OPTIMALISASI PERAN KERJA WAITER TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PADA FOOD AND BEVERAGE SERVICE DI HOTEL IBIS SURAKARTA Eko Nur
Keywords:
Kecepatan, Ketepatan, Ketelitian dan Tingkat Kualitas Pelayanan KerjaAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis sejauh mana dampak kecepatan, ketepatan dan ketelitian berpengaruh terhadap tingkat kualitas pelayanan pada Food and Beverage di Hotel Ibis Surakarta. Jenis penelitian yang digunakan oleh penulis dengan menggunakan metode deskriptif, dengan pendekatan studi kasus yang menggunakan bentuk dan strategi deskriptif analisis kualitatif. Adapun tekhnik pengumpulan data menggunakan metode observasi,wawancara, studi pustaka dan kuesioner. Hasil penelitian ini membuktikan adanya pengaruh antara kecepatan, ketepatan dan ketelitian terhadap tingkat kualitas pelayanan pada Food and Beverage. Hal ini berdasarkan rekapitulasi prosentase kecepatan yaitu kualitas pelayanan kerja dengan 90% responden yang menjawab iya. Berdasarkan rekapitulasi prosentase ketepatan yaitu kualitas
pelayanan kerja dengan 90% responden yang menjawab iya. Dan berdasarkan rekapitulasi prosentase ketelitian yaitu kualitas pelayanan kerja dengan 90% responden yang menjawab iya. Kesimpulan yang dapat untuk menjaga kualitas pelayanan kerja maka waiter/waitress diharuskan selalu dapat memperhatikan complain guest, sehingga tidak ada complain pada saat bekerja.
Karena dari data tersebut dapat dianalisa bahwa kecepatan, ketepatan dan ketelitian dapat mempengaruhi tingkat kualitas pelayanan kerja pada Food and Beverage.
Downloads
References
Offset Young, dikutip oleh Koentjarangningrat, 1991:23, Definsi Operasional Variabel penelitian, defoter.blogspot.com.
Pabundu, Tika, 1997: 53 http://books.kamus_pariwisata_dan_perhotelan. html?id.
Sihite.Richard. Food Service (rata Hidang).Surabaya: SIC
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Feri Prasetyo, MSU Adjie, Agus Solikhin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.