PENGARUH SPLIT SHIFT, MULTIPLE TASK DAN PENGUASAAN MENU TERHADAP KUALITAS PELAYANAN TAMU DI RIN JAPANESE RESTAURANT NIRWANA GARDENS RESORT BINTAN

Authors

  • Budiman Wahyu Sih Wardoyo Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Surakarta

Keywords:

Split Shift, Multiple Task, Penguasaan Menu, Kualitas Pelayanan Tamu

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis sejauh mana split shift, multiple task dan penguasaan menu berpengaruh terhadap kualitas pelayanan tamu di Rin Japanese Restaurant. Jenis penelitian yang digunakan oleh penulis dengan menggunakan metode deskriptif, dengan pendekatan studi kasus yang menggunakan bentuk dan strategi deskriptif analisis kualitatif. Adapun tekhnik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, studi pustaka dan
kuesioner. Hasil penelitian ini membuktikan adanya pengaruh antara split shift, multiple task dan penguasaan menu terhadap kualitas pelayanan tamu di Rin Japanese Restaurant. Hal ini berdasarkan rekapitulasi prosentase split shift, multiple task dan penguasaan menu yaitu kinerja karyawan dengan 54% responden yang menjawab iya. Kesimpulan yang dapat diambil, untuk
menjaga kualitas pelayanan tamu maka waiter/waitress di Rin Japanese Restaurant diharuskan selalu dapat menjaga performa, stamina dan kesehatan agar dapat menjalani sistem split shift dan multiple task, serta cepat memahami dan menguasai menu dengan baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Keputusan Menteri Parpostel no Km 94/HK103/MPPT 1987

Nasution, 2004:47, Definisi Kualitas Pelayanan, blogspot.com

Nugroho, Anjar, 1996. Food Product Comodities. Jakarta

Published

2012-05-03

How to Cite

Wahyu Sih Wardoyo , B. . (2012). PENGARUH SPLIT SHIFT, MULTIPLE TASK DAN PENGUASAAN MENU TERHADAP KUALITAS PELAYANAN TAMU DI RIN JAPANESE RESTAURANT NIRWANA GARDENS RESORT BINTAN . Jurnal Pariwisata Indonesia, 8(1), 27–35. Retrieved from http://jurnal.stpsahidsurakarta.ac.id/index.php/JPI/article/view/322