Pengaruh Penerapan Rekayasa Menu Terhadap Tingkat Penjualan di Restoran Epice Hotel Alila Solo

Authors

  • Dendy Dwian Husada Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Surakarta
  • Denny Asmara Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Surakarta
  • Alip Suroto Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Surakarta

Keywords:

rekayasa menu, tingkat penjualan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Penerapan Rekayasa Menu  Terhadap Tingkat Penjualan Di Restoran Epice Hotel Alila Solo. Jenis penelitian yang digunakan dalam  penyusunan Skripsi ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini  adalah seluruh staf restoran dengan jumlah sampel 3 orang yaitu Food & Beverage Manager,  Executive Chef, dan Food & Beverage Supervisor. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini  diperoleh dari wawancara, observasi dan studi pustaka. Teknik analisis yang digunakan dalam  penelitian ini adalah menggunakan teknik trianggulasi. Dari hasil penelitian ini dapat dijabarkan bahwa  mengetahui klasifikasi menu Star dapat menentukan strategi marketing untuk meningkatkan penjualan.  Mengetahui klasifikasi menu Plowhorse dapat menentukan strategi marketing untuk meningkatkan  penjualan. Mengetahui klasifikasi menu Puzzle dapat menentukan strategi marketing untuk  meningkatkan penjualan. Mengetahui klasifikasi menu Dog dapat menentukan strategi marketing untuk  meningkatkan penjualan. Hal tersebut dapat dilihat dari jawaban responden terhadap klasifikasi menu  dari hasil rekayasa menu. Jadi dapat disimpulkan bahwa klasifikasi menu dari hasil rekayasa menu  yaitu Star, Plowhorse, Puzzle dan Dog mempengaruhi tingkat penjualan restoran yaitu dari segi tingkat  penjualan makanan maupun tingkat kedatangan tamu.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A.W Marsum. 2005. Restoran dan Segala Permasalahannya. Edisi Empat. Yogyakarta: Andi.

Hamidi. 2004. Metode Penelitian Kualitatif. Malang: UMM Pres. Moleong, Lexy. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Penerbit PT.

Remaja Rosdakarya. Kasavana, M.L. 1983. Computer systems for Food Service Operations. Hospitality Publication Inc: Miami.

Kasavana, M.L. & Donald, I. 1982. A Practical Guide to Menu Analysis. Hospitality Publication Inc: Miami.

Kasavana, M.L. & Donald, I. 1984. Menu Engineering. Hospitality Publication Inc: Miami.

Kotler, P. dan Amstrong, G. 2001. Principles of Marketing. Edisi Sembilan. New Jersey: Prentice Hall.

Kotler, Philip dan Keller. 2008. Manajemen Pemasaran. Edisi Ketigabelas. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Margono. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta. Miles. B. Mathew dan Michael Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif Buku

Sumber Tentang Metode-metode Baru. Jakarta: UIP.

Peraturan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Nomor PM.53/HM.001/MPEK/2013. Jakarta: KEMENPAREKRAF.

Richard, sihite. 2000. Food Service (Tata Hidang). Jakarta: SIC.

Sekaran, Uma. 2006. Metode Penelitian untuk Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.

Shandy, P. 2008, Perilaku Konsumen, Cetakan Pertama, Penerbit Binarupa Aksara, Jakarta.

Soekresno. 2001. Manajemen Food & Beverage Service Hotel. Jakarta: Gramedia

Sugiarto. 2001. Teknik Sampling. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Administrasi:Dilengkapi Dengan Metode R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Sulastiyono. 2010. Manajemen Penyelenggaraan Hotel. Bandung: Alfabeta.

Sulastiyono, A. 2011. Seri Manajemen Usaha Jasa Sarana Pariwisata dan Akomodasi: Manajemen Penyelenggaraan Hotel. Bandung: CV Alfabeta.

Sukmadinata. 2006. Buku Penelitian. Jakarta: PT Gramedia Pustaka.

Sukmadinata, N.S. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Swastha, B. 2008. Manajemen Penjualan. cetakan kedua belas, Yogyakarta. BFSF

Published

2018-06-01

How to Cite

Dwian Husada, D., Asmara, D. ., & Suroto, A. (2018). Pengaruh Penerapan Rekayasa Menu Terhadap Tingkat Penjualan di Restoran Epice Hotel Alila Solo. Jurnal Pariwisata Indonesia, 14(1), 94–114. Retrieved from http://jurnal.stpsahidsurakarta.ac.id/index.php/JPI/article/view/222

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>