Strategi Pengembangan Wisata Alam Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan di Obyek Wisata Umbul Sidomukti Bandungan Semarang

Authors

  • Evi Rusvitasari Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Surakarta
  • Agus Solikhin Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Surakarta

Keywords:

Strategi, Kunjungan

Abstract

Obyek Wisata Umbul Sidomukti adalah obyek wisata alam yang mempunyai daya tarik dan potensi yang luar biasa bagus, namun dalam mengembangkan obyek tersebut perlu adanya strategi promosi yang dilakukan oleh pihak pengelola untuk mengenalkan obyek wisata tersebut agar wisatawan tertarik untuk mengunjungi obyek wisata Umbul Sidomukti. Berdasarkan hal tersebut penulis merumuskan masalah yaitu (1) Faktor yang membuat wisatawan belum mengetahui obyek wisata alam Umbul Sidomukti, (2) Faktor yang menjadi penghambat wisatawan untuk berkunjung ke obyek, (3) Untuk mengetahui strategi apa saja yang sudah dilakukan oleh pihak pengelola. Penelitian ini mengambil lokasi di Desa Sidomukti, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang. Penulisan laporan ini disajikan dengan cara metode deskriptif kualitatif untuk memperoleh gambaran berbagai informasi yang berhubungan dengan strategi pengelola untuk meningkatkan kunjungan wisatawan. Hasil pembahasan, penelitian ini bahwa (1) Pihak pengelola obyek baru mempromosikan obyek wisata ini di area Semarang, (2) Selain kurangnya promosi ternyata yang menjadi faktor penghambat wisatawan adalah faktor jalan, (3) Mengetahui strategi yang sudah dilakukan oleh pengelola. Melalui hasil analisis data yang diolah dalam pembahasan dapat disimpulkan bahwa obyek wisata alam Umbul Sidomukti memiliki daya tarik dan potensi yang besar untuk menjadi obyek wisata alam yang menyajikan keindahan alam serta fasilitas yang sudah disediakan oleh pihak pengelola mampu bersaing dengan obyek wisata alam lainnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arief Nurfianto Chandra P., 2013. Pengaruh Objek dan Daya Tarik Wisata Desa Wisata Lencoh Terhadap Kunjungan Wisata di Kabupaten Boyolali. Surakarta: Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Surakarta

Basu Swastha, 1998. Manajemen Pemasaran Modern. Liberty: Yogyakarta

Cintia Novikasari, 2008. Potensi dan Pengembangan Taman Renang Alam Umbul Sidomukti di Kabupaten Semarang. Surakarta: Fakultas Sastra dan Seni Rupa Universitas Sebelas Maret

Damardjati R.S, 2001. Istilah-istilah Dunia Pariwisata. Jakarta: Pradnya Paramita

H. Kodhyat, 1983. Kamus Pariwisata dan Perhotelan. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia

Oka A. Yoeti, 1997. Perencanaan dan Pengembangan Pariwisata. Jakarta: Pradnya Paramita

Oka A.Yoeti, 2010. Dasar-dasar Pengertian Hopitaliti dan Pariwisata. Bandung

Oka A.Yoeti, 1985. Pengantar Ilmu Pariwisata. Bandung: Angkasa

Pendit, Nyoman S., 1994. Ilmu Pariwisata. Jakarta: Pradnya Paramita

Samsuridjal D dan Kaelany HD., 1997. Peluang di Bidang Pariwisata. Cetakan Kedua. Jakarta: Penerbit PT Mutiara Sumber Widya

Suwantoro Gamal, 1997. Dasar-Dasar Pariwisata. Andi Publishing

Spillane, J James, 1987. Ekonomi Pariwisata, Sejarah, dan Prospeknya. Jakarta: Kanisius

Undang-undang No 10. 2009: pasal 1. Tentang Kepariwisataan. Bandung: Penerbit Citra Umbara

WikipediaIndonesia.PariwisatadiIndonesia, www.wikipedia.com, 4 Maret 2014.

www.kemendagri.go.id/media/documents/2010/.../uu_no.10-2009.doc, 6 Maret 2014.

www.umbulsidomukti.com. 8 Juli 2014.

Published

2014-12-01

How to Cite

Rusvitasari, E., & Solikhin, A. (2014). Strategi Pengembangan Wisata Alam Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan di Obyek Wisata Umbul Sidomukti Bandungan Semarang. Jurnal Pariwisata Indonesia, 10(1), 1–23. Retrieved from http://jurnal.stpsahidsurakarta.ac.id/index.php/JPI/article/view/184