PENGARUH KEGIATAN EKSTERNAL PUBLIC RELATIONS TERHADAP PENINGKATAN CITRA PERUSAHAAN PADA HOTEL ALILA JAKARTA

Authors

  • Unggul Putra Jaya Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Surakarta
  • Sunyoto Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Surakarta
  • Febri Hapsari Dipokusumo Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Surakarta

Keywords:

Pengaruh, Public Relations, Peningkatan, Citra

Abstract

Hotel adalah suatu jenis akomodasi yang menyediakan jasa penginapan, pelayanan makanan dan minuman serta fasilitas-fasilitas lain untuk umum yang dikelola secara professional dan komersial. Kegiatan eksternal Public Relations membantu
memunculkan citra positif tentang amanat kegiatan eksternal Public Ralations perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui pengaruh program Kegiatan Eksternal Public Relations dalam mempertahankan citra Hotel Alila Jakarta.
(2) Untuk mengetahui pengaruh peran serta karyawan dalam Kegiatan Eksternal PublicRelations terhadap peningkatan Citra Hotel Alila Jakarta. Penelitian ini merupakan penelitian dengan teknik deskriptif kualitatif artinya data yang dipeoleh melalui
penelitian kemudian dilaporkan apa adanya, kemudia dianalisis secara deskriptif untuk mendapatkan gambaran mengenai fakta yang ada di lapangan. Hasil penelitian penulis ini dapat disimpulkan bahwa: Kegiatan eksternal Public Relations tampak berpengaruh kepada peningkatan citra pada Hotel Alila Jakarta, pernyataan tersebut didukung oleh responden yang menjawab ya sebanyak (80%) karena peningkatan citra hotel Alila Jakarta dipengaruhi salah satunya dari kegiatan eksternal public relations dan peranan karyawan sebagai bagian dari internal public relations. Peningkatan Citra Positif Hotel
berpengaruh kepada citra perusahaan pada hotel Alila Jakarta, pernyataan tersebut didukung oleh responden yang menjawab ya sebanayak (82,7%), karena peningkatan citra hotel Alila Jakarta bisa dilihat dari meningkatnya tingkat hunian kamar, dikenal
oleh masyarakat, review tamu dan banyaknya pelanggan atau tamu hotel.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

A, Busyra, dan Isya W, Corporate Social Responsibility: Prinsip, Pengaturan, dan Implementasi, Malang: InTRANS Institut, 2008.

Akbar hawadi Reni, Ike Anggraini, Khairunnisa. (2006). Bekerjasama, Aktivitas Untuk Mendorong Anak Suka Bekerjasama. Jakarta: divisi

buku perguruan tinggi.

Anggoro, M. Linggar, 2000. Teori dan Profesi Kehumasan serta Aplikasinya di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Published

2021-07-03

How to Cite

Putra Jaya, U., Sunyoto, & Hapsari Dipokusumo, . F. . (2021). PENGARUH KEGIATAN EKSTERNAL PUBLIC RELATIONS TERHADAP PENINGKATAN CITRA PERUSAHAAN PADA HOTEL ALILA JAKARTA. Jurnal Pariwisata Indonesia, 16(2), 56–70. Retrieved from http://jurnal.stpsahidsurakarta.ac.id/index.php/JPI/article/view/331