Pengaruh Peningkatan Mutu Produk Pastry Terhadap Kepuasan Tamu di The Royal Restaurant Hotel Royal Ambarrukmo Yogyakarta
Keywords:
mutu produk pastry, kepuasan tamuAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana cita rasa, keanekaragaman bentuk, pemberian garnish, dan teknik penyajian berpengaruh terhadap kepuasan tamu di The Royal Restaurant.Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang berusaha mendeskripsikan atau menggambarkan fenomena yang diteliti dengan sistematis, faktual, dan akurat.Adapun teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi, studi pustaka, dan kuesioner.Hasil penelitian ini membuktikan adanya pengaruh antara mutu produk pastry melalui cita rasa,keanekaragaman bentuk,pemberian garnish, dan teknik penyajian terhadap kepuasan tamu di The Royal Restaurant.Hal ini dapat diketahui dari nilai rekapitulasi prosentase tentang mutu produk pastry atau variabel X senilai 59,5% dan nilai prosentase kepuasan tamu atau variabel Y senilai 63%. Kesimpulan yang dapat diambil, untuk menjaga kepuasan tamu maka seorang cook pastry dapat meningkatkan mutu produk pastry melalui cita rasa, keanekaragaman bentuk, pemberian garnish, dan teknik penyajian.
Downloads
References
Akademi Pariwisata Sahid Surakarta. 2000. Caffe and Main Kitchen. Surakarta: APSS
Akademi Pariwisata Sahid Surakarta. 2000. Kitchen Operasional. Surakarta: APSS
Ashton, Chris. 1999. Food and Beverage. Jakarta. PT. Gramedia Pustaka Utama.
Renne, Melvyn. 1987. Restaurant Hotels.London
Iskandar, H. Mahdi. 1995. Teori Pengolahan Makanan. Jakarta: PT Grasindo Gramedia Pustaka Indonesia
Keputusan Menteri Pariwisata pos dan Telekomunikasi no KN 73 / PW 105 / MPPT 85
Kep. Menteri Parpostel no (km 94/HK103/MPPT 1987) Pengertian Hotel
Kotler and Armstrong. 2001. Kepuasan Konsumen. APSS
Kusmayadi, dkk.2000. Mengumpulkan Data dan Menggambarkan Objek Penelitian. Jakarta: PT Gramedia Pustaka
Kusmayadi. 2000. Berdasarkan Hasil Kajian Kepustakaan Pengembangan. Jakarta: Gramedia Pustaka
Lawson. 1979. Syarat Pembayaran Pelayanan Jasa Kamar, Penyediaan Makanan dan Minuman. Jakarta: PT Grasindo
Nawan, Agus dan Sujatno, Bambang.2004. Tentang Tingkat Kepuasan Para Tamu. Jakarta: APSS
Sihite, Ricard. 1995. Food Product Dasar – Dasar Tata Boga. Jakarta: PT Grasindo Gramedia Widiasarana Indonesia
Sihite, Richard. 2000. Food and Beverage Department bertanggung jawab atas Penyediaan Makanan. APSS.
SK Menteri pariwisata dan Telekomunikasi No. KM 34 / HK.103/MPPT 87
Sunarno, Adi. 2006. Mengatasi Complaint. APSS.
Suwantoro, Gamal.2002. Dasar-Dasar Pariwisata. Jakarta. ANDI Yogyakarta.
Syamsul, Rijal. 2000. Pengertian Dapur. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
Wirja, Athe R. Tanpa Tahun. Food and Beverage Product. Jakarta.
Zeithaml & Bitner. 2000. Definisi Kepuasan Tamu (Pelanggan). Jakarta: APSS
Zul Fajri, EM. 2002. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Ratu Aprilia Senja.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Diah Ayu Permata Sari, Sunyoto Suyanto, Suraji Suraji
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.