Pengaruh Kualitas Makanan Terhadap Kepuasan Tamu di Ratu Ratih Caffe Hotel Sahid Jaya Solo

Authors

  • Candra Tri Mulyani Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Surakarta
  • Sunyoto Sunyoto Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Surakarta

Keywords:

Kualitas Makanan , kepuasan tamu

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas makanan terhadap kepuasan tamu di Hotel Sahid Jaya Solo Guna meningkatkan kepuasan tamu.Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus penelitian yaitu mengambil satu obyek tertentu untuk dianalisa secara mendalam dengan memfokuskan pada satu masalah.Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder.Data primer dikumpulkan melalui angket dan observasi secara langsung dengan pihak tamu hotel (pelanggan) Hotel Sahid Jaya Solo, sedangkan data sekunder diperoleh dari buku maupun sumber lainnya. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas makanan, Hotel Sahid Jaya Solo dalam kategori baik, hal ini tampak dari pandangan yang baik dari konsumen tentang penampilan fisik hotel, keterjangkauan lokasi, kondisi, fisik, konsumsi makanan yang diberikan jaminan keamanan dan bentuk perhatian serta pemberian informasi yang jelas dengan penuh kedisiplinan. Kualitas yang dirasakan oleh konsumen memberikan dampak positif pada keinginan konsumen untuk mengunjungi kembali, bahkan merekomendasikan pada orang lain serta dengan adanya kualitas yang baik dalam pemberian produk menimbulkan kepuasan bagi konsumen (tamu).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akademi Pariwisata Sahid Surakarta. 2000. Caffe and Main Kitchen. Surakarta: APSS

Akademi Pariwisata Sahid Surakarta. 2000. Kitchen Operasional. Surakarta: APSS

Grenne, Melvyn. 1987. Restaurant Hotels. London

Iskandar, H. Mahdi. 1995. Teori Pengolahan Makanan. Jakarta: PT Grasindo Gramedia Pustaka Indonesia

Keputusan Menteri Pariwisata pos dan Telekomunikasi no KN 73 / PW 105 / MPPT 85

Kep. Menteri Parpostel no (km 94/HK 103/MPPT 1987) Pengertian Hotel

Kotler and Amstrong. 2001. Kepuasan Konsumen. APSS

Kusmayadi, dkk. 2000. Mengumpulkan Data dan Menggambarkan Objek Penelitian. Jakarta: PT Gramedia Pustaka

Kusmayadi. 2000. Berdasarkan Hasil Kajian Kepustakaan Pengembangan. Jakarta: Gramedia Pustaka

Lawson. 1979. Syarat Pembayaran Pelayanan Jasa Kamar, Penyediaan Makanan dan Minuman. Jakarta: PT Grasindo

Nawan, Agus dan Sujatno, Bambang. 2004. Tentang Tingkat Kepuasan Para Tamu. Jakarta: APSS

Sihite, Ricard. 1995. Food Product Dasar – Dasar Tata Boga. Jakarta: PT Grasindo Gramedia Widiansarana Indonesia

SK Menteri pariwisata dan Telekomunikasi No. KM 34 / HK.103/MPPT 87

Sihite, Richard. 2000. Food and Beverage Department bertanggung jawab atas Penyediaan Makanan. APSS.

Sunarno, Adi. 2006. Mengatasi Complaint. APSS.

Syamsul, Rijal. 2000. Pengertian Dapur. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Zeithaml & Bitner. 2000. Definisi Kepuasan Tamu (Pelanggan). Jakarta: APSS

Published

2014-12-01

How to Cite

Tri Mulyani, C., & Sunyoto, S. (2014). Pengaruh Kualitas Makanan Terhadap Kepuasan Tamu di Ratu Ratih Caffe Hotel Sahid Jaya Solo. Jurnal Pariwisata Indonesia, 10(1), 66–89. Retrieved from http://jurnal.stpsahidsurakarta.ac.id/index.php/JPI/article/view/187

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>