STUDI PENELITIAN TENTANG PERAN RESEPSIONIS TERHADAP TINGKAT KUALITAS PELAYANAN INFORMASI DI FRONT OFFICE DEPARTMENT HOTEL AGAS INTERNASIONAL SOLO

Authors

  • Wahyu Putri Ningrum Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Surakarta

Keywords:

Peran Resepsoinis, Kualitas Pelayanan Informasi

Abstract

Hotel Agas Internasional merupakan perusahaan yang bergerak di bidang industri keramah tamahan,berada di lokasi yang strategis di tengah kota Solo. Hotel Agas termasuk hotel Bisnis,dimana setiap tamu yang datang baik group maupun individu memiliki tujuan masingmasing,baik mengadakan pertemuan maupun liburan keluarga.Begitu beragam tujuan tamu,maka resepsionis yang akan menjadi pusat atau duta dari hotel trsebut,harus cekatan dan tanggap dalam mengkondisikan situasi untuk menyesuaikan kebutuhan tamu agar informasi yang mereka perlukan cepat,tepat dan sesuai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran resepsionis terhadap tingkat kualitas pelayanan informasi di front office department Hotel Agas Internasionl.Metode penelitian yang digunakan adalah metode analis kualitatif yaitu metode yang
menggunakan data-data yang diperoleh dalam observasi untuk dianalisa dengan menggunakan bantuan formulasi guna mempermudah penarikan kesimpulan,kemudian dipaparkan untuk mengetahui gambaran secara sistematis,aktual,dan akurat. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa resepsionis Hotel Agas Internasional memiliki kemampuan berkomunikasi cukup baik,dengan prosentase trtinngi 57%,sementara dalam penguasaan bahasa asing lebih baik dengan
prosentase 60%,sedangkan faktor tanggung jawab menyatakan 57% sebagai nilai tertinggi dari pertanyaan yang diajukan. Nilai yang cukup baik namun disarankan perlu diadakan program pengoptimalan kinerja agar resepsionis lebih maksimal dalam menyampaikan informasi pada tamu.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agusanwar, 2004. Resepsionis Hotel . PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Bagyono. 2007. Pariwisata dan Perhotelan. Alfabeta. Bandung.

Sambodo, A dan Bagyono. 2006. Dasar –dasar Kantor Depan Hotel. Andi, Yogyakarta.

Published

2013-06-27

How to Cite

Putri Ningrum , W. . (2013). STUDI PENELITIAN TENTANG PERAN RESEPSIONIS TERHADAP TINGKAT KUALITAS PELAYANAN INFORMASI DI FRONT OFFICE DEPARTMENT HOTEL AGAS INTERNASIONAL SOLO. Jurnal Pariwisata Indonesia, 9(1). Retrieved from http://jurnal.stpsahidsurakarta.ac.id/index.php/JPI/article/view/327