Strategi Promosi Sebagai Langkah Pemasaran Pariwisata di Desa Wisata Plempoh Bokoharjo Prambanan Sleman
Keywords:
promosi, pemasaran, pariwisataAbstract
Perkembangan pariwisata di Indonesia semakin pesat akhir-akhir ini. Hal tersebut membawa dampak positif bagi masyarakat di lingkungan obyek wisata dalam hal pertumbuhan ekonomi. Dengan berlakunya undang-undang tentang otonomi daerah, maka pemerintah daerah memiliki otoritas dalam hal mengembangkan pariwisata di daerahnya. Salah satu obyek wisata yang menjadi andalan daerah Yogyakarta adalah Desa Wisata Plempoh. Meskipun demikian, kunjungan wisatawan pada destinasi wisata tersebut sangat kurang. Oleh karena itu, diperlukan strategi pemasaran yang tepat untuk memajukan potensi wisata Desa Wisata Plempoh dan meningkatkan kunjungan wisatawan. Setelah melalui analisis dan kajian yang mendalam terhadap penemuanpenemuan di lapangan, maka strategi pemasaran yang paling tepat dalam memajukan potensi pariwisata Desa Wisata Plempoh adalah dengan strategi promosi yang mengefektifkan peran PR (Public Relation).
Downloads
References
Ardika, I Wayan. 2007. Pusaka Budaya & Pariwisata. Pustaka Larasan: Denpasar
Boniface, Priscilla & Peter J. Fowler. 1993. Heritage and Tourism in the Global Village. Routledge: London
Brosur, 2007. Borobudur, Prambanan & Ratu Boko, PT (Persero) Taman Wisata Candi Yogyakarta.
Brosur, 2007. Obyek Wisata Candi di Sleman Jogja. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman.
C. Robinson JC Holloway, 1995. Marketing for Tourism, Third Edition. Longman: England
Cooper dkk, 1998. Tourism Principles and Practice (2nd edition). Prentice-Hall
Damanik, Janianton, Adjie K., H., Raharjana, D.T. 2005. Penanggulangan Kemiskinan Melalui Pariwisata. Keppel Press: Yogyakarta
Damanik & Weber, 2006. Perencanaan Ekowisata; dari Teori ke Aplikasi. ANDI: Yogyakarta
Santosa, B. 1995. Strategi Pengembangan Sektor Pariwisata Perspektif Manajemen Strategik Sektor Publik. YPAPI: Yogyakarta
Jurnal. 2006. Desa Wisata Kabupaten Sleman, Pusat Studi Pariwisata UGM
Kusmayadi. 2005. Metodologi Penelitian dalam Bidang Kepariwisataan. PT. Gramedia Pustaka Utama: Jakarta
Nurhidayati, Sri Endah. Community Based Tourism (CBT) Sebagai Pendekatan Pembangunan Pariwisata Berkelanjutan. Program Studi D3 Pariwisata FISIP Universitas Airlangga: Surabaya
Oka A. Yoeti. 2005. Perencanaan Strategis Pemasaran Daerah Tujuan Wisata. Pradnya Paramita: Jakarta
Oka. A. Yoeti,1996. Pemasaran Pariwisata Terpadu. Angkasa: Bandung
The Mountain Institute, Community Based Tourism for Conservation and Development: A Resource Kit. The Mountain Institute Washington D.C.: USA
Soekadijo, 1998. Anatomi Pariwisata; Memahami Pariwisata Sebagai Sistem Linkage. Gramedia: Jakarta
http://www.yogyes.com/id/yogyakarta-tourism-object/places-of-interest/ratu-boko, diakses pada bulan Juli, 2008.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 D Adi Wijaya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.