Pengaruh Pelatihan Terhadap Kinerja Pramusaji di Bogeys Teras Hyatt Regency Yogyakarta
Keywords:
Pelatihan, Kinerja PramusajiAbstract
Program pelatihan diadakan untuk meningkatkan kinerja dari seorang pramusaji guna mencapai kepuasan tamu.Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pelatihan yang diberikan di Bogeys Teras serta sejauh mana pengaruh dari pelatihan terhadap kinerja pramusaji di Bogeys Teras Hyatt Regency Yogyakarta.Penulisan dalam penelitian ini disajikan secara analisis deskriptif kualitatif dengan teknik triangulasi data untuk memperoleh gambaran tentang pengaruh pelatihan terhadap kinerja pramusaji di Bogeys Teras Hyatt Regency Yogyakarta.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, interview, dan studi pustaka.Pelatihan yang diberikan untuk meningkatkan kinerja pramusaji dilakukan dengan cara memberikan pelatihan-pelatihan seperti pelatihan mengenai membuat cappucino, pelatihan menuangkan wine, pembuatan minuman campuran, pelatihan menuang draught beer, serta pelatihan service excellent melalui pembekalan kepada pramusaji yang rutin dilakukan setiap bulan. Dari pembahasan maka penulis menarik kesimpulan bahwa pelatihan yang diberikan mempunyai pengaruh yang sangat banyak terhadap kualitas kinerja pramusaji di Bogeys Teras Hyatt Regency Yogyakarta.Hal ini terbukti dengan adanya banyaknya repeater guest yang ada di Bogeys Teras Hyatt Regency Yogyakarta.Namun disarankan kegiatan pelatihan yang diadakan harus lebih ditingkatkan intensitasnya, agar selalu menghasilkan sumber daya manusia yang memberikan kualitas pelayanan yang terbaik.
Downloads
References
Abdurrahman dan Muhidin. 2011. Panduan Praktis Memahami Penelitian. Bandung: Pustaka Setia.
Kusmayadi dan Endar S, 2000.Metodologi Penelitian Dalam Bidang Kepariwisataan, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Marsum, W.A.2005. Restoran dan Segala Permasalahannya.Yogyakarta: Andi
Moleong, Lexy. J. 2004. Metode penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya
Ridwan. 2004. Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung: Alfabeta.
Sedarmayanti.2009. Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja.Bandung: CV Mandar Maju.
Soekresno.2000. Manajemen Food and Beverage Service.Edisi ke II. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiarto, Endar. 1996. Pengantar Akomodasi dan Restoran.Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Sugiarto, Endar. 2002. Psikologi Pelayanan dalam Industri Jasa.Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Sulastiyono.2006. Manajemen Penyelenggaraan Hotel.Bandung: Alfabeta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Kris Cahyani Ermawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.