Pengaruh Kualitas Resepsionis Terhadap Tingkat Pelayanan Informasi Dalam Mewujudkan Kepuasan Tamu di Wapa

Authors

  • Ni Wayan Putri Satya Dewi Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Surakarta
  • Budi Purnomo Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Surakarta

Keywords:

Pengaruh Kualitas Resepsionis, Tingkat Pelayanan Informasi

Abstract

Wapa Di Ume Resort & Spa adalah salah satu perusahaan yang memberikan jasa di bidang industri pariwisata, berada di lokasi yang sangat strategis di Ubud Bali.Begitu banyak tujuan tamu yang datang maka dibutuhkan resepsionis sebagai pusat informasi dari hotel tersebut.Seorang resepsionis haruslah cekatan, jujur, tepat dan tanggap terhadap situasi untuk menyesuaikan kebutuhan tamu.Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peran resepsionis terhadap tingkat kualitas pelayanan informasi di Front Office Department di Wapa Di Ume Resort& Spa.Jenis penelitian yang digunakan oleh penulis dengan menggunakan metode deskriptif, dengan pendekatan studi kasus yang menggunakan bentuk dan strategi deskriptif analisis kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakanmetode observasi, wawancara, studi pustaka dan kuesioner.Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa resepsionis Wapa Di Ume Resort & Spa memiliki kemampuan bahasa cukup baik dengan persentase 60%, kerja sama antar department lebih baik dengan persentase 83%, ketepatan informasi cukup baik dengan persentase 50%, sedangkan faktor keramah-tamahan sangat tinggi dari pertanyaan yang diajukan dengan persentase 100%, sudah sangat baik, namun disarankan untuk tetap menjaga kemampuan kinerja dan mengoptimalkan lagi kinerja resepsionis agar lebih maksimal dalam menyampaikan informasi.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Ni Wayan Putri Satya Dewi, Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Surakarta

  1.  

References

Amasyah, Zulkifli. 2001.Manajemen Sistem Informasi. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Kamus Besar Bahasa Indonesia, 2001: 480

SK Menteri Pariwisata Pos dan Telekomunikasi No. KM 37/MPPT-86

Sudjana, Nana. 1997. Tuntunan Penyusunan Karya Ilmiah. Bandung: Sinar Baru

Sulastiyono, Agus, Drs. 1999. Manajemen Penyelengaraan Hotel. Bandung: CV. Alfabeta

Sugiarto, Endar, Ir. 1998. Operasional Kantor Depan Hotel. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Sugiarto Endar, Ir. 1997.Manajemen Kantor Depan Hotel. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Steadmon, Charles E dan Kasavana, Michael L. Managing Front Office Operation. Amerika: AHMA

Young, dikutip oleh Koentjarangningrat. 1991. Definisi Operasional Variabel penelitian, defoter.blogspot.com

KBBI, http://bahasa.cs.us.ac.id/kbbi.php?keyword=tingkat& varbidang=all & vardialek=all & varkelas=all&submit = tabe

Published

2014-12-01

How to Cite

Putri Satya Dewi, N. W. ., & Purnomo , B. . (2014). Pengaruh Kualitas Resepsionis Terhadap Tingkat Pelayanan Informasi Dalam Mewujudkan Kepuasan Tamu di Wapa. Jurnal Pariwisata Indonesia, 10(1), 24–42. Retrieved from http://jurnal.stpsahidsurakarta.ac.id/index.php/JPI/article/view/185