Pengembangan Potensi Wisata Untuk Meningkatkan Jumlah Pengunjung di Obyek Wisata Curug Sewu Kabupaten Kendal

Authors

  • Purwanti Purwanti Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Surakarta
  • Agus Sholikhin Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Surakarta
  • G. Djoko Purwanggono Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Surakarta

Keywords:

Strategi, Pengembangan, Peningkatan, Kunjungan, Curug Sewu

Abstract

Latar belakang penulisan ini adalah tentang strategi atraksi, amenitas, aksesibilitas, dan atraksi pengembangan obyek wisata Curug Sewu di desa Curug Sewu, Kecamatan Patean dalam meningkatkan kunjungan wisatawan di Kabupaten Kendal. Penelitian ini dilakukan untuk menjawab persoalan yang dipertanyakan dalam Penelitian ini yaitu: Faktor apa saja yang mempengaruhi jumlah pengunjung di Obyek Wisata Curug Sewu Kabupaten Kendal dan bagaimana pengembangan potensi wisata untuk meningkatkan jumlah pengunjung di Obyek Wisata Curug Sewu Kabupaten Kendal. Penulisan Penelitian ini disajikan melalui analisis deskriptif kualitatif untuk memperoleh gambaran berbagai informasi yang berhubungan dengan usaha-usaha pengembangan Obyek Wisata Curug Sewu Kabupaten Kendal.Penulis menggunakan analisis SWOT dan atraksi, amenitas, aksesibilitas, atraksi sebagai alat anlisis.Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, interview, studi pustaka, dokumentasi, kuesioner. Dari pembahasan maka, penulis menarik kesimpulan bahwa, 1) Air terjun Curug Sewu sebagai air terjun tertinggi di Jawa Tengah dapat menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke Obyek Wisata Curug Sewu Kabupaten Kendal, yang memiliki potensi dan keunggulan yang bisa ditemukan pada kekuatan dan peluang. 2) Memiliki kendala yang harus diatasi, yang penulis temukan pada kelemahan dan ancaman, 3) Dari hasil kuesioner pengunjung tentang atraksi, ,42,5% menjawab biasa. Hasil kuesioner pengunjung tentang amenitas, 47,5% menjawab cukup sesuai. Hasil kuesioner pengunjung tentang aksesibilitas, 52,5% menjawab mudah. Hasil kuesioner pengunjung tentang aktivitas, 52,5% menjawab sesuai. Sedangkan faktor yang berpengaruh terhadap pengembangan obyek wisata Curug Sewu terdiri dari pengembangan atraksi, pengembangan amenitas, pengembangan aksesibilitas, pengembangan aktivitas untuk menarik minat wisatawan berkunjung di Obyek Wisata Curug Sewu Kabupaten Kendal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agung Purwoko. 2001. Panduan Penelitian PTK. Semarang: Unnes Press.

Arikunto Suharsimi. 2010. Penelitian. Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Bagyono. 2005. Pariwisata dan Perhotelan. Bandung: ITB.

Hans Buchli Suwena dan Widyatmaja 2010. Tourism Manajemen. Yogyakarta: Liberty.

Hadi Sutrisno. 2012. Manajemen Strategis Daya Saing Globalisasi. Jakarta: Salemba Empat.

Hariadi Bambang. 2003. Teori Manajemen Strategi. Jakarta: Alfabeta.

Irawan. 2002. Winning Strategy. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Marpaung, Happy. 2002. Pengetahuan Kepariwisataan. Bandung: Alpabheta.

Meyers Koen. 2009.

Muljadi. 2012. Kepariwisataan dan Keperjalanan. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Pendit Nyoman. 2003. Pariwisata. Jakarta: PT Pradya Paramitha.

Pitana, I Gde & Gayatri, I Putu G. 2005. Sosiologi Pariwisata. Yogyakarta: PT. Andi.

Salusu.2004. Pengambilan Keputusan Strategik Untuk Organisasi Publik dan Organisasi Nonprofit.Jakarta: PT. Gramedia.

Sinaga. 2010. Analisis kesempatan kerja sektoral di Sumatera Utara. Medan: Sekolah Pasca Sarjana Universitas Sumatera Utara.

Smith. 2009. An Inquiry into the Nature and Causes of the Wealth of Nations. Inggris Raya.

Soekadijo dan Widyatmaja 2010. Anatomi Pariwisata. Jakarta: Alfabeta.

Yoeti, Oka A.2000.Pariwisata Berwawasan Lingkungan Hidup. Jakarta: PT Perja.

Yoeti, Oka A. 2008. Ekonomi Pariwisata. Jakarta: Penerbit Kompas.

Published

2017-12-01

How to Cite

Purwanti, P., Sholikhin, A., & Purwanggono, G. D. (2017). Pengembangan Potensi Wisata Untuk Meningkatkan Jumlah Pengunjung di Obyek Wisata Curug Sewu Kabupaten Kendal. Jurnal Pariwisata Indonesia, 12(2), 23–39. Retrieved from http://jurnal.stpsahidsurakarta.ac.id/index.php/JPI/article/view/162