Pengaruh Kualitas Makanan Terhadap Kepuasan Tamu di Ratu Ratih Caffe Hotel Sahid Jaya Solo
Keywords:
Kualitas Makanan , kepuasan tamuAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas makanan terhadap kepuasan tamu di Hotel Sahid Jaya Solo Guna meningkatkan kepuasan tamu.Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus penelitian yaitu mengambil satu obyek tertentu untuk dianalisa secara mendalam dengan memfokuskan pada satu masalah.Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder.Data primer dikumpulkan melalui angket dan observasi secara langsung dengan pihak tamu hotel (pelanggan) Hotel Sahid Jaya Solo, sedangkan data sekunder diperoleh dari buku maupun sumber lainnya. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas makanan, Hotel Sahid Jaya Solo dalam kategori baik, hal ini tampak dari pandangan yang baik dari konsumen tentang penampilan fisik hotel, keterjangkauan lokasi, kondisi, fisik, konsumsi makanan yang diberikan jaminan keamanan dan bentuk perhatian serta pemberian informasi yang jelas dengan penuh kedisiplinan. Kualitas yang dirasakan oleh konsumen memberikan dampak positif pada keinginan konsumen untuk mengunjungi kembali, bahkan merekomendasikan pada orang lain serta dengan adanya kualitas yang baik dalam pemberian produk menimbulkan kepuasan bagi konsumen (tamu).
Downloads
References
Akademi Pariwisata Sahid Surakarta. 2000. Caffe and Main Kitchen. Surakarta: APSS
Akademi Pariwisata Sahid Surakarta. 2000. Kitchen Operasional. Surakarta: APSS
Grenne, Melvyn. 1987. Restaurant Hotels. London
Iskandar, H. Mahdi. 1995. Teori Pengolahan Makanan. Jakarta: PT Grasindo Gramedia Pustaka Indonesia
Keputusan Menteri Pariwisata pos dan Telekomunikasi no KN 73 / PW 105 / MPPT 85
Kep. Menteri Parpostel no (km 94/HK 103/MPPT 1987) Pengertian Hotel
Kotler and Amstrong. 2001. Kepuasan Konsumen. APSS
Kusmayadi, dkk. 2000. Mengumpulkan Data dan Menggambarkan Objek Penelitian. Jakarta: PT Gramedia Pustaka
Kusmayadi. 2000. Berdasarkan Hasil Kajian Kepustakaan Pengembangan. Jakarta: Gramedia Pustaka
Lawson. 1979. Syarat Pembayaran Pelayanan Jasa Kamar, Penyediaan Makanan dan Minuman. Jakarta: PT Grasindo
Nawan, Agus dan Sujatno, Bambang. 2004. Tentang Tingkat Kepuasan Para Tamu. Jakarta: APSS
Sihite, Ricard. 1995. Food Product Dasar – Dasar Tata Boga. Jakarta: PT Grasindo Gramedia Widiansarana Indonesia
SK Menteri pariwisata dan Telekomunikasi No. KM 34 / HK.103/MPPT 87
Sihite, Richard. 2000. Food and Beverage Department bertanggung jawab atas Penyediaan Makanan. APSS.
Sunarno, Adi. 2006. Mengatasi Complaint. APSS.
Syamsul, Rijal. 2000. Pengertian Dapur. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
Zeithaml & Bitner. 2000. Definisi Kepuasan Tamu (Pelanggan). Jakarta: APSS
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Candra Tri Mulyani, Sunyoto Sunyoto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.