Analisis Pengaruh Strategi Pengelolaan Pelayanan Tamu VIP Terhadap Tingkat Kepuasan Tamu di Hotel Novotel Solo

Authors

  • Yunita Chriestin Rahayu Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Surakarta
  • M.S.U. Ajie Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Surakarta
  • Titik Akiriningsih Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Surakarta

Keywords:

Hotel Novotel Solo, Strategi Pelayanan Tamu VIP, Kepuasan Tamu

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini dilakukan untuk menjawab apakah strategi pengelolaan pelayanan terhadap tamu VIP selama ini sudah mampu memenuhi kepuasan tamu hotel sehingga dapat menjadi salah satu hotel dengan pelayanan terbaik di Kota Solo. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah tamu VIP memberikan respon puas terhadap pelayanan yang diberikan oleh staf Front Office Hotel Novotel Solo. Kepuasan tamu dapat dilihat dari data dari dokumen yang dimiliki oleh Guest Relation Officer (GRO), bahwa diatas 85% tamu mengatakan pelayanan diatas harapan dan 100% tamu menyatakan akan kembali menginap. Pelayanan terhadap tamu VIP yang diberikan oleh stafFront Office Hotel Novotel Solo sudah sangat optimal, untuk itu pihak hotel hanya perlu memberikan training maupun pelatihan mengenai pelayanan agar Hotel Novotel Solo dapat menjaga konsistensi dan meningkatkan pelayanan terhadap tamu.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Moleong, L. J. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung. Rosda.

Kotler, Philip dan AB Susanto.2001. Manajemen Pemasaran Di Indonesia Analisis. Salemba Empat. Jakarta.

Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran di Indonesia : Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. Salemba Empat. Jakarta.

Peter, J, and Olson, Jerry C. 1993. Consumer Behavior and Marketing Strategy. 2nd Edition. John Willey & Son. New York.

Sihite, Richard. 2000. Tourism Industry. Surabaya: SIC.

Soenarno, Adi. 2006. Front Office Management, Yogyakarta: Andi Offset.

Sugiarto, dkk. 2003. Metodologi Dalam Bidang Kepariwisataan, Jakarta: PT. Gramedia.

Sulistyo-Basuki 2010. Metodologi Penelitian. Penaku. Jakarta

Sutomo,Maskuri.Manajemen-maskuri.blogspot.com/2010/07/citra-perusahaan.html. [Mei 2014]

SMIPUSI. Smipusi.blogspot.com/2011/01/prosedur-check-in.html.[April 2014]

Tarmoezi, Trisno. 2000. Hotel Front Office. Jakarta: Kesaint Blanc.

Tjiptono, Fandy. 1997. Pamasaran Pariwisata, Yogyakarta: Andi Offset.

Tjiptono, Fandy. 2001. Strategi Pemasaran. Edisi Pertama. Andi Ofset.Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy. 2007. Strategi Pemsaaran. Edisi Kedua. Andi Ofset. Yogyakarta.

Ekasriyana.ekasriyana.wordpress.com./2013/02/07/tugas-fo-1-lingkup-kerja-gro/.[Mei 2014]

Republik Indonesia. 1987. Keputusan Menteri Pariwisata, Pos dan Telekomunikasi Nomor KM.94/HK.103/MPPT-87 Tahun 1987. Sekretariat Negara. Jakarta.

Novotel Solo. http://www.novotel.com/gb/hotel-0545-novotel-solo.com [Juni 2014]

Published

2016-06-01

How to Cite

Chriestin Rahayu, Y., Ajie, M., & Akiriningsih, T. (2016). Analisis Pengaruh Strategi Pengelolaan Pelayanan Tamu VIP Terhadap Tingkat Kepuasan Tamu di Hotel Novotel Solo. Jurnal Pariwisata Indonesia, 12(1), 26–49. Retrieved from http://jurnal.stpsahidsurakarta.ac.id/index.php/JPI/article/view/203

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>