Strategi Komunikasi Pemasaran Untuk Meningkatkan Room Revenue Di Innside by Melia Hotel Yogyakarta

Authors

  • Elha Linuar Shima Dulang Parancana Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Surakarta
  • Suparwi Suparwi Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Surakarta
  • Emmelia Nadira Satiti Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Surakarta

Keywords:

Marketing, communication, startegy, Hotel Revenue

Abstract

This study discusses the marketing communication strategy carried out by inside by Melia Hotel of Yogyakarta in the form of a marketing communication strategy and its impact. The purpose of research to know Strategy of Marketing Communication in Innside by Melia Hotel Yogyakarta and the effect of it. The Approach method used is a qualitative approach that is processing data described in order to be eadily understood by readers, and take the data with interview, documentation, and observation. The results of the discussion are the marketing communication strategies carried out namely advertising, Sales Promotion, Public Relationns, Personal Sales Direct Marketing and Marketing startegies, If done well will have impact on the hotel room revenue increase. The conclusion of the research is that the marketing strategy is carried out in accordance with the theory and implemented well, it has an impact althought it still needs to be improved

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin, Zaenal, 2011, Penelitian Pendidikan, Bandung: Rosdakarya.

Arikunto, 2013, Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta.

Bidang Statistik Distribusi, 2018, Direktori Hotel dan Akomodasi Lainnya Daerah Istimewa Yogyakarta, Jakarta: Budang Statistik Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

David, Fred R, 2004, Manajemen startegi Konsep Edisi Ke 9, Jakarta: Indeks

Dharmamesta, Basu swastha dan T. Hani Handoko, 2004, Manajemen Pemasaran Perilaku Konsumen. Edisi Ketiga, Yogyakarta: Liberty.

Fahmi, Irham, 2015, Manajemen Strategis, Bandung: CV Alfabeta.

Garaldy. Tambajong, 2013, Bauran Pemasaran Pengaruhnya Terhadap Penjualan Sepeda Motor Yamaha. PT. Sarana Niaga Megah Kerta Menado, Jurnal EMBA.1291. Vol 1. No.3 September 2013

Greuning, Hennie Van. Et al. 2013, International Financial reporting Standards: Sebuah Panduan Prkatis. Jakarta: Salemba Empat.

Gunawan, Imam, 2014, Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktik, Jakarta: Bumi Aksara.

Hartono, Adrian, 2012, Pengaruh Strategi pemasaran Terhadap peningkatan Penjualan Pada perusahaan Dengan Menetapkan Alumni dan Mahasiswa Universitas Bina Nusantara Sebagai Objek Penelitian. Jurusan Manajemen, Universitas Binas Nusantara. Jakarta Barat.

Hendrik, Budi Untung, 2008, Coorporate Social Responsibility, Jakarta: Sinar Grafika.

Hermawan, Agus, 2012, Komunikasi Pemasaran, Jakarta: Erlangga

Ikatan Akuntan Indonesia, 2015, Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan, Jakarta: Ikatan Akuntan Indonesia

Kartikahadi, dkk, 2012, Akuntansi Keuangan, Jakarta: Salemba Empat.

Kieso, Weygandt dan Wrfield, 2011, Akuntansi Intermediate, Edisi Kedua belas, Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Amstrong, Gary, 2008, Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Amstrong, Gary. 2012, Dasar-dasar Pemasaran. Edisi 13 Jilid 1, Jakarta: Erlangga.

Kotler dan Keller, 2012, Manajemen Pemasaran Jilid 2, Edisi Ketiga belas, Jakarta: Erlangga.

Lam dan Lau, 2014, Akuntansi Keuangan: Intermediate Financial Reporting (Perspektif IFRS), Jakarta: Salemba Empat.

Laurencya, Regina, 2015, Startegi Komunikasi Pemasaran Grand Wahid Hotel Salatiga dalam Upaya Meningkatkan Pelayanan Terhadap Konsumen, Skripsi Program Studi Public Relations FTI UKSW, Salatiga: UKSW.

Lestari, Sinta Petri, 2015, Hubungan Komunikasi Pemasaran dan promosi Dengan Keputusan Memilih Jasa Layanan Kesehatan (Studi Pada Rumah Sakit Islam Lumajang), Interkasi: Jurnal Ilmu Komunikasi, Vo. 4, No.2.

