Strategi Pemasaran Kampung Wisata Baluwarti Sebagai Destinasi Wisata Budaya di Kota Surakarta
Keywords:
Potensi Kampung Wisata Baluwarti, Strategi Pengelolaan, Strategi PemasaranAbstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui potensi-potensi apa saja yang ada di Kampung Wisata Baluwarti, strategi pengelolaan yang ada di Kampung Wisata Baluwarti, serta strategi pemasaran yang digunakan untuk memasarkan Kampung Wisata Baluwarti sebagai destinasi wisata budaya di Indonesia.Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yakni proses penelitian dengan memilih objek penelitian kemudian dilanjutkan dengan merumuskan permasalahan dan mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan objek penelitian, kemudian mengumpulkan data yang berkaitan dengan perumusan masalah, kemudian menyusunnya dan melakukan penganalisaan data. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, studi pustaka, wawancara, dan studi dokumen.Hasil penelitian yang dilakukan penulis bahwa potensi yang ada di Kampung Wisata Baluwarti meliputi potensi cagar budaya, potensi atraksi budaya, potensi event budaya, potensi makanan khas Baluwarti, potensi kerajinan unggulan. Dalam strategi pengelolaan pengelola Kampung wisata Baluwarti membuat organisasi-organisasi diantaranya ialah Panitia Pengelola Kampung Wisata Budaya (PPKWB), Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS), serta kelompok kerja (POKJA). Dalam melakukan pemasaran, Kampung Wisata Baluwarti menerapkan beberapa strategi diantaranya ialah strategi pemasaran melalui media sosial, media cetak, serta strategi pemasaran gethok tular (word of mouth). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah potensi potensi wisata budaya yang ada sungguh menarik. Strategi pengelolaan sudah dilakukan secara efektif. Usaha pemasaran yang dilakukan belum maksimal.
Downloads
References
Arismayanti, 2008. Budaya Wisata. Surabaya: PT Surya Pratama
Elnora, 2003. Segmentasi Pasar. Jogja: Graha Ilmu
Gerilya, 2005. Pariwisata Budaya. Jakarta: PT Pradnya Pramita
Hadiwijoyo, 2012. Kampung Wisata Budaya. Jakarta: PT Gramedia PustakaUtama
Hermawan Kartajaya dan Nirwandar, Sapta. 2013. Marketingtoursim 3. 0.Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
I Gede Ardika. 2011. Pemasaran Pariwisata Internasional. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia
Kersul.2003. Penyelenggaraan Operasi Perjalanan Wisata. Jakarta: Gramedia
Kottler, Philip. 1993. Manajemen Pemasaran Analisis Perencanaan Pengendalian. Jakarta: PT Erlangga
Mathieson and Wall, 1982. Tourism Equipment. Sydney: Tourism Education
M. Kesrul. 2004. Panduan Praktis Pramuwisata Profesional. Jogja: GRAHA ILMU
Musanef, 1996.Managemen Usaha Perjalanan.Di Indonesia, Jakarta : PT Gunung Agung
Nasution, 2003. Pemasaran Kampung Wisata. Bandung: Rosdakarya
Nurahman Hanai, 2006. Indonesia Bangkit. Jakarta: PT Gramedia Pustka Utama
Nuryanti, 2003. Pengembangan Kampung Wisata. Jakarta: PN Balai Pustaka
Nyoman S. Pendit, 2003. Ilmu Pariwisata, Sebuah Pengantar PerdanaJakarta: PN Balai Pustaka
Oka.A. Yoeti.1982.Tour And Management. Jakarta : PT Pradnya Paramita
Poerwodarminto, W. J. S. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta : PN Balai Pustaka
R. S Damardjati, 2004. Pariwisata dalam Budaya. Jakarta: PT Erlangga
Wahab, Salah. 1997. Pemasaran Pariwisata. Jakarta. PT. Pradnya Paramita
Weller, Betty and Collin. 1992. Special Interest Tourism. London: Bellhaven Press
www/alatmusiktradisional.com
www.jogjatrip.com
www.keratonsolo.com
www.kuliner.panduanwisata.com
www.wisatajawa.com
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Bintang Marsriwa Nusantara, Agus Gunawan, Deria Adi Wijaya
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.