Kajian Tentang Product Knowledge dan Standard Of Service Terhadap Tingkat Kinerja Bagi Waiter/Waitress di Kopi-O Restaurant Bintan Lagoon Resort
Keywords:
Product knowledge, kinerja waiter/waitressAbstract
Penelitian ini ditulis untuk mengetahui tentang pengaruh product knowledge dan standard of service terhadap tingkat kinerja waiter/waitress restaurant di Bintan Lagoon Resort. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah faktor method of cooking, penguasaan ingredient dan standard of service waiter/waitress restaurant di Bintan Lagoon resort. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif di mana data dikelompokkan, digabung, dianalisis, dan diambil kesimpulan dengan sumber data berasal dari observasi, wawancara, dokumentasi untuk mendapatkan informasi langsung mengenai kajian tentang product knowledge dan standard of service terhadap tingkat kinerja waiter/waitress restaurant di Bintan Lagoon Resort. Cara pengambilan sampel dilakukan dengan random yang berjumlah 5 orang waiter dan 5 orang waitress. Setelah diadakan penelitian, hasil yang didapat adalah faktor product knowledge sangat berpengaruh terhadap peningkatan kinerja waiter/waitress berdasarkan dari segi method of cooking 73% responden menjawab ya, penguasaan ingredient 73% responden menjawab ya, dan standard of service 53% responden menjawab ya. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penguasaan product knowledge dan standard of service berpengaruh terhadap tingkat kinerja waiter/waitress di Kopi-O Restaurant di Bintan Lagoon Resort.
Downloads
References
Bacal, Robert 2001. Performance Management. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.
Damardjati, R.S. 1981. Istilah-istilah Dunia Pariwisata. Jakarta : Pradnya Paramita
Djarwanto. 1998. Food and Beverage Service.
Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta : Penerbit Balai Pustaka Jakarta
Mangkuwerdoyo,Sudiarto. 1999.Pengantar Industri Akomodasi &Restoran.Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.
Sihite, Richard, S.sos. 2000. Hotel Management I Surabaya.
SK. Menpaspostel No.Km37/Pw.340/MPPT87
SK. MenpaspostelNo: KM.5/UM.209/MPPT-89
SK. Menteri Perhubungan No : Pm10/PW 301/Phb77
Soekresno. 2000. Manajemen Food and Beverage Service Hotel. Jakarta : PT Gramedia Pustaka
Sugiarto, 2001. Teknik Sampling. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama
Sulistiyono, A. 1999. Manajemen Menyelenggarakan Hotel Edisi Pertama. Bandung: Alfabeta
Undang-Undang Republik Indonesia, Tahun 1990 No 9.
Utomo, Deni, S. 2000. Manajemen Perhotelan dan Kepariwisataan. Jakarta: CV Reviri Ganda
World Tourism organization (WTO) internasional Union Of Office Travel Organization.
Yoeti, A Oka. 1996. Pengantar Ilmu Pariwisata. Bandung: Angkasa.