Lexy, J.Moleong, 2012, Metodologi Penelitian Kualtatif, Bandung: PT. Remaja

Maliluan, Fhilomena Caroline, Suharto, Sunyoto, 2017, Strategi Sales and Marketing Department dalam Mengelola Corporate rate dan Key Account di Hotel Gran Melia Jakarta, Jurnal Pariwisata Indonesia Vol.13 No.1, Surakarta: STP Sahid Surakarta

Manullang, 2015, Dasar-dasar Manajemen, Yogyakarta: UGM Press

Margono, 2004, Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta

Martani, dkk, 2016, Akuntansi Keuangan Menengah Berbasis PSAK, Jakarta: Salemba Empat.

Miles, M.B. Huberman, A. M dan Saldana.J 2014, Qualitative Data Analysis, a Methods Soaurces Book, Edition 3. USA: Sage Publications.

Mulyana, Deddy, 2010, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT. Remaja.

Mulyana, Dedy, 2014, Ilmu Komunikasi: Sutau Pengantar Cetakan ke 18, Bandung: Pt Remaja Rosdakarya.

Nurjaman & Umam, 2012, Komunikasi & Public Relation, Bandung: Pustaka Setia.

Nurwiyanti, Devi, 2017, Aktivitas Komunikasi Pemasaran Harris Hotel Batam Centre dalam Branding Institusi (Studi pada Bagian Marketing Communication Harris Hotel Batam Centre), Skripsi Fakultas social dan ekonomi, Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Purwanto, Iwan, 2012, Manajemen Startegi, Bandung: Yrma Widya.

Purwanto, 2012, Metodologi Penelitian Kuantitatif, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rangkuti, Freddy, 2015, Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Regina Laurencya, 2015, Strategi Komunikasi Pemasaran Grand Wahid Hotel Salatiga dalam Upaya Meningkatkan Pelayanan terhadap Konsumen, Salatiga: Skripsi program Studi Public Relations FTI-UKSW

Silalahi, Ulber, 2012, Metode Penelitian Sosial, Bandung: PT Refika Aditama.

Sodikin dan Riyono 2014, Akuntansi Pengantar 1, Edisi Kesimbilan, Yogyakarta: Sekolah tinggi Ilmu Manajemen YKPN.

Soekidjoe, 2005, Metode Penelitian Kesehatan, Jakarta: Rineka Cipta

Sofyan, Assauri, 2013, Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Sudaryono, 2016, Manajemen Pemasaran: Teori dan Implementasi. Banten: Penerbit Andi

Sugiyono, 2012, Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D), Bandung: Alfabeta

Sukmadinata dan Nana Syaoidh, 2013, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sunyoto, Danang, 2015, Startegi Pemasaran: Konsep Memenangkan Persaingan Bisnis dan Menakar Keberhasilan Startegi Menarik Konsumen, Bandung: Alfabeta.

Supranto, J, 2003, Metode Riset Aplikasi Dalam Pemasaran. Edisi Revisi Ketujuh, Yogyakarta: Rineka Cipta.

Susatyo, Herlambang, 2014, Basic Marketing (Dasar-Dasar Marketing), Yogyakarta: Gosyen Publising.

Swastha, Basu dan Irawan, 2001, Manajemen Pemasaran Modern, Liberty; Yogyakarta

Tatang, 2008, Dinamika Komunikasi, Surkarta: Pustaka Setia.

Usman, Nurdi, 2002, Konteks Implementasi berbasis Kurikulum, Bandung: CV. Sinar Baru

Vardiansyah, Danil, 2008, Filsafat Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar, Jakarta: Indeks.

Wijaya, Chiristedi Permana, Tri Priyono Budi Santosa, 2018, Startegi Pemasaran Dalam Meningkatkan Tingkat Hunian Kamar Pada Hotel Bali Mandira Legian- Bali, Vol.13, No.1 (2018) Jurnal Ekonomi dan Pariwisata.

W.Lamb, Charles, Joseph F.Hair, Carl Mcdaniel, 2001, Pemasaran, Jakarta: Salemba Empat.

Yusuf, A. Muri, 2014, Metodologi Penelutian Kuantitatif, Kualitatif dan penelitian Gabungan, Jakarta: Prenadamedia Group.

Yoeti, H Oka A, 2003. Strategi Pemasaran Hotel. PT. Gramedia. Jakarta.

Published

2019-07-01

How to Cite

Linuar Shima Dulang Parancana, E., Suparwi, S., & Nadira Satiti, E. (2019). Strategi Komunikasi Pemasaran Untuk Meningkatkan Room Revenue Di Innside by Melia Hotel Yogyakarta. Jurnal Pariwisata Indonesia, 15(1), 57–72. Retrieved from http://jurnal.stpsahidsurakarta.ac.id/index.php/JPI/article/view/147