Strategi Sales And Marketing Department Dalam Mengelola Corporate Rate dan Key Account di Hotel Grand Melia Jakarta

Authors

  • Fhilomena Caroline Maliluan Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Surakarta
  • Suharto Suharto Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Surakarta
  • Sunyoto Sunyoto Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Surakarta

Keywords:

Sales and Marketing, revenue, key account, corporate rate

Abstract

Hotel merupakan sarana akomodasi yang dikelola secara komersial untuk meningkatkan pendapatan hotel.Oleh karena itu, diperlukan departemen khusus yang berperan dalam meningkatkan pendapatan hotel. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui: (1) Strategi Sales and Marketing untuk menarik minat perusahaan-perusahaan untuk membuat coorporate rate di Hotel Gran Melia Jakarta, (2) Strategi Sales and Marketing Department dalam mengelola corporate rate di Hotel Gran Melia Jakarta, dan (3) Strategi Sales and Marketing dalam mengelola Key Account Company di Hotel Gran Melia Jakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dan menggunakan sumber data primer dan sekunder.Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, wawancara, dan guest comment. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa strategi Sales and Marketing untuk menarik minat perusahaan, mengelola corporate rate, dan mengelola key account sangat berpengaruh terhadap revenue Sales and Marketing Department yang ditunjukkan melalui interview melalui pertanyaan-pertanyaan tentang: strategi dalam melakukan kerjasama dengan company, syarat untuk calon account atau perusahaan untuk memenuhi harga kerjasama, persiapan yang dilakukan Sales and Marketing untuk membuat corporate rate, pengelolaan corporate rate, perencanaan dalam menentukan key account, key account mempengaruhi revenue hotel, dan proses check-in dan check-out.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agung Permana Hadi. 2008. Manajemen Marketing Perhotelan.

American Marketing Association (AMA). 1960. Marketing Definitions: A Glossary of Marketing Terms, Committee of Definitions, Chicago.

Arikonto, Suharsini. 2002. Pengerrtian Populasi.

Aulia Izza Orbani. Terminologi Perhotelan: Pengertian Guest Comment.

Boglen dan Bikken. 1992. Ciri-ciri Kualitatif.

Denkin, Norman. Tentang Triangulasi

Fandy Tjiptono, Chandra, Gregorious. 2012. Pemasaran Strategik. Jakarta: PT Gramedia Indonesia.

Fandy Tjiptono dan Ogi Slistian. 2011.Tujuan Pemasaran.

Fandy Tjiptono dan Ogi Slistian. 2002. Bauran Promosi.

Gold Smith, Marshall. 2011. Good Habits. Jakarta: PT. Gramedia Indonesia

Kotler, Phillip. 1980. Principle of Marketing Edisi I.

Kotler, Phillip. 1985. Marketing Research.

Lazzar and Kelly. 1996. Hospitality Marketing.

Mazur, Paul. Marketing and the Social Challenge of Our Time.

Pearson and Wilson. Implementing, Organizing and Controlling Marketing Programs.

Ryals, Lynette and Mc Donald Malcolm. 2008. Key Account Plans.

Reid, Robert and Bojanic, David. Hospitality Marketing Management.

Ritherfors. 1989. Definisi Hotel Marketing.

Supranto. 2003. Definisi Operasional dan Pengukuran Variabel.

Supranto. 2003. Pengertian Sampel.

Patton. 1998. Tujuan Observasi.

Prabowo. 1996. Metode Wawancara.

Varret, Carol. 2000. Hotel Sales and Revenue Department

Wanigin, Tung Desem. 2008. Marketing Revolution

Published

2014-06-01

How to Cite

Caroline Maliluan, F., Suharto, S., & Sunyoto, S. (2014). Strategi Sales And Marketing Department Dalam Mengelola Corporate Rate dan Key Account di Hotel Grand Melia Jakarta. Jurnal Pariwisata Indonesia, 9(2), 82–100. Retrieved from http://jurnal.stpsahidsurakarta.ac.id/index.php/JPI/article/view/183