PERANAN RESEPSIONIS DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN DI THE SUNAN HOTEL SOLO

Authors

  • Albertus Bayu Pinongo Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Surakarta
  • Budi Purnomo Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Surakarta
  • Sumarman Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Surakarta

Keywords:

Peranan Resepsionis, Kualitas Pelayanan di The Sunan Hotel Solo.

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui peranan resepsionis dalam meningkatkan kualitas pelayanan check-in di The Sunan Hotel Solo, peranan resepsionis dalam meningkatkan kualitas pelayanan check-out di The Sunan Hotel Solo, peranan resepsionis dalam meningkatkan kualitas pelayanan informasi di The Sunan Hotel Solo, peranan resepsionis dalam meningkatkan kualitas penanganan complaint di The Sunan Hotel Solo. Metode penelitian yang digunakan dalam
penelitian ini adalah sebagai berikut :metode pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dokumentasi atau kepustakaan dan kuesioner. Metode analisa data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif yaitu memberikan gambaran dan uraian tentang peranan Resepsionis dalam meningkatkan kualitas pelayanan di The Sunan Hotel Solo. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat diperoleh informasi bahwa peranan Resepsionis merupakan kegiatan
meningkatkan kualitas pelayanan melalui pelayanan check-in, check-out, informasi dan penanganan complaint. Dari hasil penelitian dan pembahasan dapat ditarik kesimpulan bahwa Resepsionis dalam meningkatkan kualitas pelayanan di The Sunan Hotel Solo berupa pemberian pelayanan kepada tamu yang check-in, check-out, pemberian informasi dan penanganan complaint.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurrahman, Maman dan Muhidin, Sambas Ali, 2011. Panduan Praktis Memahami Penelitian (Bidang Sosial-Administrasi-Pendidikan); Bandung: CV. Pustaka Setia.

Azwar, Saifuddin, 2012. Metode Penelitian; Cetakan XIII; Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bagyono. 2006. Teori dan Praktik Front Office; Bandung: Alfabeta.

Published

2023-03-05

How to Cite

Bayu Pinongo, A. ., Purnomo, B. ., & Sumarman. (2023). PERANAN RESEPSIONIS DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN DI THE SUNAN HOTEL SOLO. Jurnal Pariwisata Indonesia, 11(2). Retrieved from http://jurnal.stpsahidsurakarta.ac.id/index.php/JPI/article/view/333

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>