Pengaruh Penerapan Rekayasa Menu Terhadap Tingkat Penjualan di Restoran Epice Hotel Alila Solo
Keywords:
rekayasa menu, tingkat penjualanAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Penerapan Rekayasa Menu Terhadap Tingkat Penjualan Di Restoran Epice Hotel Alila Solo. Jenis penelitian yang digunakan dalam penyusunan Skripsi ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh staf restoran dengan jumlah sampel 3 orang yaitu Food & Beverage Manager, Executive Chef, dan Food & Beverage Supervisor. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh dari wawancara, observasi dan studi pustaka. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik trianggulasi. Dari hasil penelitian ini dapat dijabarkan bahwa mengetahui klasifikasi menu Star dapat menentukan strategi marketing untuk meningkatkan penjualan. Mengetahui klasifikasi menu Plowhorse dapat menentukan strategi marketing untuk meningkatkan penjualan. Mengetahui klasifikasi menu Puzzle dapat menentukan strategi marketing untuk meningkatkan penjualan. Mengetahui klasifikasi menu Dog dapat menentukan strategi marketing untuk meningkatkan penjualan. Hal tersebut dapat dilihat dari jawaban responden terhadap klasifikasi menu dari hasil rekayasa menu. Jadi dapat disimpulkan bahwa klasifikasi menu dari hasil rekayasa menu yaitu Star, Plowhorse, Puzzle dan Dog mempengaruhi tingkat penjualan restoran yaitu dari segi tingkat penjualan makanan maupun tingkat kedatangan tamu.
Downloads
References
A.W Marsum. 2005. Restoran dan Segala Permasalahannya. Edisi Empat. Yogyakarta: Andi.
Hamidi. 2004. Metode Penelitian Kualitatif. Malang: UMM Pres. Moleong, Lexy. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Penerbit PT.
Remaja Rosdakarya. Kasavana, M.L. 1983. Computer systems for Food Service Operations. Hospitality Publication Inc: Miami.
Kasavana, M.L. & Donald, I. 1982. A Practical Guide to Menu Analysis. Hospitality Publication Inc: Miami.
Kasavana, M.L. & Donald, I. 1984. Menu Engineering. Hospitality Publication Inc: Miami.
Kotler, P. dan Amstrong, G. 2001. Principles of Marketing. Edisi Sembilan. New Jersey: Prentice Hall.
Kotler, Philip dan Keller. 2008. Manajemen Pemasaran. Edisi Ketigabelas. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Margono. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta. Miles. B. Mathew dan Michael Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif Buku
Sumber Tentang Metode-metode Baru. Jakarta: UIP.
Peraturan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Nomor PM.53/HM.001/MPEK/2013. Jakarta: KEMENPAREKRAF.
Richard, sihite. 2000. Food Service (Tata Hidang). Jakarta: SIC.
Sekaran, Uma. 2006. Metode Penelitian untuk Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.
Shandy, P. 2008, Perilaku Konsumen, Cetakan Pertama, Penerbit Binarupa Aksara, Jakarta.
Soekresno. 2001. Manajemen Food & Beverage Service Hotel. Jakarta: Gramedia
Sugiarto. 2001. Teknik Sampling. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Administrasi:Dilengkapi Dengan Metode R&D. Bandung: CV Alfabeta.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.
Sulastiyono. 2010. Manajemen Penyelenggaraan Hotel. Bandung: Alfabeta.
Sulastiyono, A. 2011. Seri Manajemen Usaha Jasa Sarana Pariwisata dan Akomodasi: Manajemen Penyelenggaraan Hotel. Bandung: CV Alfabeta.
Sukmadinata. 2006. Buku Penelitian. Jakarta: PT Gramedia Pustaka.
Sukmadinata, N.S. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Swastha, B. 2008. Manajemen Penjualan. cetakan kedua belas, Yogyakarta. BFSF
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Dendy Dwian Husada, Denny Asmara, Alip Suroto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.