Strategi Pembangunan Museum Karst Indonesia Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan
Keywords:
pariwisata, pemasaran, karstAbstract
Indonesia mempunyai kawasan karst seluas 20% dari total wilayahnya. Salah satunya adalah terdapat di wilayah Kabupaten Wonogiri. Bentang alam karst di wilayah Kabupaten Wonogiri disusun oleh aneka bangun asal-pelarutan yang di dalamnya terdiri dari batu gamping. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, kualitatif yang pengujiannya bertitik tolak dari data yang telah terkumpul kemudian dilakukan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi promosi yang diperlukan bagi pemasaran Museum Karst adalah meliputi advertensi, personal selling, promosi, dan publisitas. Dalam hal peningkatan Sumber Daya Manusia faktor yang harus diperhatikan adalah penguasaan materi bagi pemandu museum, pelatihan guiding, penguasaan bahasa asing dan keramahtamahan dari semua karyawan terhadap pengunjung. Selain itu, sasaran yang dituju oleh pengelola Museum Karst adalah seluruh lapisan masyarakat bukan hanya kalangan pelajar.
Downloads
References
Damardjati, 1995. Istilah-istilah Pariwisata. Jakarta: PT. Gramedia
Fajri Emzul, Aprlia Ratu Senja. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Difa Publisher
Fandeli, C. 2002. Perencanaan Kepariwisataan Alam. Yogyakarta: Fak.Kehutanan UGM
Gamal Suwantoro.2002. Dasar-dasar Pariwisata. Yogyakarta: Penerbit Andi
Hasibuan, S.P. Malayu. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara
Karyono, Hari, 1997. Kepariwisataan, Jakarta: PT. Gramedia
Kotler, P. dan Gary Amstrong,1999. Dasar-dasar Pemasaran. Edisi Lima. Jakarta: Intermedia
Koetler Philip. 1997. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Prenhallindo
Kusmayadi, Ir. et al, 2000. Metodologi Penelitian dalam Bidang Kepariwisataan, Jakarta: PT. Gramedia
Lundberg, Donald E., Stavenga, MinkH., dan Krishnamoorthy,M., 1997. Ekonomi Pariwisata, Alih Bahasa Sofjan Jusuf, Gramedia
Pasli,I., Strategi pengembangan Pariwisata Kota Pagar Alam. Tesis Program Studi
Musanef, Drs. MBA, 1996. Manajemen Usaha Pariwisata Indonesia.Jakarta: PT. Toko Gunung Agung.
Marpaung, Happy, SH, 2000.Pengetahuan Kepariwisataan. Bandung: Alfabeta.
Pendit, S. Nyoman, 1994.Ilmu Pariwisata Sebuah Pengantar Perdana. Jakarta: Pradnya Paramita.
Pitana, I Gede, Prof. M.Si, et. all. 2005. Sosiologi Pariwisata. Yogyakarta: Andi Offset.
Sihite, Richard, 1999. Tourism Industri (Kepariwisataan).Surabaya: SIC
Soekadijo, R.G. 1997. Anatomi Pariwisata, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Spillane, T. James, 1994. Pariwisata Indonesia. Sosial Ekonomi & Rekayasa Kebudayaan, Yogyakarta: Kanisius & Lembaga Studio Realino, Yogyakarta
Sugiarto, et. all, 2001. Teknik Sampling. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
Undang-undang No 9 tahun 1990 tentang kepariwisataan
Wahab, Salah, 2003. Manajemen Kepariwisataan. Jakarta: Pradnya Paramita
Yoeti, Oka A., 1993.Manajemen Pelayanan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
___________, 1996.Pengantar Ilmu Pariwisata, Bandung: Angkasa
___________, 2001.Ilmu Pariwisata Sejarah dan Perkembangan Prospeknya, Jakarta: PT. Pertja
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Kris Cahyani Ermawati, B. Waluyo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.