Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Tamu Dalam Pembelian Jasa Akomodasi di Kusuma Sahid Prince Hotel
Keywords:
product, price, promotion, customer service, keputusan pembelianAbstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui analisis faktor yang mempengaruhi keputusan tamu dalam pembelian jasa akomodasi di Kusuma Sahid Prince Hotel. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data antara lain observasi, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Setelah mengumpulkan data, selanjutnya data dianalisis dengan metode kualitatif secara deskriptif. Dalam sebuah perusahaan jasa, khususnya bidang perhotelan terdapat elemen yang mempengaruhi penjualan jasa tersebut, diantaranya adalah product, price, promotion dan customer service. Dengan menggunakan kuesioner untuk mengetahui evaluasi pembelian jasa akomodasi di Kusuma Sahid Prince Hotel maka dapat diketahui bahwa tanggapan tamu mengenai product adalah baik 8 responden (80%) dan kategori cukup baik hanya 2 responden (20%). Tanggapan tamu mengenai price adalah baik 6 responden (60%) dan kategori cukup baik 4 responden (40%). Tanggapan tamu mengenai promotion adalah baik 5 responden (50%), cukup baik 3 responden (30%) dan kurang baik 2 responden (20%). Tanggapan tamu mengenai customer service adalah sangat baik 2 responden (20%), baik 7 responden (70%), dan cukup baik 1 responden (10%). Tanggapan tamu mengenai evaluasi keputusan pembelian jasa akomodasi di Kusuma Sahid Prince Hotel adalah sangat setuju 3 responden (30%) dan baik 7 responden (70%). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa tanggapan tamu mengenai product adalah baik, mengenai price adalah baik, mengenai promotion adalah baik dan mengenai customer service adalah baik. Dari hasil tersebut maka terdapat pengaruh dari bauran pemasaran terhadap evaluasi pembelian jasa akomodasi di Kusuma Sahid Prince Hotel.
Downloads
References
Cooper, Donald R & C William Emory, 1996. Metode Penelitian Bisnis. Jilid I Terjemahan Ellen G Sitompul dan Imam Nurmawan. Edisi V. Jakarta: Erlangga
Cooper, Donald R & C William Emory, 1996. Metode Penelitian Bisnis. 11. Terjemahan Ellen G Sitompul dan Imam Nurmawan. Edisi V. Jakarta: Erlangga
Dimyati, Aan Surachman. 1989. Pengetahuan Dasar Perhotelan. Jakarta- Deviri Ganan
Djanvanto dan Pangestu Subagyo, 1994. Statistik Induktif. BPEF: UGM
Fngel, James F, Roger. Blackwell and Paul W. Mmiard. 1994. Perilaku Konsumen. Jilid I. Terjemahan TX Budivanto. Edisi VI. Jakarta: Binarupa Aksara
Fakultas Ekonomi UNS. 2003. Buku Pedoman Penyusunan Skripsi. UNS
Koller Philip. 1995 Manajemen.pemasaran: Analisis Prencanaan Implementasi dan Pengendalian Jilid I. Terjemahan Abcella A. Hermawan. Edisi VII. Jakarta: Salemba Empat
Kotler, Philip. 1995. Manajemen.pemasaran: Analisis Prencanaan Implementasi dan Pengendalian Jilid. II. Terjemahan Abcella A. Hermawan. Edisi VII. Jakarta: Jakarta: Salemba Empat
Kotler, Philip. 2000. Marketing Management New Jersey: Prentice Hall
Payne, Adrian. 1993. Pemasaran Jasa. Terjemahan Fandy Z jiptano. Edisi I. Yogyakarta: Andi Offset
Rina, S. 1999. Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Konsumen Terhadap Hotel Sejahtera di Kaliurang Jogja, Jurnal UGM
Rambat. 2001. Management Jasa. Jakarta: Salemba Empat
Santosa. Singgih. 2002. Mengolah Data Statistik Secara Profesional. Jakarta: PT.Elex media Komputindo
Sekaran, Uma. 2000. Research Methods for Business. John Wiley & Sons,inc
Stanton, William J. 1998. Prinsip Prinsip Pemasaran. Jilid 1. Terjemahan Yohanes Lamarto. Edisi VII. Jakarta: Erlangga
Sugiyono. 2002, Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta
Sumodiningrat, Gunawan. 2001. Ekonometrika Pengantar. Yogyakarta: BPFE
Sutisna, 2003, Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Jakarta: PT Remaja Rosdakarya¬
Tjiptono, Fandy. 1996. Manajemen Jasa. Yogyakarta: Audi Offset¬
Umar, Husein, Metode Penelitian Untuk Skirpsi dan Tesis Bisnis. Jakarta PT. Raja Grafindo Persada
Zain, Sumarni. 1995 Ekonometrika Dasar, terjemahan dari Damodar Gularati. Jakarta: Erlangga
Zikmund, William G. 2000. Business Research Methods. Orlando: Harcourt Inc