkiroatun Masfiroh. 2008. Menumbuhkembangkan Baca Tulis anak usia dini. Jakarta: Grasindo

Thursana Hakim. Cara Termudah Membuat Kalimat Percakapan Bahasa Inggris. Jakarta: Kawan Pustaka.

http://konsultasipsiko.blogspot.com/2009/09/apa-itu-flashcard.html

http://www.kartubacaflashcard.com/

http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/Artikel%20Flash%20Card.pdf

http://balitacerdas.com/new/flash-card/

http://www.edugames.com/index.php?Ref=Bobby%20Bola/bb19.php&Title=Flash%20Card&rss=919127858baa27292d04aacd1a3981e9

http://kamissore.blogspot.com/2009/04/belajar-dengan-flash-card.html

http://www.melindahospital.com/modul/user/detail_artikel.php?id=1927_Manfaat-Bermain-Flash-Card-

http://kerockan.blogspot.com/2009/11/manfaat-dan-kegunaan-flash-card-untuk.html

http://suhendra-mediapembelajaran.blogspot.com/2012/05/manfaat-flash-cards-dalam-proses.html

http://blog.elearning.unesa.ac.id/dewi-rima-arfatiningsih/pengertian-dan-karateristik-anak-usia-dini

Published

2010-01-01

How to Cite

Akiriningsih, T., & Aditya Sari, J. (2010). Manfaat Flash Card Bagi Anak Usia Dini Dalam Penguasaan Bahasa Inggris. Jurnal Pariwisata Indonesia, 5(2), 33–38. Retrieved from http://jurnal.stpsahidsurakarta.ac.id/index.php/JPI/article/view/75

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2