Strategi Pemasaran Kampung Wisata Baluwarti Sebagai Destinasi Wisata Budaya di Kota Surakarta

Authors

  • Bintang Marsriwa Nusantara Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Surakarta
  • Agus Gunawan Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Surakarta
  • Deria Adi Wijaya Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Surakarta

Keywords:

Potensi Kampung Wisata Baluwarti, Strategi Pengelolaan, Strategi Pemasaran

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui potensi-potensi apa saja yang ada di Kampung Wisata Baluwarti, strategi pengelolaan yang ada di Kampung Wisata Baluwarti, serta strategi pemasaran yang digunakan untuk memasarkan Kampung Wisata Baluwarti sebagai destinasi wisata budaya di Indonesia.Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yakni proses penelitian dengan memilih objek penelitian kemudian dilanjutkan dengan merumuskan permasalahan dan mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan objek penelitian, kemudian mengumpulkan data yang berkaitan dengan perumusan masalah, kemudian menyusunnya dan melakukan penganalisaan data. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, studi pustaka, wawancara, dan studi dokumen.Hasil penelitian yang dilakukan penulis bahwa potensi yang ada di Kampung Wisata Baluwarti meliputi potensi cagar budaya, potensi atraksi budaya, potensi event budaya, potensi makanan khas Baluwarti, potensi kerajinan unggulan. Dalam strategi pengelolaan pengelola Kampung wisata Baluwarti membuat organisasi-organisasi diantaranya ialah Panitia Pengelola Kampung Wisata Budaya (PPKWB), Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS), serta kelompok kerja (POKJA). Dalam melakukan pemasaran, Kampung Wisata Baluwarti menerapkan beberapa strategi diantaranya ialah strategi pemasaran melalui media sosial, media cetak, serta strategi pemasaran gethok tular (word of mouth). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah potensi potensi wisata budaya yang ada sungguh menarik. Strategi pengelolaan sudah dilakukan secara efektif. Usaha pemasaran yang dilakukan belum maksimal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arismayanti, 2008. Budaya Wisata. Surabaya: PT Surya Pratama

Elnora, 2003. Segmentasi Pasar. Jogja: Graha Ilmu

Gerilya, 2005. Pariwisata Budaya. Jakarta: PT Pradnya Pramita

Hadiwijoyo, 2012. Kampung Wisata Budaya. Jakarta: PT Gramedia PustakaUtama

Hermawan Kartajaya dan Nirwandar, Sapta. 2013. Marketingtoursim 3. 0.Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

I Gede Ardika. 2011. Pemasaran Pariwisata Internasional. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia

Kersul.2003. Penyelenggaraan Operasi Perjalanan Wisata. Jakarta: Gramedia

Kottler, Philip. 1993. Manajemen Pemasaran Analisis Perencanaan Pengendalian. Jakarta: PT Erlangga

Mathieson and Wall, 1982. Tourism Equipment. Sydney: Tourism Education

M. Kesrul. 2004. Panduan Praktis Pramuwisata Profesional. Jogja: GRAHA ILMU

Musanef, 1996.Managemen Usaha Perjalanan.Di Indonesia, Jakarta : PT Gunung Agung

Nasution, 2003. Pemasaran Kampung Wisata. Bandung: Rosdakarya

Nurahman Hanai, 2006. Indonesia Bangkit. Jakarta: PT Gramedia Pustka Utama

Nuryanti, 2003. Pengembangan Kampung Wisata. Jakarta: PN Balai Pustaka

Nyoman S. Pendit, 2003. Ilmu Pariwisata, Sebuah Pengantar PerdanaJakarta: PN Balai Pustaka

Oka.A. Yoeti.1982.Tour And Management. Jakarta : PT Pradnya Paramita

Poerwodarminto, W. J. S. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta : PN Balai Pustaka

R. S Damardjati, 2004. Pariwisata dalam Budaya. Jakarta: PT Erlangga

Wahab, Salah. 1997. Pemasaran Pariwisata. Jakarta. PT. Pradnya Paramita

Weller, Betty and Collin. 1992. Special Interest Tourism. London: Bellhaven Press

www/alatmusiktradisional.com

www.jogjatrip.com

www.keratonsolo.com

www.kuliner.panduanwisata.com

www.wisatajawa.com

Published

2015-06-01

How to Cite

Marsriwa Nusantara, B., Gunawan, A., & Adi Wijaya, D. (2015). Strategi Pemasaran Kampung Wisata Baluwarti Sebagai Destinasi Wisata Budaya di Kota Surakarta. Jurnal Pariwisata Indonesia, 11(1), 1–19. Retrieved from http://jurnal.stpsahidsurakarta.ac.id/index.php/JPI/article/view/195