Dampak Perkembangan Operator Penerbangan Baru Terhadap Existensi PT. Garuda Indonesia District Surakarta

Authors

  • Sunyoto Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Surakarta
  • Joko Suyanto Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Surakarta

Keywords:

dampak , operator, existensi

Abstract

Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengetahui dampak yang ditimbulkan dari perkembangan operator-operator penerbangan baru yang ada di Surakarta terhadap existensi (operasional) PT. Garuda Indonesia district Surakarta. Penelitian ini dilakukan di PT. Garuda Indonesia Cabang Surakarta, Riyadi Palace Hotel Jl. Slamet Riyadi No. 224 Solo, disamping itu juga dilakukan di PT. Gapura Angkasa Bandara Internasional Adisumarmo Solo. Persaingan antar operator tidak mungkin bisa dihindari lagi atau bahkan diremehkan keberadaaanya, apalagi dengan masuknya penerbangan dengan konsep LCC (Low Cost Carrier) di Solo sejak awal 2004 lalu. Munculnya konsep LCC tersebut pada dasarnya memang memberikan dampak yang cukup konkrit bagi operator penerbangan kawakan seperti Garuda Indonesia. Hal ini terbukti pada awal 2004 Garuda Indonesia mengalami penurunan jumlah penumpang hingga 20 % selama tiga bulan berturut-turut. Timbulnya dampak akibat persaingan sengit dari competitor, memaksa manajemen Garuda Indonesia untuk bergerak cepat menanggapi permasalahan tersebut. Sehingga pada akhirnya manajemen Garuda Indonesia mengeluarkan kebijakan untuk memberikan variasi harga pada konsumen (Sub Classes Harga). Disamping kebijakan Sub Classes Harga, Garuda Indonesia juga memperhatikan kualitas pelayanan kepada konsumen

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abbas Salim, 2006. Manajemen Transportasi. Jakarta; Rajagraindo Persada.

Ahmad Munawar, 2005. Dasar-dasar Teknik Transportasi. Yogyakarta; Beta Offset.

Edi Wardojo, 2006. Airline Passenger Reservation. Bekasi; Eviexene Mediatama.

Endar Sugiarto, 2002. Psikologi Pelayanan Dalam industri Jasa. Jakarta; Gramedia Pustaka Utama.

Http:// www.geogle.com, Adisumarmo International Airport; 30 Juli 2007.

Http://gff.garuda-indonesia.com, Garuda Frequent Flyer, 28 Juli 2007.

Http://www.flyadamair.com, Adam Air; 28 Juli 2007.

J. Supranto, 1997, Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Menaikkan Pangsa Pasar. Jakarta; Rineka Cipta.

Juran J.M, 1995, Merancang Mutu, Ancaman Baru Mewujudkan Mutu ke dalam Barang da Jasa. Jakarta: PPM.

M.N. Nasution, 2004. Manajemen Jasa terpadu. Bogor; Ghalia Indonesia.

Oka A. Yoeti, 1999. Psikologi Pelayanan Wisata. Jakarta; Gramedia Pustaka Utama.

_____________, 2003. Tour and Travel Marketing. Jakarta; Pradnya Paramitha.

Rahmat Darsono, 2004. Tarif dan Dokumen Pasasi. Bandung; Alfabeta.

Sugiyono, 1999, Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta

Published

2008-06-01

How to Cite

Sunyoto, & Suyanto, J. . (2008). Dampak Perkembangan Operator Penerbangan Baru Terhadap Existensi PT. Garuda Indonesia District Surakarta. Jurnal Pariwisata Indonesia, 4(1), 65–81. Retrieved from http://jurnal.stpsahidsurakarta.ac.id/index.php/JPI/article/view/14

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 > >>