Optimalisasi Peran Public Area Attendant Terhadap Tingkat Produktivitas Kerja Pada Housekeping Department di Hotel Santika Premier Semarang
Keywords:
Area Attendant, Tingkat Produktivitas KerjaAbstract
Penulis melakukan penelitian ini (1) Untuk mengetahui sejauh mana faktor tanggung jawab berpengaruh terhadap tingkat produktivitas kerja, (2) Untuk mengetahui sejauh mana faktor kerja sama antar housekeeping department berpengaruh terhadap tingkat produktivitas kerja, (3) Untuk mengetahui sejauh mana faktor kemampuan kerja berpengaruh terhadap tingkat produktivitas kerja, (4) Untuk mengetahui sejauh mana faktor disiplin kerja berpengaruh terhadap tingkat produktivitas kerja pelayanan Public Area Attendant di Hotel Santika Premiere Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah Public Area Attendant Hotel Santika Premiere Semarang. Cara pengambilan sampel dilakukan dengan sampel bertujuan (purposive sampling) yang berjumlah 15 orang Public Area Attendant Hotel Santika Premiere Semarang. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menyebutkan bahwa semakin baik Public Area Attendant semakin baik tingkat kepuasan tamu hotel. Berdasarkan kuesioner penelitian, sebanyak 100% responden menjawab ya, tentang tanggung jawab karyawan atau trainee selalu baik, sebanyak 93% responden menjawab ya, tentang kerja sama antar karyawan terhadap tingkat produktivitas kerja, sebanyak 66,6% responden menjawab ya, tentang kemampuan kerja terhadap tingkat produktivitas kerja, 66,6% responden menjawab ya, tentang disiplin kerja terhadap tingkat produktivitas kerja, 53,3 % responden menjawab ya, tentang luas area yang dikerjakan terhadap tingkat produktivitas kerja, 40 % reponden menjawab ya, tentang hasil kerja terhadap tingkat produktivitas kerja. Kesimpulan penelitian ini bahwa peran dari Public Area Attendant berpengaruh terhadap tingkat produktivitas kerja di Housekeeping Department Hotel Santika Premiere melalui peningkatan tanggung jawab, kerja sama antar karyawan Public Area Attendant, kemampuan kerja dan disiplin kerja.
Downloads
References
Agusnawar.2002. Tata Graha Hotel (Housekeeping Operation).Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Darsono, Agustinus. 1995. Tata Graha Hotel (Housekeeping). Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia
Hassibuan, Melayu S.P. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Ghalia Indonesia
Kadarsan, Dandi.2005. Implikasi Kinerja Houseman dalam Meningkatkan Citra Hotel Sahid Raya Solo. Surakarta: STP SAHID.
Kanavaugh R. R. and Nineman, J.D. 1995.Human Resources Supervision In The Hospitality Industry. Michigan: AHMA.
Kusmayadi dan Sugiarto, S. 2000. Metodologi Penulisan dalam Bidang Kepariwisataan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Kusmayadi, Ir dan Sugiarto, Endar, Ir,MM. 2000. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama.
Marpaung, Happy. Pengetahuan Kepariwisataan, 2000. Bandung : Alfabeta
Metode Penelitian, http://www.geocities.com/raihan_rosse/Metode Penelitian. htm.
Indonesia,16-17 Desember 1991.PengukuranVariabel-dalamPenelitian
Sihite, Richard, 2000. Sales Marketing. Surabaya. SIC
Perwani, S.Y. 2001. Housekeeping untuk Akademi Perhotelan MakeUp Room. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Sugiarto, Endar. Psikologi Pelayanan Dalam Industri Jasa.
Sulistyono, Agus, 1999. Managemen Penyelenggaraan Hotel.Bandung
Soegiarto, EndardanSuhartiningrum, Sri, 1995. Jakarta: BumiAksara.
Sugiarto, 2001, Teknik Sampling. Jakarta: PT. GramediaPustakaUtama.
www.ikom.unsri.ac.id/dosen/hartini/materi/vikuesioner
Young, dikutip oleh Koentjarangningrat, 1991:23, Definisi Operasional Variabel penelitian, defoter.blogspot.com