Pengaruh Kualitas Resepsionis Terhadap Tingkat Pelayanan Informasi Dalam Mewujudkan Kepuasan Tamu di Wapa
Keywords:
Pengaruh Kualitas Resepsionis, Tingkat Pelayanan InformasiAbstract
Wapa Di Ume Resort & Spa adalah salah satu perusahaan yang memberikan jasa di bidang industri pariwisata, berada di lokasi yang sangat strategis di Ubud Bali.Begitu banyak tujuan tamu yang datang maka dibutuhkan resepsionis sebagai pusat informasi dari hotel tersebut.Seorang resepsionis haruslah cekatan, jujur, tepat dan tanggap terhadap situasi untuk menyesuaikan kebutuhan tamu.Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peran resepsionis terhadap tingkat kualitas pelayanan informasi di Front Office Department di Wapa Di Ume Resort& Spa.Jenis penelitian yang digunakan oleh penulis dengan menggunakan metode deskriptif, dengan pendekatan studi kasus yang menggunakan bentuk dan strategi deskriptif analisis kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakanmetode observasi, wawancara, studi pustaka dan kuesioner.Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa resepsionis Wapa Di Ume Resort & Spa memiliki kemampuan bahasa cukup baik dengan persentase 60%, kerja sama antar department lebih baik dengan persentase 83%, ketepatan informasi cukup baik dengan persentase 50%, sedangkan faktor keramah-tamahan sangat tinggi dari pertanyaan yang diajukan dengan persentase 100%, sudah sangat baik, namun disarankan untuk tetap menjaga kemampuan kinerja dan mengoptimalkan lagi kinerja resepsionis agar lebih maksimal dalam menyampaikan informasi.
Downloads
References
Amasyah, Zulkifli. 2001.Manajemen Sistem Informasi. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
Kamus Besar Bahasa Indonesia, 2001: 480
SK Menteri Pariwisata Pos dan Telekomunikasi No. KM 37/MPPT-86
Sudjana, Nana. 1997. Tuntunan Penyusunan Karya Ilmiah. Bandung: Sinar Baru
Sulastiyono, Agus, Drs. 1999. Manajemen Penyelengaraan Hotel. Bandung: CV. Alfabeta
Sugiarto, Endar, Ir. 1998. Operasional Kantor Depan Hotel. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
Sugiarto Endar, Ir. 1997.Manajemen Kantor Depan Hotel. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
Steadmon, Charles E dan Kasavana, Michael L. Managing Front Office Operation. Amerika: AHMA
Young, dikutip oleh Koentjarangningrat. 1991. Definisi Operasional Variabel penelitian, defoter.blogspot.com
KBBI, http://bahasa.cs.us.ac.id/kbbi.php?keyword=tingkat& varbidang=all & vardialek=all & varkelas=all&submit = tabe
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Ni Wayan Putri Satya Dewi, Budi Purnomo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.