KEPUASAN KARYAWAN DITINJAU DARI KOMPENSASI DAN PENGHAGAAN DI FOOD AND BEVERAGE DEPARTMENT PADA HARPER HOTEL MANGKUBUMI, YOGYAKARTA BY ASTON

Authors

  • Dewi Hermawati Wahyuningsih Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Surakarta

Keywords:

Kepuasan Karyawan, Kompensasi dan Penghargaan.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kompensasi dan penghargaansecara bersama maupun secara parsial terhadap kepuasan karyawan di di Food and Beverage Department pada Harper Hotel Mangkubumi Yogyakarta by Aston. Penelitian ini dilakukan dengan mengambil sampel 30 karyawan. Penelitian ini menggunakan metode kuesioner. Secara
spesifik, teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh. Teknik analisis yang digunakan dengan uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, model analisis regresi linier berganda dan uji hipotesis. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kompensasi tidak berpengaruh terhadap kepuasan karyawan dan penghargaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan karyawan. Dari hasil perhitungan didapatkan bahwa kompensasi dan penghargaan secara bersama mempengaruhi kepuasan karyawan di Harper Hotel Mangkubumi, Yogyakarta by Aston sebesar 34,2%.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Byas, Rue. 2000. Pengartian Penghargaan /Reward, Jakarta: Grafindo.

Dessler. Gerry. 1997. Pengertian Kompensasi, Jakarta: PT. Prenhalindo.

Hasibuan. 2002. Kompensasi Langsung, Jakarta: Bumi Aksara.

Published

2023-02-24

How to Cite

Hermawati Wahyuningsih, D. . (2023). KEPUASAN KARYAWAN DITINJAU DARI KOMPENSASI DAN PENGHAGAAN DI FOOD AND BEVERAGE DEPARTMENT PADA HARPER HOTEL MANGKUBUMI, YOGYAKARTA BY ASTON. Jurnal Pariwisata Indonesia, 16(2). Retrieved from http://jurnal.stpsahidsurakarta.ac.id/index.php/JPI/article/view/318