Studi Tentang Pengaruh Tingkat Pengalaman Kerja Terhadap Tingkat Kualitas Pelayanan Bagi Waiter Waitress Food And Beverage Service di Promenade Restoran Hotel Saphir Yogyakarta
Keywords:
pengalaman kerja, kualitas pelayananAbstract
Metode atau teknik pengumpulan data, menggunaan populasi dan sampel, teknik pengumpulan data, sumber data, dan teknik analis data. Berdasarkan variabel (X – Y) dan beberapa teori yang digunakan dibuat hipotesa. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui tingkat kualitas pelayanan waiter waitress dengan pengalaman kerja 1 tahun sampai 3 tahun, (2) pengalaman kerja 4 tahun sampai 6 tahun, (3) pengalaman kerja 7 tahun sampai 9 tahun. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) kecepatan kerja berpengaruh terhadap tingkat kualitas pelayanan, (2) ketepatan kerja berpengaruh terhadap tingkat kualitas pelayanan, (3) kenyamanan kerja berpengaruh terhadap tingkat kualitas pelayanan, (4) kerapian kerja berpengaruh terhadap tingkat kualitas pelayanan. Kesimpulan penelitian ini bahwa tingkat pengalaman kerja berpengaruh terhadap tingkat pelayanan bagi waiter waitress food and beverage service di Promenade Restoran Hotel Saphir Yogyakarta, melalui kecepatan kerja, ketepatan kerja, kenyamanan kerja dan kerapian kerja. Berdasarkan kuesioner penelitian sebanyak 50% responden menjawab ya, tentang pengaruh kecepatan kerja terhadap tingkat kualitas pelayanan, sebanyak 25% responden menjawab ya, tentang pengaruh ketepatan kerja terhadap tingkat kualitas pelayanan, sebanyak 43% responden menjawab ya, tentang pengaruh kerapian kerja terhadap tingkat kualitas pelayanan, sebanyak 57% responden menjawab ya.
Downloads
References
AHMA (American Hotel and Motel Association)
Kamus Besar Bahasa Indonesia, Penerbit Balai Pustaka, Jakarta
Kamus Besar Bahasa Indonesia, Penerbit Difa Publisher, Surabaya
Marsum, W.A. 2001. Pengertian Pariwisata. Bandung: Angkasa
Merril, Reigeluth. 1979. Pengertian Kecepatan Kerja. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
SK Menparpostel No.Km 94/HK/MPPT. 1986
SK Menhub No. PM/PW.301/PH.77.1987
Sihite, Richard. 2000. Food Service. Surabaya: SIC
Singarimbun, Masri, dan Effendi, Sofian. 1982. Metode Penelitian Survei. Jakarta: LP3ES
Sugiarto, Endar. 2002. Psikologi Pelayanan dalam Industri Jasa. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
Surahman, dimyati aan.1990. Departemen Food and Beverage Service. Jakarta
Wardiyanto. 2006. Metode Penelitian Pariwisata. Yogyakarta: Andi Offset.
www.google.com web/html
Yoeti, Oka A. 1996. Pengantar Ilmu Pariwisata. Bandung: Angkasa
Yoeti, Oka A. 2001. Strategi Pemasaran Hotel. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.