Pengembangan Objek Wisata Ziarah Makam Ki Ageng Balak Dalam Rangka Meningkatkan Kunjungan Wisatawan di Kabupaten Sukoharjo
Keywords:
Obyek Wisata Ziarah, PengembanganAbstract
Obyek wisata Makam Ki Ageng Balak merupakan salah satu obyek wisata ziarah di Kabupaten Sukoharjo yang menjadi unggulan. Keberadaannya masih mendapat perhatian dari Dinas Pariwisata Sukoharjo. Jumlah kunjungan wisatawan setiap bulannya mengalami perubahan, oleh karena itu Makam Ki Ageng Balak tetap memerlukan pengembangan di sekitar obyek wisatanya agar tingkat kunjungan wisatawan di Kabupaten Sukoharjo semakin meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah pengembangan obyek wisata ziarah Makam Ki Ageng Balak dalam rangka meningkatkan kunjungan wisatawan di Kabupaten Sukoharjo. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Dilakukan juga penghitungan prosentase pendapat responden dan analisis SWOT. Dari hasil pengolahan data diperoleh upaya pengembangan obyek wisata yang diperoleh dengan menggunakan konsep 4A (atraksi, aksesibilitas, amenitas dan aktivitas). Pengembangan dari atraksi wisata yang terdapat di Makam Ki Ageng Balak juga mempengaruhi tingkat kunjungan wisatawan. Aksesibilitas yang aman, nyaman serta mudah terjangkau oleh wisatawan, fasilitas-fasilitas di sekitar Makam Ki Ageng Balak, serta pengelolaan dan pemasaran wisata ziarah yang dilakukan oleh kelompok sadar wisata serta masyarakat sekitar menentukan keberhasilan dari pengembangan obyek wisata Makam Ki Ageng Balak. Dengan analisis SWOT diharapkan dapat dijadikan dasar dalam merumuskan upaya dalam pengembangan obyek wisata ziarah Makam Ki Ageng Balak untuk meningkatkan kunjungan wisatawan di Kabupaten Sukoharjo.
Downloads
References
Badudu, J.S, 1994. Kamus Besar Bahasa Indonesia
Endraswara, Suwardi, 2000. Metode Teori Teknik Penelitian. Pustaka Yogyakarta
Hadinoto, Kusudianto, 1996. Perencanaan Pengembangan Destinasi Pariwisata. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia
Nawawi, Hadari, 2000. Manajemen Strategik Organisasi Non Profit Bidang Pemerintahan. Yogyakarta: Gajah Mada University Press
Pendit, Nyoman S, 2003. Ilmu Pariwisata Sebuah Pengantar Perdana. Jakarta: PT. Pradnya Paramita
Pendit, Nyoman S, 2003. Ilmu Pengetahuan Pariwisata. Jakarta: PT. Pradnya Paramita
Pitana, I Gede dan I Ketut Surya Diarta, 2009. Pengantar Ilmu Pariwisata. Penerbit Andi:Yogyakarta
Soekadijo, R.G, 1997. Anatomi Pariwisata. PT. Gramedia Pustaka Utama: Jakarta
Undang-undang No 9 Tahun 1990 Tentang Kepariwisataan, 1990
Wahab, Shalah, 1997. Pemasaran Pariwisata. Jakarta: PT. Pradnya Paramita
Yoeti, Oka A, 1996. Pengantar Ilmu Pariwisata. Bandung: Angkasa
Yoeti, Oka A, 1996. Pemasaran Pariwisata. Bandung: Angkasa
Yoeti, Oka A, 1997. Perencanaan dan Pengembangan Pariwisata. Jakarta: PT. Pradnya Paramita.