Strategi Promosi Sebagai Langkah Pemasaran Pariwisata di Desa Wisata Plempoh Bokoharjo Prambanan Sleman

Authors

  • D Adi Wijaya Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Surakarta

Keywords:

promosi, pemasaran, pariwisata

Abstract

Perkembangan pariwisata di Indonesia semakin pesat akhir-akhir ini. Hal tersebut membawa dampak positif bagi masyarakat di lingkungan obyek wisata dalam hal pertumbuhan ekonomi. Dengan berlakunya undang-undang tentang otonomi daerah, maka pemerintah daerah memiliki otoritas dalam hal mengembangkan pariwisata di daerahnya. Salah satu obyek wisata yang menjadi andalan daerah Yogyakarta adalah Desa Wisata Plempoh. Meskipun demikian, kunjungan wisatawan pada destinasi wisata tersebut sangat kurang. Oleh karena itu, diperlukan strategi pemasaran yang tepat untuk memajukan potensi wisata Desa Wisata Plempoh dan meningkatkan kunjungan wisatawan. Setelah melalui analisis dan kajian yang mendalam terhadap penemuanpenemuan di lapangan, maka strategi pemasaran yang paling tepat dalam memajukan potensi pariwisata Desa Wisata Plempoh adalah dengan strategi promosi yang mengefektifkan peran PR (Public Relation).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardika, I Wayan. 2007. Pusaka Budaya & Pariwisata. Pustaka Larasan: Denpasar

Boniface, Priscilla & Peter J. Fowler. 1993. Heritage and Tourism in the Global Village. Routledge: London

Brosur, 2007. Borobudur, Prambanan & Ratu Boko, PT (Persero) Taman Wisata Candi Yogyakarta.

Brosur, 2007. Obyek Wisata Candi di Sleman Jogja. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman.

C. Robinson JC Holloway, 1995. Marketing for Tourism, Third Edition. Longman: England

Cooper dkk, 1998. Tourism Principles and Practice (2nd edition). Prentice-Hall

Damanik, Janianton, Adjie K., H., Raharjana, D.T. 2005. Penanggulangan Kemiskinan Melalui Pariwisata. Keppel Press: Yogyakarta

Damanik & Weber, 2006. Perencanaan Ekowisata; dari Teori ke Aplikasi. ANDI: Yogyakarta

Santosa, B. 1995. Strategi Pengembangan Sektor Pariwisata Perspektif Manajemen Strategik Sektor Publik. YPAPI: Yogyakarta

Jurnal. 2006. Desa Wisata Kabupaten Sleman, Pusat Studi Pariwisata UGM

Kusmayadi. 2005. Metodologi Penelitian dalam Bidang Kepariwisataan. PT. Gramedia Pustaka Utama: Jakarta

Nurhidayati, Sri Endah. Community Based Tourism (CBT) Sebagai Pendekatan Pembangunan Pariwisata Berkelanjutan. Program Studi D3 Pariwisata FISIP Universitas Airlangga: Surabaya

Oka A. Yoeti. 2005. Perencanaan Strategis Pemasaran Daerah Tujuan Wisata. Pradnya Paramita: Jakarta

Oka. A. Yoeti,1996. Pemasaran Pariwisata Terpadu. Angkasa: Bandung

The Mountain Institute, Community Based Tourism for Conservation and Development: A Resource Kit. The Mountain Institute Washington D.C.: USA

Soekadijo, 1998. Anatomi Pariwisata; Memahami Pariwisata Sebagai Sistem Linkage. Gramedia: Jakarta

http://www.yogyes.com/id/yogyakarta-tourism-object/places-of-interest/ratu-boko, diakses pada bulan Juli, 2008.

Published

2010-01-01

How to Cite

Adi Wijaya, D. (2010). Strategi Promosi Sebagai Langkah Pemasaran Pariwisata di Desa Wisata Plempoh Bokoharjo Prambanan Sleman. Jurnal Pariwisata Indonesia, 5(2), 1–6. Retrieved from http://jurnal.stpsahidsurakarta.ac.id/index.php/JPI/article/view/69