Pengaruh Pelatihan Terhadap Kinerja Pramusaji di Bogeys Teras Hyatt Regency Yogyakarta

Authors

  • Kris Cahyani Ermawati Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Surakarta

Keywords:

Pelatihan, Kinerja Pramusaji

Abstract

Program pelatihan diadakan untuk meningkatkan kinerja dari seorang pramusaji guna mencapai  kepuasan tamu.Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pelatihan yang diberikan di Bogeys Teras serta  sejauh mana pengaruh dari pelatihan terhadap kinerja pramusaji di Bogeys Teras Hyatt Regency  Yogyakarta.Penulisan dalam penelitian ini disajikan secara analisis deskriptif kualitatif dengan teknik  triangulasi data untuk memperoleh gambaran tentang pengaruh pelatihan terhadap kinerja pramusaji di  Bogeys Teras Hyatt Regency Yogyakarta.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan  observasi, interview, dan studi pustaka.Pelatihan yang diberikan untuk meningkatkan kinerja pramusaji  dilakukan dengan cara memberikan pelatihan-pelatihan seperti pelatihan mengenai membuat cappucino,  pelatihan menuangkan wine, pembuatan minuman campuran, pelatihan menuang draught beer, serta  pelatihan service excellent melalui pembekalan kepada pramusaji yang rutin dilakukan setiap bulan. Dari  pembahasan maka penulis menarik kesimpulan bahwa pelatihan yang diberikan mempunyai pengaruh  yang sangat banyak terhadap kualitas kinerja pramusaji di Bogeys Teras Hyatt Regency Yogyakarta.Hal ini  terbukti dengan adanya banyaknya repeater guest yang ada di Bogeys Teras Hyatt Regency  Yogyakarta.Namun disarankan kegiatan pelatihan yang diadakan harus lebih ditingkatkan intensitasnya,  agar selalu menghasilkan sumber daya manusia yang memberikan kualitas pelayanan yang terbaik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurrahman dan Muhidin. 2011. Panduan Praktis Memahami Penelitian. Bandung: Pustaka Setia.

Kusmayadi dan Endar S, 2000.Metodologi Penelitian Dalam Bidang Kepariwisataan, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Marsum, W.A.2005. Restoran dan Segala Permasalahannya.Yogyakarta: Andi

Moleong, Lexy. J. 2004. Metode penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Ridwan. 2004. Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung: Alfabeta.

Sedarmayanti.2009. Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja.Bandung: CV Mandar Maju.

Soekresno.2000. Manajemen Food and Beverage Service.Edisi ke II. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiarto, Endar. 1996. Pengantar Akomodasi dan Restoran.Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sugiarto, Endar. 2002. Psikologi Pelayanan dalam Industri Jasa.Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Sulastiyono.2006. Manajemen Penyelenggaraan Hotel.Bandung: Alfabeta.

Published

2018-06-01

How to Cite

Cahyani Ermawati, K. (2018). Pengaruh Pelatihan Terhadap Kinerja Pramusaji di Bogeys Teras Hyatt Regency Yogyakarta. Jurnal Pariwisata Indonesia, 14(1), 66–79. Retrieved from http://jurnal.stpsahidsurakarta.ac.id/index.php/JPI/article/view/224