Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Tamu Dalam Pembelian Jasa Akomodasi di Kusuma Sahid Prince Hotel

Authors

  • B Rjang Pranggalaya Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Surakarta
  • Sunyoto Sunyoto Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Surakarta

Keywords:

product, price, promotion, customer service, keputusan pembelian

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui analisis faktor yang mempengaruhi keputusan tamu dalam pembelian jasa akomodasi di Kusuma Sahid Prince Hotel. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data antara lain observasi, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Setelah mengumpulkan data, selanjutnya data dianalisis dengan metode kualitatif secara deskriptif. Dalam sebuah perusahaan jasa, khususnya bidang perhotelan terdapat elemen yang mempengaruhi penjualan jasa tersebut, diantaranya adalah product, price, promotion dan customer service. Dengan menggunakan kuesioner untuk mengetahui evaluasi pembelian jasa akomodasi di Kusuma Sahid Prince Hotel maka dapat diketahui bahwa tanggapan tamu mengenai product adalah baik 8 responden (80%) dan kategori cukup baik hanya 2 responden (20%). Tanggapan tamu mengenai price adalah baik 6 responden (60%) dan kategori cukup baik 4 responden (40%). Tanggapan tamu mengenai promotion adalah baik 5 responden (50%), cukup baik 3 responden (30%) dan kurang baik 2 responden (20%). Tanggapan tamu mengenai customer service adalah sangat baik 2 responden (20%), baik 7 responden (70%), dan cukup baik 1 responden (10%). Tanggapan tamu mengenai evaluasi keputusan pembelian jasa akomodasi di Kusuma Sahid Prince Hotel adalah sangat setuju 3 responden (30%) dan baik 7 responden (70%). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa tanggapan tamu mengenai product adalah baik, mengenai price adalah baik, mengenai promotion adalah baik dan mengenai customer service adalah baik. Dari hasil tersebut maka terdapat pengaruh dari bauran pemasaran terhadap evaluasi pembelian jasa akomodasi di Kusuma Sahid Prince Hotel.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cooper, Donald R & C William Emory, 1996. Metode Penelitian Bisnis. Jilid I Terjemahan Ellen G Sitompul dan Imam Nurmawan. Edisi V. Jakarta: Erlangga

Cooper, Donald R & C William Emory, 1996. Metode Penelitian Bisnis. 11. Terjemahan Ellen G Sitompul dan Imam Nurmawan. Edisi V. Jakarta: Erlangga

Dimyati, Aan Surachman. 1989. Pengetahuan Dasar Perhotelan. Jakarta- Deviri Ganan

Djanvanto dan Pangestu Subagyo, 1994. Statistik Induktif. BPEF: UGM

Fngel, James F, Roger. Blackwell and Paul W. Mmiard. 1994. Perilaku Konsumen. Jilid I. Terjemahan TX Budivanto. Edisi VI. Jakarta: Binarupa Aksara

Fakultas Ekonomi UNS. 2003. Buku Pedoman Penyusunan Skripsi. UNS

Koller Philip. 1995 Manajemen.pemasaran: Analisis Prencanaan Implementasi dan Pengendalian Jilid I. Terjemahan Abcella A. Hermawan. Edisi VII. Jakarta: Salemba Empat

Kotler, Philip. 1995. Manajemen.pemasaran: Analisis Prencanaan Implementasi dan Pengendalian Jilid. II. Terjemahan Abcella A. Hermawan. Edisi VII. Jakarta: Jakarta: Salemba Empat

Kotler, Philip. 2000. Marketing Management New Jersey: Prentice Hall

Payne, Adrian. 1993. Pemasaran Jasa. Terjemahan Fandy Z jiptano. Edisi I. Yogyakarta: Andi Offset

Rina, S. 1999. Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Konsumen Terhadap Hotel Sejahtera di Kaliurang Jogja, Jurnal UGM

Rambat. 2001. Management Jasa. Jakarta: Salemba Empat

Santosa. Singgih. 2002. Mengolah Data Statistik Secara Profesional. Jakarta: PT.Elex media Komputindo

Sekaran, Uma. 2000. Research Methods for Business. John Wiley & Sons,inc

Stanton, William J. 1998. Prinsip Prinsip Pemasaran. Jilid 1. Terjemahan Yohanes Lamarto. Edisi VII. Jakarta: Erlangga

Sugiyono. 2002, Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Sumodiningrat, Gunawan. 2001. Ekonometrika Pengantar. Yogyakarta: BPFE

Sutisna, 2003, Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Jakarta: PT Remaja Rosdakarya¬

Tjiptono, Fandy. 1996. Manajemen Jasa. Yogyakarta: Audi Offset¬

Umar, Husein, Metode Penelitian Untuk Skirpsi dan Tesis Bisnis. Jakarta PT. Raja Grafindo Persada

Zain, Sumarni. 1995 Ekonometrika Dasar, terjemahan dari Damodar Gularati. Jakarta: Erlangga

Zikmund, William G. 2000. Business Research Methods. Orlando: Harcourt Inc

Published

2013-06-01

How to Cite

Rjang Pranggalaya, B., & Sunyoto, S. (2013). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Tamu Dalam Pembelian Jasa Akomodasi di Kusuma Sahid Prince Hotel. Jurnal Pariwisata Indonesia, 8(2), 51–76. Retrieved from http://jurnal.stpsahidsurakarta.ac.id/index.php/JPI/article/view/103

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>