Analisis Implikasi Peran Standard Operating Procedure (SOP) Terhadap Tingkat Kualitas Kerja Bagi Room Attendant pada Housekeeping Department di Hotel Novotel Solo

Authors

  • Aditya Adi Pratama Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Surakarta
  • Sunyoto Sunyoto Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Surakarta
  • Sumarman Sumarman Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Surakarta

Keywords:

Peran Standard Operating Procedure (SOP), Tingkat Kualitas Room Attendant

Abstract

Penelitian ini menggunakan rumusan masalah menyiapkan kebutuhan peralatan, melakukan checking status kamar, membersihkan kamar, dan mengecek kembali kondisi kamar.Penelitian ini adalah penelitian menggunakan teknik analisa data deskriptif kualitatif dimana data dikelompokkan, digabungkan, dianalisis, kemudian diambil kesimpulan dengan sumber data berasal dari observasi, kuesioner, dan menanyakan langsung kepada room attendant untuk mendapatkan informasilangsung mengenai peran Standard Operating Procedure (SOP) terhadap tingkat kualitas kerja bagi room attendant. Populasi dalam penelitian ini adalah room attendant yang menjadi karyawan di Hotel Novotel Solo. Cara pengambilan sampel dilakukan dengan sampling (purposive sampling) yang berjumlah 12 orang room attendant di Housekeeping Department di Hotel Novotel Solo.Berdasarkan kuesioner penelitian, sebanyak 50% responden menjawab ya, tentang menyiapkan kebutuhan peralatan terhadap tingkat kualitas kerja bagi room attendant, sebanyak 50% responden menjawab ya, tentang melakukan checking status kamar terhadap tingkat kualitas kerja bagi room attendant, sebanyak 34% responden menjawab ya, tentang membersihkan kamar terhadap tingkat kualitas kerja bagi room attendant, sebanyak 34% responden menjawab ya, tentang mengecek kembali kondisi kamar terhadap tingkat kualitas kerja bagi room attendant. Kesimpulan penelitian ini bahwa peran dari Standard Operating Procedure (SOP) berpengaruh negatif terhadap tingkat kualitas kerja bagi room attendant di Housekeeping Department di Hotel Novotel Solo melaluimenyiapkan kebutuhan peralatan, melakukan checking status kamar, membersihkan kamar, dan mengecek kembali kondisi kamar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hasibuan, Malayu. S. P. 2001. Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.

Kamus Besar Bahasa Indonesia

Ketetapan MPRS No. 1. 1.11 Tahun 1990

Komaruddin. 2001. Ensiklopedia Hotel Manajemen. Edisi ke 5. Jakarta: Bumi Aksara

Richard. Sihite. 2000. Hotel Management. Surabaya: SIC.

Soeparno, H. L. Davies. 1987. Studies on The Growth and Carcoss Composition.

Sudarmayanti. 2000. Tata Kerja dan Produktivitas Kerja. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Surat Keputusan Menteri Perhubungan RI No, PM 10/pw/301/phb. 77, Tanggal 12 Desember 1997

The America Hotel and Motel Association

Yayuk Sri Perwani, 2000. Pengantar Perhotelan. Jakarta: Gramedia.

Yoeti, Oka. A. 1994. Pengantar Ilmu Pariwisata. Bandung: Angkasa

http: // Definisi Pariwisata Menurut Beberapa Ahli_Tabea Tamang.Html (diunduh pada tanggal 01 mei 2015, pukul 20.00 WIB)

http:// id.wikipedia.org/kebersihan(diunduh pada tanggal 01 mei 2015, pukul 20.00 WIB)

http: //uniqpost.com.kerapian(diunduh pada tanggal 01 mei 2015, pukul 20.00 WIB)

www.acemedia.edu.com.kerapian(diunduh pada tanggal 01 mei 2015, pukul 20.00 WIB)

Published

2016-06-01

How to Cite

Adi Pratama, A., Sunyoto, S., & Sumarman, S. (2016). Analisis Implikasi Peran Standard Operating Procedure (SOP) Terhadap Tingkat Kualitas Kerja Bagi Room Attendant pada Housekeeping Department di Hotel Novotel Solo. Jurnal Pariwisata Indonesia, 12(1), 77–102. Retrieved from http://jurnal.stpsahidsurakarta.ac.id/index.php/JPI/article/view/206