STRATEGI MARKETING COMMUNICATIONS MIX 1-11

Authors

  • admin admin
  • Ahmad Irfan Prasojoadi Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Surakarta

Keywords:

Strategi, Marketing Communications Mix, Brand Image

Abstract

Pencitraan sebuah merek adalah suatu hal sangat penting bagi perusahaan jasa, begitu juga dengan
hotel sebagai perusahaan jasa, Hotel Sahid Jaya Solo sebagai perusahaan jasa melakukan aktifitas
promosi untuk dapat membangun pencitraan yang baik. Namun pertumbuhan kompetitor
berdampak kepada pertumbuhan inovasi dan kreatifitas dalam menciptakan strategi promosi.
Sehingga stategi marketing communications mix sangatlah diperlukan dalam membangun brand
image produk dan mendapatkan brand position yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji
peran strategi marketing communications mix yang diterapkan oleh Hotel Sahid Jaya Solo dalam
membangun brand image produk. Penelitian dilakukan dengan pendekatan studi kasus selama tiga
bulan serta penyebaran kuisioner yang diolah menggunakan software pengolah data statistik SPSS
20. Hasil penelitian kuesioener dinyatakan valid dengan nilai r hitung> r tabel 0,2638. Hasil uji
reliabilitasCronbach Alpha sebesar 0,906 yang artinya sangat reliabel atau dapat dipercaya. Hasil
uji normalitas dengan Skewness-Kurtosis dinyatakan bahwa semua variabel berdistribusi normal.
Uji homogenitas semua variable dinyatakan homogen dengan nilai Sig>0,05. Uji korelasi parsial
menunjukkan hanya empat variabel yang memiliki nilai Sig. < 0,05 yaitu Sales promotion, public
relations, direct marketing dan word of mouth. Uji regresi liner ganda didapat nilai R2 sebesar
0,624 artinya hubungan antara variabel X dan Y adalah kuat. Diperoleh kesimpulan bahwa Hotel
Sahid Jaya Solo menerapkan strategi marketing communications mix yaitu strategi melalui
advertising, sales promotion, public relations, personal selling, direct marketing dan word of
mouth. Dan hanya terdapat empat variable yang memiliki korelasi dalam memberikan dampak
yang signifikan dalam membangun brand image produk.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agusyana, Yus dan Islandscript. 2011. Olah

Data Skripsi dan Penelitian Dengan

SPSS 19. Pt, Elex Media Komputindo

Jakarta.

Published

2012-01-01

How to Cite

admin, admin, & Irfan Prasojoadi, A. (2012). STRATEGI MARKETING COMMUNICATIONS MIX 1-11. Jurnal Pariwisata Indonesia, 7(2), 1–11. Retrieved from http://jurnal.stpsahidsurakarta.ac.id/index.php/JPI/article/view/298