Pengaruh Atraksi Wisata Terhadap Tingkat Kunjungan Wisatawan Pada Objek Wisata Waduk Gajah Mungkur di Wonogiri
Keywords:
objek wisata, atraksi wisata, tingkat kunjungan wisatawanAbstract
Banyak hal yang mempengaruhi tingkat kunjungan wisatawan di objek wisata Waduk Gajah Mungkur Wonogiri. Kesadaran pemerintah kabupaten Wonogiri terutama Kantor Dinas Pariwisata untuk menyelenggarakan berbagai atraksi wisata di objek wisata tersebut seperti Sepekan Gebyar Gajah Mungkur, Gelar Wisata Budaya dan Event Olahraga Ganthole terbukti menimbulkan minat wisatawan untuk berkunjung. Namun demikian masih terdapat kendala yang dihadapi oleh pengelola yaitu keterbatasan dana yang akan digunakan untuk pengadaan atraksi, kurangnya kualitas SDM, kurangnya promosi, dan rendahnya minat investor untuk menanamkan modalnya untuk membangun sarana dan prasarana di objek wisata tersebut. Analisis yang digunakan adalah analisis kualitatif, yaitu pengumpulan data yang diperoleh dari hasil penelitian dengan memberikan gambaran apa adanya sesuai dengan kenyataan pada waktu mengadakan penelitian di objek wisata Waduk Gajah Mungkur Wonogiri. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa atraksi wisata yang diadakan mampu meningkatkan tingkat kunjunga wisatawan di Waduk Gajah Mungkur Wonogiri.
Downloads
References
Damardjati, 1995, Istilah-istilah Pariwisata, Jakarta: PT. Gramedia.
Karyono, Hari, 1997. Kepariwisataan, Jakarta: PT. Gramedia.
Kusmayadi, Ir. et al, 2000. Metodologi Penelitian dalam Bidang Kepariwisataan, Jakarta: PT. Gramedia.
Musanef, Drs. MBA, 1996. Manajemen Usaha Pariwisata Indonesia, Jakarta: PT. Toko Gunung Agung.
Marpaung, Happy, SH, 2000. Pengetahuan Kepariwisataan, Bandung: Alfabeta.
Ngafenan, Mohammad, 1991. Kamus Pariwisata, Jakarta: Dahara Prize.
Pendit, S. Nyoman, 1994. Ilmu Pariwisata Sebuah Pengantar Perdana, Jakarta: Pradnya Paramita.
Pitana, I Gede, Prof. M.Si, et. all. 2005. Sosiologi Pariwisata, Yogyakarta: Andi Offset.
Sihite, Richard, 1999. Tourism Industri (Kepariwisataan), Surabaya: SIC.
Soekadijo, R.G. 1997. Anatomi Pariwisata, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Spillane, T. James, 1994. Pariwisata Indonesia. Sosial Ekonomi & Rekayasa Kebudayaan, Yogyakarta: Kanisius &
Lembaga Studio Realino, Yogyakarta.
Sugiarto, et. all, 2001. Teknik Sampling. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Suwantoro, Gamal, SH. 1997. Dasar-dasar Pariwisata. Yogyakarta: Andi Offset.
Wahab, Salah, 2003. Manajemen Kepariwisataan. Jakarta: Pradnya Paramita.
Yoeti, Oka A., 1993. Manajemen Pelayanan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 J. Aditya Sari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.