Tinjauan Tentang Peranan Banquet Service Terhadap Kepuasan Tamu Dalam Penyelenggaraan Event di Hotel The Susan Surakarta
Keywords:
Peran banquet service, tingkat kepuasan tamuAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan, kemampuan kerja, serta tanggung jawab kerja terhadap tingkat kepuasan tamu di The Sunan Hotel Solo. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan analisa kualitatif yang dilakukan melalui studi kasus. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan banquet service di The Sunan Hotel Solo. Cara pengambilan sampel dilakukan melalui 10 orang karyawan dan 5 orang tamu. Pengumpulan data dilakukan dengan metode lapangan terdiri dari guest comment, observasi, kuesioner, dan studi pustaka. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik deskriptif kulitatif. Hasil penelitian di banquet service The Sunan Hotel Solo menerapkan peran banquet service terhadap tingkat kepuasan tamu, yaitu pendidikan, kemampuan kerja, dan tanggung jawab kerja. Berdasarkan kuesioner penelitian, sebanyak 76% responden menjawab ya tentang peran pendidikan terhadap tingkat kepuasan tamu, sebanyak 72% responden menjawab ya, tentang peran kemampuan kerja terhadap tingkat kepuasan tamu, dan sebanyak 88% responden menjawab ya tentang peran tanggung jawab kerja terhadap tingkat kepuasan tamu di The Sunan Hotel Solo. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa peran banquet service sangat berpengaruh terhadap tingkat kepuasan tamu di The Sunan Hotel Solo melalui faktor pendidikan, kemampuan kerja, dan tanggung jawab kerja.
Downloads
References
Budi, Hans, 2006. Ilmu Pariwisata. Jakarta. Gramedia Pustaka.
Dimyati, Aan Surachman. 1989. Pengetahuan Dasar Perhotelan. Jakarta. Devisi Ganan.
Fajri, EM. Zul dan Senja, Ratu Aprilia, FT. 2000. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Difa Publiser, Jakarta.
Handoko, T.Hani, 1984. Dasar-Dasar Manajemen Produksi dan Operasi. Yogyakarta:BPFE-UGM.
Hasibuan, SP.Hasibuan. Managemen Sumber Daya Manusia. Jakarta:Bumi Aksara.
Propitors, Act, 1956.
Rizal, Thalib, 2006. Teknik Pengelolaan Banquet. Edsa Mahlola : Jakarta.
Sihite Richard. 2000. Food Service (Tata Hidang). Surakata: SIC.
Soekresno, 2001. Management Food & Beverage Service Hotel. Gramedia Pustaka Utama: Jakarta.
Sugiarto, Endar. 2002. Psikologi Pelayanan dalam Industri Jasa. PT. Gramedia Pustaka Utama.
Tjiptono, Fandy. 2000. Manajemen Jasa. Yogyakarta: Andi Offset.
Wardiyanto. 2006. Metode Penelitian Pariwisata. Yogyakarta: Andi Offset.
Yoeti Oka A. 1996. Pengantar Pariwisata. PT. Gramedia Pustaka Utama.