Studi Tentang Pengaruh Tingkat Pengalaman Kerja Terhadap Tingkat Kualitas Pelayanan Bagi Waiter Waitress Food And Beverage Service di Promenade Restoran Hotel Saphir Yogyakarta

Authors

  • Denny Asmara Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Surakarta
  • Alip Suroto Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Surakarta
  • A Tri Puji Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Surakarta

Keywords:

pengalaman kerja, kualitas pelayanan

Abstract

Metode atau teknik pengumpulan data, menggunaan populasi dan sampel, teknik pengumpulan data, sumber data, dan teknik analis data. Berdasarkan variabel (X – Y) dan beberapa teori yang digunakan dibuat hipotesa. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui tingkat kualitas pelayanan waiter waitress dengan pengalaman kerja 1 tahun sampai 3 tahun, (2) pengalaman kerja 4 tahun sampai 6 tahun, (3) pengalaman kerja 7 tahun sampai 9 tahun. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) kecepatan kerja berpengaruh terhadap tingkat kualitas pelayanan, (2) ketepatan kerja berpengaruh terhadap tingkat kualitas pelayanan, (3) kenyamanan kerja berpengaruh terhadap tingkat kualitas pelayanan, (4) kerapian kerja berpengaruh terhadap tingkat kualitas pelayanan. Kesimpulan penelitian ini bahwa tingkat pengalaman kerja berpengaruh terhadap tingkat pelayanan bagi waiter waitress food and beverage service di Promenade Restoran Hotel Saphir Yogyakarta, melalui kecepatan kerja, ketepatan kerja, kenyamanan kerja dan kerapian kerja. Berdasarkan kuesioner penelitian sebanyak 50% responden menjawab ya, tentang pengaruh kecepatan kerja terhadap tingkat kualitas pelayanan, sebanyak 25% responden menjawab ya, tentang pengaruh ketepatan kerja terhadap tingkat kualitas pelayanan, sebanyak 43% responden menjawab ya, tentang pengaruh kerapian kerja terhadap tingkat kualitas pelayanan, sebanyak 57% responden menjawab ya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

AHMA (American Hotel and Motel Association)

Kamus Besar Bahasa Indonesia, Penerbit Balai Pustaka, Jakarta

Kamus Besar Bahasa Indonesia, Penerbit Difa Publisher, Surabaya

Marsum, W.A. 2001. Pengertian Pariwisata. Bandung: Angkasa

Merril, Reigeluth. 1979. Pengertian Kecepatan Kerja. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

SK Menparpostel No.Km 94/HK/MPPT. 1986

SK Menhub No. PM/PW.301/PH.77.1987

Sihite, Richard. 2000. Food Service. Surabaya: SIC

Singarimbun, Masri, dan Effendi, Sofian. 1982. Metode Penelitian Survei. Jakarta: LP3ES

Sugiarto, Endar. 2002. Psikologi Pelayanan dalam Industri Jasa. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Surahman, dimyati aan.1990. Departemen Food and Beverage Service. Jakarta

Wardiyanto. 2006. Metode Penelitian Pariwisata. Yogyakarta: Andi Offset.

www.google.com web/html

Yoeti, Oka A. 1996. Pengantar Ilmu Pariwisata. Bandung: Angkasa

Yoeti, Oka A. 2001. Strategi Pemasaran Hotel. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Published

2011-06-01

How to Cite

Asmara, D., Suroto, A., & Tri Puji, A. (2011). Studi Tentang Pengaruh Tingkat Pengalaman Kerja Terhadap Tingkat Kualitas Pelayanan Bagi Waiter Waitress Food And Beverage Service di Promenade Restoran Hotel Saphir Yogyakarta. Jurnal Pariwisata Indonesia, 7(1), 19–42. Retrieved from http://jurnal.stpsahidsurakarta.ac.id/index.php/JPI/article/view/94

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2