Upaya Promosi Kesenian Tari Gending Sriwijaya Sebagai Objek dan Daya Tarik Wisata Budaya di Kota Palembang Sumatera Selatan

Authors

  • Arifah Inayah Wulandari Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Surakarta
  • Budi Purnomo Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Surakarta
  • Michelle Risha Purwanty S Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Surakarta

Keywords:

Upaya Promosi, Tari Gending Sriwijaya, Wisata Budaya

Abstract

Kesenian Tari Gending Sriwijaya merupakan tari sambut yang dimiliki oleh Provinsi Sumatera Selatan. Keunikan dan kemewahan yang melekat pada kesenian ini sarat dengan sejarah yang menjadikannya sangat menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Bentuk upaya promosi kesenian tari Gending Sriwijaya yang dilakukan oleh Dinas Kesenian Sumatera Selatan, (2) Faktor-faktor yang menjadi kendala dalam mempromosikan kesenian tari Gending Sriwijaya, dan (3) Upaya pengembangan potensi kesenian tari Gending Sriwijaya. Metode yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dengan disertai beberapa analisis lainnya seperti pendekatan 4A, analisis SWOT dan Matriks SWOT. Dari hasil pengolahan data, maka didapatkan hasil (1) Potensi yang dimiliki kesenian Tari Gending Sriwijaya dapat ditemukan dalam gerak dan latar belakang yang mengikutinya, (2) Kendala yang ditemukan dalam promosi kesenian Tari Gending Sriwijaya dapat ditanggulangi dengan mengoptimalkan sumber daya, serta (3) Upaya promosi yang dilakukan dengan cara memanfaatkan teknologi serta pengadaan pagelaran seni baik nasional maupun internasional. Hasil analisis data yang diolah dalam pembahasan disimpulkan bahwa kesenian tari Gending Sriwijaya memiliki potensi besar sebagai objek dan daya tarik wisata budaya dan juga mampu bersaing dengan kesenian lainnya. Disisi lain kesenian ini memiliki nilai pendidikan yang tinggi terhadap sejarah masa lampau.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anonim, 2008. Perencanaan dan Pengembangan Pariwisata. Cetakan kedua: Jakarta: Pradnya Paramita.

Basu, Swastha DH, 1999. Azas-Azas Marketing. Yogyakarta: Penerbit Liberty.

Buchari, Alma. 2006. Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Instruksi Presiden No. 16 Tahun 2005 tentang Kebijakan Pembangunan Kebudayaan dan Pariwisata.

Johan, Hanafiah. 2002. Makalah Untuk Diskusi Panel Kebudayaan. Badan Pariwisata Sumatera Selatan.

Kotler, Philip. 1996. Marketing. Jilid 1 (Edisi Bahasa Indonesia dari Marketing Esential). Diterjemahkan oleh : Penerbit Erlangga.

Kusumaningrum, Dian. 2009. Persepsi Wisatawan Nusantara Terhadap Daya Tarik Wisata Di Kota Palembang. Tesis PS. Magister Kajian Pariwisata. Universitas Gajah Mada.

Marpaung, Happy. 2000. Pengetahuan Kepariwisataan. Bandung: Alfabeta.

Spillane, James J. 1994. Pariwisata Indonesia Siasat Ekonomi dan Rekayasa Kebudayaan. Yogyakarta: Kanisius.

Sugiyono. 2009. Metodelogi Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Undang-Undang No. 10 Tahun 2009 tentang Kepariwisataan.

Wallace, Alfred Russel. 2015. Sejarah Nusantara The Malay Archipelago. Yogyakarta: Indolitersi Group.

WTO. 1980. Social ans Cultural impact of Touris Movements. World Tourism Organization. Madrid: WTO (Dikutip oleh Richardson & Flicker. 2004:6).

Yoeti, Oka A. 1993. Pengantar Ilmu Pariwisata. Bandung: Angkasa.

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Sumatera_Selatan/2015

http://tamanismailmarzuki/tokoh.co.id/tokoh/kumari.html

http://balitbangnovdasumsel.com/warisanbudaya/budaya/9

www.sumselprov.go.id/mobile/index.php?module=content&id=1

http://m-aulia-r.blogspot.com/?m=1/2015

Published

2015-06-01

How to Cite

Inayah Wulandari, A., Purnomo , B., & Risha Purwanty S, M. (2015). Upaya Promosi Kesenian Tari Gending Sriwijaya Sebagai Objek dan Daya Tarik Wisata Budaya di Kota Palembang Sumatera Selatan. Jurnal Pariwisata Indonesia, 11(1), 29–39. Retrieved from http://jurnal.stpsahidsurakarta.ac.id/index.php/JPI/article/view/197

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>