Peranan Promosi Terhadap Tingkat Kunjungan Wisatawan di Ndayu Alam Asri Kabupaten Sragen

Authors

  • Sunyoto Sunyoto Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Surakarta

Keywords:

peranan, promosi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana peranan promosi dan media promosi yang digunakan dalam meningkatkan kunjungan wisatawan di Ndayu Alam Asri. Data diperoleh dari dua sumber yaitu data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, interview, kajian pustaka dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan peneliti adalah deskriptif kualitatif yaitu dengan mendepenelitiankan semua data yang diperoleh untuk mengidentifikasikan jawaban dari permasalahan yang ada dan dengan menggunakan analisis SWOT. Dari hasil penelitian tampak bahwa peranan promosi dan media promosi yang digunakan dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan. Terbukti dari data jumlah kunjungan wisatawan pada semester pertama tahun 2008 dan semester kedua tahun 2009 mengalami kenaikan yang sangat tajam 300%, yaitu dari jumlah kunjungan 3.651 orang menjadi 12.570 orang. Peningkatan jumlah kunjungan ini disebabkan karena peran promosi yang dilakukan melalui media promosi terbukti sangat efektif. Sesuai dengan judul penelitian di atas peranan promosi terbukti dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan di Ndayu Alam Asri.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Gitosudarmo, Indriyo. 1999. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: BPFE.

Kodhyat & Ramaini. 1992. Kamus Pariwisata dan Perhotelan. Jakarta: Rasindo.

Kotler, Philip. dkk. 2002. Pemasaran Perhotelan dan Kepariwisataan. Edisi kedua. Jakarta: PT Prenhallindo.

Kotler, Philip. 1997. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Prenhallindo.

Kusmayadi Ir. Sugiarto, Endar Ir MM. 2000. Metodologi Penelitian Dalam Bidang Kepariwisataan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Marpaung, Happy. 2000. Pengetahuan Kepariwisataan. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Marwan Asri, Drs, MBA. 1991. Marketing. Yogyakarta: AMP YKPN.

Poerwadarminta, W.J.S. 2006. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Edisi ke 3. Jakarta. Balai Pustaka.

Rangkuty, Freddy. 2006. Analisis SWOT : Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

R.G Soekadijo. 1997. Anatomi Pariwisata. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Soehartono, Irawan DR. 2002. Metode Penelitian Sosial. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiarto, dkk. 2003. Teknik Sampling. Jakarta. PT Gramedia Pustaka Utama.

Sukarsa, I Made. 1999. Pengantar Pariwisata. Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan Badan Kerjasama Perguruan Tinggi Indonesia Timur. Denpasar.

UU RI No. 10 tahun 2009. Tentang Kepariwisatan. Departemen Budpar Biro Perencanaan dan Hukum.

Yoeti, Oka A. 2008. Ekonomi Pariwisata. Jakarta: Penerbit Kompas.

Yoeti, Oka A. 1996. Perencanaan dan Pengembangan Pariwisata. Jakarta: Pradnya Paramita.

Yoeti, Oka A, 2007. Profil Potensi & Peluang Investasi di Kabupaten Sragen. Sragen: Pemda Kab Sragen.

Http ://www.ndayualamasri@hotmail.com, 17.23 WIB, 10 Mei 2009.

Published

2009-06-01

How to Cite

Sunyoto, S. (2009). Peranan Promosi Terhadap Tingkat Kunjungan Wisatawan di Ndayu Alam Asri Kabupaten Sragen. Jurnal Pariwisata Indonesia, 5(1), 36–47. Retrieved from http://jurnal.stpsahidsurakarta.ac.id/index.php/JPI/article/view/66

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>