Pengaruh Strategi Pemasaran Bus Tingkat Wisata Werkudara Terhadap Jumlah Wisatawan Untuk Menikmati Solo City Tour

Authors

  • Sarita Anggun Pratiwi Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Surakarta
  • Budi Purnomo Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Surakarta

Keywords:

Bus Tingkat Wisata Werkudara, Pengaruh Strategi Pemasaran, Jumlah Wisatawan

Abstract

Bus tingkat wisata Werkudara yang menjadi transportasi wisata yang diunggulkan di Solo. Pemerintah Kota Solo mengembangkan moda transportasi dan memasarkan Bus Tingkat Wisata Werkudara dioptimalkan untuk memperkenalkan Kota Solo beserta segenap potensi dan kekayaan budaya yang ada didalamnya kepada masyarakat dunia. Berdasarkan hal tersebut diatas, maka penulis tertarik untuk meneliti bagaimana pengaruh strategi pemasaran bus tingkat wisata terhadap jumlah wisatawan untuk menikmati Solo city tour. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengelolaan dan pengoprasian, strategi pemasaran, dan pengaruh strategi pemasaran bus tingkat wisata Werkudara.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data dengan metode observasi, wawancara, dan dokumen. Hasil penelitian ini adalah promosi dan pemasaran yang dilakukan sangat berpengaruh dengan jumlah wisatawan yang menggunakan bus tingkat wisata Werkudara, dengan adanya bus tingkat wisata Werkudara maka jumlah wisatawan untuk berkunjung ke Solo semakin banyak karena dapat berwisata keliling Kota Solo dengan menggunakan bus tingkat wisata Werkudara dan berdampak meningkatnya jumlah kunjungan wisata di Kota Solo. Dari tahun pertahun pengguna bus tingkat wisata Werkudara semakin meningkat sehingga promosi dan pemasaran  bus tingkat wisata yang dilakukan pemerintah berhasil menarik perhatian masyarakat dari Solo maupun dari luar Solo. kesimpulan dari penelitian ini adalah strategi pemasaran yang dilakukan pemerintah Kota Solo sangat berpengaruh terhadap jumlah wisatawan yang melakukan city tour terutama strategi pemasaran melalui sosial media.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arsip Dinas Perhubungan Kota Solo “Sejarah Bus Tingkat Wisata Werkudara Solo”

Arsip Dinas Perhubungan Kota Solo “Daftar Event Pemakaian Bus Tingkat Wisata Werkudara pada tahun 2014”

Abbas, Salim. 2006. Managemen Transportasi. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Arswendo, Atmowiloto. 2008. Kitab Solo. Surakarta : Pemerintah Kota Surakarta.

Dinasti, Sitepu. 2005. Faktor Pendukung Pariwisata. Jakarta : Gramedia.

Gamal, Suwantoro. 2004. Dasar – Dasar Pariwisata. Yogyakarta : ANDI.

Irawan 2010. Manajemen Pariwisata. Yogyakarta. Gramedia.

Kotler, Philip. 2001. Manajemen Pemasaran di Indonesia : Analisis, Perencanaan,

Implementasi dan Pengendalian. Salemba Empat. Jakarta.

Kotler, P & Amstrong, G. 2001. Prinsip pemasaran. Salemba Empat. Jakarta.

Lupiyoadi, Rambat dan A. Hamdani. 2006. Strategi Bauran Promosi. Erlangga. Jakarta

Radiosunu. 2001. Strategi Pemasaran. Jakarta : Gramedia

Stanton, William J. 2001. Prinsip Pemasaran. Erlangga. Jakarta.

Swastha, Basu dan Irawan.2005, Manajemen Pemasaran Modern, Liberty, Yogyakarta.

http://www.surakarta.go.id/konten/bus-tingkat-Werkudara

http://tentangSolo.web.id/transportasi/bis-tingkat-Werkudara

http://www.terranet.or.id/mitra/p2par/dokumen

Published

2016-06-01

How to Cite

Anggun Pratiwi, S., & Purnomo , B. (2016). Pengaruh Strategi Pemasaran Bus Tingkat Wisata Werkudara Terhadap Jumlah Wisatawan Untuk Menikmati Solo City Tour. Jurnal Pariwisata Indonesia, 12(1), 50–61. Retrieved from http://jurnal.stpsahidsurakarta.ac.id/index.php/JPI/article/view/204