Peranan Receiving Dalam Meningkatkan Kelancaran Operasional Barang di Hotel Sahid Kusuma Raya

Authors

  • Agus Solikhin Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Surakarta

Keywords:

Penerimaan barang, teliti dan cermat

Abstract

Peranan penerimaan barang sangat dibutuhkan karena dapat membantu dalam peningkatan kelancaran operasional barang. Disamping itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara kerja seorang Receiving dalam proses penerimaan, penyimpanan dan pengeluaran barang di Hotel Sahid Kusuma Raya Surakarta. Dari penelitian ini akan diketahui apakah cara kerja yang dilakukan sudah sesuai dengan teori yang ada. Data penelitian peroleh dengan mengadakan observasi langsung pada bagian Receiving, Storing dan Issuing di Hotel Sahid Kusuma Raya Surakarta, wawancara dengan pihak-pihak yang terlibat dalam proses tersebut dan juga diperoleh dari kajian pustaka. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukan bahwa dalam penerimaan, penyimpanan dan pengeluaran barang oleh bagian Receiving dan Storing di Hotel Sahid Kusuma Raya Surakarta sudah sesuai dengan dokumen dan catatan akuntansi yang digunakan. Saran didalam menggunakan dokumen untuk penerimaan barang, penyimpanan dan pengeluaran barang khususnya didalam pencatatan keluar masuknya barang harus cermat, teliti agar tidak terjadi kekeliruan dalam tugas dan tanggung jawabnya masing-masing.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bartono.2005 Analisis Food Product. Yogyakarta: Andi.

Marsum WA. 2001. Restoran dan Segala Permasalahannya.Yogyakarta: Andi.

Oka.A.Yoeti.2001. Ilmu Pariwisata Sejarah, Perkembangan, dan Prospeknya. Jakarta: FT.PERTJA.

Sihite, Richart , 2000. Hotel Accounting and Cashier.Surabaya:SlC.

Sugiarto Endar dkk.2001. Teknik Sampling. Jakarta:PT Gramedia Pustaka Utama.

Sulastyono, Agus. l999. Seri Manajemen Usaha Jasa Sarana Pariwisata dan Akomodasi. Bandung:Alfabeta.

Yunus,Hudari.l973. Sistem Akuntansi dan Pengawasan. Yogyakarta: Fakultas Ekonomi UGM.

Zul.F. EM dan Aprilia S, Ratu.Tanpa Tahun.Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Difa Publisher.

Published

2008-06-01

How to Cite

Solikhin, A. (2008). Peranan Receiving Dalam Meningkatkan Kelancaran Operasional Barang di Hotel Sahid Kusuma Raya. Jurnal Pariwisata Indonesia, 4(1), 90–95. Retrieved from http://jurnal.stpsahidsurakarta.ac.id/index.php/JPI/article/view/8