Kajian Tentang Product Knowledge dan Standard Of Service Terhadap Tingkat Kinerja Bagi Waiter/Waitress di Kopi-O Restaurant Bintan Lagoon Resort

Authors

  • Suparwanto Suparwanto Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Surakarta
  • I Resmi Triyarsi Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Surakarta

Keywords:

Product knowledge, kinerja waiter/waitress

Abstract

Penelitian ini ditulis untuk mengetahui tentang pengaruh product knowledge dan standard of service terhadap tingkat kinerja waiter/waitress restaurant di Bintan Lagoon Resort. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah faktor method of cooking, penguasaan ingredient dan standard of service waiter/waitress restaurant di Bintan Lagoon resort. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif di mana data dikelompokkan, digabung, dianalisis, dan diambil kesimpulan dengan sumber data berasal dari observasi, wawancara, dokumentasi untuk mendapatkan informasi langsung mengenai kajian tentang product knowledge dan standard of service terhadap tingkat kinerja waiter/waitress restaurant di Bintan Lagoon Resort. Cara pengambilan sampel dilakukan dengan random yang berjumlah 5 orang waiter dan 5 orang waitress. Setelah diadakan penelitian, hasil yang didapat adalah faktor product knowledge sangat berpengaruh terhadap peningkatan kinerja waiter/waitress berdasarkan dari segi method of cooking 73% responden menjawab ya, penguasaan ingredient 73% responden menjawab ya, dan standard of service 53% responden menjawab ya. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penguasaan product knowledge dan standard of service berpengaruh terhadap tingkat kinerja waiter/waitress di Kopi-O Restaurant di Bintan Lagoon Resort.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bacal, Robert 2001. Performance Management. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.

Damardjati, R.S. 1981. Istilah-istilah Dunia Pariwisata. Jakarta : Pradnya Paramita

Djarwanto. 1998. Food and Beverage Service.

Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta : Penerbit Balai Pustaka Jakarta

Mangkuwerdoyo,Sudiarto. 1999.Pengantar Industri Akomodasi &Restoran.Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Sihite, Richard, S.sos. 2000. Hotel Management I Surabaya.

SK. Menpaspostel No.Km37/Pw.340/MPPT87

SK. MenpaspostelNo: KM.5/UM.209/MPPT-89

SK. Menteri Perhubungan No : Pm10/PW 301/Phb77

Soekresno. 2000. Manajemen Food and Beverage Service Hotel. Jakarta : PT Gramedia Pustaka

Sugiarto, 2001. Teknik Sampling. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama

Sulistiyono, A. 1999. Manajemen Menyelenggarakan Hotel Edisi Pertama. Bandung: Alfabeta

Undang-Undang Republik Indonesia, Tahun 1990 No 9.

Utomo, Deni, S. 2000. Manajemen Perhotelan dan Kepariwisataan. Jakarta: CV Reviri Ganda

World Tourism organization (WTO) internasional Union Of Office Travel Organization.

Yoeti, A Oka. 1996. Pengantar Ilmu Pariwisata. Bandung: Angkasa.

Published

2011-01-01

How to Cite

Suparwanto, S., & Resmi Triyarsi, I. (2011). Kajian Tentang Product Knowledge dan Standard Of Service Terhadap Tingkat Kinerja Bagi Waiter/Waitress di Kopi-O Restaurant Bintan Lagoon Resort. Jurnal Pariwisata Indonesia, 6(2), 68–85. Retrieved from http://jurnal.stpsahidsurakarta.ac.id/index.php/JPI/article/view/89