UPAYA MENINGKATKAN PROFESIONALISME ROOM ATTENDANT UNTUK MENUNJANG KEBERSIHAN DAN KERAPIAN KAMAR DI HOTEL HYATT REGENCY YOGYAKARTA

Authors

  • Sokhma Hidayat Tuloh Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Surakarta

Keywords:

Profesionalisme Room Attendant, Kebersihan dan Kerapian Kamar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya meningkatkan profesionalisme room attendant, meliputi pengabdian pada profesi, tanggung jawab, disiplin kerja, keyakinan terhadap profesi, dan kerjasama sesama room attendant di hotel Hyatt Regency Yogyakarta, serta untuk mengetahui pengaruh dari upaya meningkatkan profesionalisme room attendant
terhadap kebersihan dan kerapian kamar. Jenis penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi observasi, kuesioner, dan wawancara. Kemudian untuk teknik analisis data yang digunakan adalah triangulasi yang meliputi pengumpulan data, pemilihan data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah variabel bebas (X) yaitu profesionalisme room attendant dan variabel terikat (Y) yaitu kebersihan dan kerapian. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat diperoleh informasi bahwa upaya meningkatkan profesionalisme room attendant meliputi pengabdian pada profesi, tanggung
jawab, disiplin kerja, keyakinan terhdap profesi, dan kerjasama sesama room attendant merupakan kegiatan untuk menunjang kebersihan dan kerapian kamar, serta pengaruh terhadap kebersihan dan kerapian kamar yang memberikan kepuasan pelayanan bagi tamu.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Charles E. Stedmon, Michael L. Kasavana.2009. Managing Front Office Operation. USA: American Hotel and Motel Association (AHMA).

Dimyati dan Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta dan Depdikbud.

Hermawan, Asep. 2008. Penelitian Bisnis Paradigma Kuantitatif. Jakarta: Grasindo.

Published

2021-06-27

How to Cite

Hidayat Tuloh, S. . (2021). UPAYA MENINGKATKAN PROFESIONALISME ROOM ATTENDANT UNTUK MENUNJANG KEBERSIHAN DAN KERAPIAN KAMAR DI HOTEL HYATT REGENCY YOGYAKARTA. Jurnal Pariwisata Indonesia, 16(2), 45–55. Retrieved from http://jurnal.stpsahidsurakarta.ac.id/index.php/JPI/article/view/320